fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

Tips Mendapatkan Ulasan Positif dan Bintang 5 Di E-Commerce

Ulasan positif

Ketika akan melakukan pembelian secara online, Anda tentu tidak akan melakukan transaksi sebelum benar-benar mempercayai penjual. Pengecekan reputasi melalui ulasan positif dan bintang menjadi salah satu bagian dari proses pengambilan keputusan ini.

Hal yang sama berlaku untuk pelanggan e-commerce Anda. Mereka menggunakan ulasan produk untuk menentukan apakah produk Anda layak untuk dibeli. Ulasan menjadi faktor penting dalam dunia belanja e-commerce, dan artikel ini akan menjelaskan bagaimana mendorong pelanggan untuk memberikan ulasan yang positif.

Mengapa Ulasan Positif Penting?

Ulasan produk menjadi social proof yang membangun kepercayaan pelanggan atas produk atau bisnis Anda. Berdasarkan riset yang dilakukan Gorgias, menambahkan ulasan positif ke halaman produk dapat menghasilkan peningkatan pendapatan sekitar 1,5%.

Ini adalah hal yang wajar karena ulasan produk berfungsi sebagai testimonial bagi pembeli yang masih ragu. Jika dikelola dengan baik, ulasan bisa lebih meyakinkan daripada upaya penjualan atau marketing yang Anda ciptakan sendiri.

Sebaliknya, review atau ulasan negatif berpotensi besar merusak reputasi bisnis Anda. Ulasan buruk dapat mempengaruhi kepercayaan pelanggan dan mengurungkan niat mereka untuk membeli produk atau layanan Anda.

Tips Mendapatkan Ulasan Positif

Tak dapat disangkal bahwa ulasan positif membawa pengaruh yang besar bagi kelangsungan bisnis Anda. Di bawah ini adalah beberapa langkah untuk mendorong pelanggan memberi ulasan yang positif.  Langkah-langkah ini dirangkum dari pengalaman A-Creative dalam membantu klien meningkatkan reputasi bisnis mereka.

Beri Pengalaman Purna Pembelian yang Baik

Setelah pelanggan melakukan pembelian, berikan pengalaman purna pembelian yang Baik. Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk mengubah pelanggan baru menjadi pelanggan loyal. Berikan penjelasan bahwa pesanan mereka dalam proses pengiriman dan berikan jawaban terhadap pertanyaan mereka.

Berikan Insentif Khusus

Memberikan insentif kepada pelanggan untuk memberikan ulasan menjadi cara efektif untuk meningkatkan kuantitas ulasan. Meski begitu, ingatlah bahwa pemberian insentif harus dilakukan dengan bijak. Ini penting agar ulasan tetap jujur dan otentik.

Targetkan Pelanggan yang Puas

Pastikan Anda menargetkan pelanggan yang puas dengan produk atau layanan Anda. Hindari meminta ulasan positif dalam setiap interaksi, dan pastikan bahwa pelanggan yang Anda mintai ulasan baru saja berinteraksi dengan produk Anda.

Sederhanakan Proses Ulasan

Jika Anda memiliki platform penjualan sendiri, pastikan pelanggan tak mengalami kesulitan ketika ingin memberikan ulasan. Sederhanakan proses dengan memberikan beberapa cara bagi pelanggan untuk mengulas produk Anda, seperti mengajukan pertanyaan singkat, atau memakai skala bintang.

Manfaatkan Sosial Media

Gunakan platform sosial media untuk mendorong pelanggan memberikan ulasan produk. Misalnya, Anda bisa membuat challenge berbasis konten yang dihasilkan oleh pengguna (UGC). Ini menjadi cara yang efektif untuk mendorong pelanggan untuk berbagi ulasan dari pengalaman mereka menggunakan produk Anda.

Ulasan bukan hanya meningkatkan kepercayaan pelanggan, tetapi juga memberikan wawasan berharga untuk perbaikan produk dan pelayanan Anda. Terus berkomunikasi dengan pelanggan, layani mereka dengan baik, dan berikan insentif yang sesuai untuk mendorong ulasan positif yang berkelanjutan. Dapatkan tips dan trik menarik lainnya dengan mengikuti @acreative.id di Instagram.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising