fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

Cara Mudah Melakukan Riset Kompetitor, Tingkatkan Daya Saing Bisnismu!

riset kompetitor

Dalam menghadapi persaingan bisnis yang ketat, kebanyakan bisnis sering tergoda untuk mengambil jalan pintas dengan menerapkan strategi perang harga. Meskipun dianggap mampu memberi hasil instan, strategi ini sebenarnya membawa dampak negatif dalam jangka panjang. Untuk menghindari konsekuensi tersebut, Anda memiliki opsi untuk menjalankan pendekatan yang lebih cerdas melalui riset kompetitor.

Penting untuk diingat bahwa keputusan pembelian tidak hanya ditentukan oleh faktor harga semata. Riset yang cermat tidak hanya memungkinkan Anda untuk mengevaluasi harga pesaing, tetapi juga memberikan wawasan tentang aspek-aspek seperti kualitas produk, kepercayaan terhadap brand, dan tingkat kepuasan pelanggan.

Apa Itu Riset Kompetitor ?

Riset kompetitor adalah jenis riset pasar yang melibatkan evaluasi dan pemahaman kekuatan dan kelemahan kompetitor di pasar yang sama. Ini melibatkan pengumpulan dan analisis data tentang produk pesaing, harga, strategi pemasaran, saluran distribusi, dan basis pelanggan.

Melakukan jenis riset ini membantu Anda menemukan keunggulan dan hambatan potensial dalam target pasar atau produk Anda. Ini memungkinkan Anda untuk memantau bagaimana pesaing langsung dan tidak langsung menangani pemasaran, harga, dan distribusi.

Cara Melakukan Riset Kompetitor

Riset kompetitor merupakan langkah krusial dalam mengembangkan strategi bisnis yang efektif. Berikut adalah langkah-langkah yang biasa dilakukan A-Creative ketika membantu klien melakukan riset kompetitor yang terorganisir:

1. Identifikasi 5-7 Kompetitor

Identifikasi pesaing yang menjual produk serupa, memiliki filosofi serupa, dan memasarkan produk kepada audiens yang sama. Pertimbangkan pula kompetitor yang masih baru mapupun yang sudah mapan untuk mendapatkan wawasan yang lebih beragam.

2. Organisir Data

Gunakan tabel atau spreadsheet mengorganisir dan memudahkan pembaruan data. Susun kolom untuk membandingkan pesaing berdasarkan rentang harga, penawaran produk, keterlibatan media sosial, strategi marketing, dan unique selling point mereka.

3. Pisahkan Menjadi Kompetitor Langsung dan Tidak Langsung

Kategorikan setiap bisnis sebagai kompetitor langsung dan tidak langsung. Kompetitor langsung adalah mereka yang menjual produk atau layanan serupa kepada audiens yang sama dengan bisnis. Kompetitor tidak langsung adalah mereka yang mungkin tidak menawarkan produk atau layanan yang sama persis, namun masih memiliki pengaruh dalam pasar yang sama.

4. Identifikasi Posisi Kompetitor

Analisis berbagai platform yang digunakan oleh kompetitor, termasuk media sosial, rilis pers, dan website. Menganalisis cara mereka berbicara dan berinteraksi merupakan kunci dalam memahami cara pesaing memposisikan diri dalam pasar yang kompetitif.

riset kompetitor
Unsplash

5. Tentukan Keunggulan Kompetitif Mereka

Tentukan keunggulan kompetitif pesaing dengan mengidentifikasi proposisi nilai unik yang mereka tawarkan. Perhatikan dengan seksama penawaran yang membuat mereka unik di pasar, termasuk fitur inovatif, resep rahasia, atau pelayanan pelanggan yang baik.

6. Pahami Cara Kompetitor Memasarkan Produk Mereka

Untuk memahami cara kompetitor memasarkan produk mereka, lakukan analisis terhadap strategi pemasaran yang mereka terapkan untuk mencapai pelanggan. Fokus pada sumber daya pemasaran yang mereka prioritaskan dan jalur komunikasi yang diambil.

7. Lakukan Analisis SWOT

Setelah mengumpulkan data komprehensif tentang kompetitor, langkah selanjutnya adalah menerapkan Analisis SWOT. Analisis ini membantu Anda memahami posisi relatif bisnis Anda di pasar dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan atau dieksplorasi.

Riset kompetitor bukan hanya sekadar evaluasi, tetapi juga pendekatan strategis untuk mengidentifikasi peluang dan hambatan dalam pasar. Follow @acreative.id di Instagram dan  temukan beragam konten menarik lain yang membantu Anda mengembangkan bisnis.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising