fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

Whatsapp Blast: Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerjanya

WhatsApp Blast

Tak hanya menjadi platform komunikasi paling populer di dunia, WhatsApp juga memainkan peran dalam mendukung keberhasilan sebuah bisnis. Salah satu strategi yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung upaya marketing adalah WhatsApp Blast.

Dalam artikel ini, kita akan melihat lebih jauh tentang apa itu WhatsApp Blast dan bagaimana strategi ini bekerja untuk mendukung tujuan marketing dan komunikasi bisnis.

Apa itu WhatsApp Blast?

WhatsApp Blast mengacu pada strategi pemasaran atau komunikasi di mana pesan atau informasi disebarkan secara masif kepada sejumlah besar orang melalui platform WhatsApp. Ini mencakup pengiriman pesan teks, gambar, atau video secara bersamaan kepada sejumlah kontak atau pelanggan potensial.

Meskipun sama-sama memiliki fungsi mengirim pesan dalam jumlah besar, WhatsApp Blast berbeda dengan WhatsApp Broadcast. WhatsApp Broadcast adalah fitur bawaan WhatsApp yang memiliki batas pengiriman untuk 256 kontak. Selain itu, untuk mengirim pesan masif dengan WhatsApp Broadcast, Anda perlu menyimpan nomor dalam daftar kontak.

Sementara itu, WhatsApp Blast adalah fitur yang diperoleh melalui API WhatsApp Business. Fitur ini mampu mengirim pesan ke nomor tak terbatas tanpa perlu menyimpan nomor penerima dalam daftar kontak.

Manfaat WhatsApp Blast

WhatsApp Blast menjadi salah satu strategi pemasaran yang sangat efektif dan efisien dalam mencapai audiens secara langsung. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari penerapan fitur ini:

Komunikasi Instan dan Langsung

WhatsApp Blast memberikan cara yang cepat dan instan untuk mencapai audiens, memanfaatkan kecepatan platform pesan instan yang memastikan pesan Anda segera dilihat. Kecepatan ini menjadi keunggulan dibandingkan dengan metode komunikasi lain seperti e-mail.

Tingkat Keterlibatan Tinggi

Berdasarkan beberapa riset, tingkat pembukaan rata-rata pesan WhatsApp mencapai 98%, yang lebih tinggi dibandingkan dengan bentuk komunikasi digital lainnya. Ini karena WhatsApp sering digunakan untuk komunikasi pribadi, dimana banyak orang cenderung memberi perhatian lebih terhadap pesan yang mereka terima melalui aplikasi ini.

Strategi Pemasaran yang Ekonomis

Ini adalah salah satu bentuk marketing yang hemat biaya. Anda tidak memerlukan investasi finansial yang signifikan. Biaya mungkin hanya diperlukan untuk mengimplementasikan API WhatsApp Business API atau biaya langganan penyedia layanan pihak ketiga.

WhatsApp Blast

Cara Kerja WhatsApp Blast

Melalui penjelasan di atas, terlihat bahwa WhatsApp Blast berpotensi besar meningkatkan efisiensi strategi marketing Anda. Berikut adalah langkah-langkah yang biasa dilakukan A-Creative untuk memaksimalkan potensi ini:

1. Merancang Pesan

Tahap pertama melibatkan merancang pesan atau penawaran yang ingin Anda sampaikan kepada audiens. Pesan ini harus jelas, menarik, dan sesuai dengan tujuan kampanye pemasaran Anda.

2. Memilih Audiens Target

Identifikasi target pasar Anda dan pastikan bahwa pesan yang Anda kirimkan relevan dan menarik bagi mereka. Segmentasi audiens dapat membantu meningkatkan efektivitas pesan.

3. Menentukan Waktu Pengiriman

Pemilihan waktu yang strategis dapat meningkatkan tingkat respons. Misalnya, mengirimkan promosi khusus pada waktu-waktu tertentu yang lebih mungkin diperhatikan oleh audiens.

4. Penggunaan API WhatsApp

Pengiriman pesan dalam skala besar melibatkan penggunaan WhatsApp API dari penyedia layanan pihak ketiga. Lakukan riset untuk memilih penyedia layanan yang terpercaya.

5. Pengiriman Pesan

Setelah semua terencana dengan baik, pesan-pesan yang telah dirancang dapat Anda kirimkan kepada audiens yang telah dipilih. Keunggulan WhatsApp Blast adalah kemampuannya untuk memberikan pesan instan dan langsung ke ponsel pengguna.

6. Pantau dan Analisis

Setelah melakukan pengiriman, lakukan pemantauan dan analisis. Beberapa penyedia layanan WhatsApp Blast menyediakan fitur analisis yang memungkinkan Anda melihat seberapa banyak pesan yang dibaca, direspons, dan berbagai metrik lainnya. Analisis ini membantu Anda mengukur efektivitas kampanye dan membuat perubahan yang diperlukan untuk kampanye mendatang.

Agar tak melanggar ketentuan layanan, selalu patuhi kebijakan privasi dan aturan penggunaan WhatsApp. Hindari pula mengirim pesan secara berlebihan yang mengarah kepada tindakan spamming karena malah akan merugikan citra bisnis Anda. Kunjungi profil @acreative.id di Instagram dan  temukan beragam konten bermanfaat lainnya.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

HTTP vs HTTPS

HTTP VS HTTPS, Apa Bedanya?

Setiap kali Anda mengunjungi sebuah website, tahukah jika sebenarnya Anda mengirimkan informasi ke server situs tersebut? Protokol yang digunakan dalam proses ini dapat mempengaruhi seberapa

Read More »
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising