fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

Call To Action: Manfaat, Jenis dan Cara Membuatnya

Call To Action

Call To Action (CTA) adalah komponen esensial dalam dunia digital marketing. Elemen ini memiliki peran vital untuk mendorong audiens melakukan sebuah tindakan. Karena terlihat sederhana, banyak orang yang masih mengabaikan pentingnya CTA dalam strategi marketing mereka.

Padahal, sebaik apapun materi pemasaran yang telah Anda rancang, tanpa CTA yang efektif upaya tersebut mungkin sulit mencapai potensi maksimalnya. Dalam artikel ini, kami akan mengulas manfaat CTA dalam pemasaran online dan memberikan panduan tentang cara membuat CTA yang efektif.

Apa Yang Dimaksud Dengan Call To Action?

Call to Action atau sering disingkat sebagai CTA adalah elemen marketing yang digunakan untuk mendorong audiens atau calon pelanggan melakukan tindakan tertentu. Dalam konten marketing berbasis teks atau gambar, elemen ini biasanya berbentuk grafis maupun tautan yang menarik perhatian dan ditempatkan di tengah atau di akhir materi marketing.

Sementara itu, dalam konten berbentuk video atau audio, CTA bisa berbentuk grafis yang muncul secara taktis selama tayangan atau instruksi yang disampaikan oleh narator, dengan tujuan memandu audiens untuk melakukan tindakan tertentu.

Pada intinya, manfaat Call to Action adalah untuk merangsang audiens atau calon pelanggan agar melakukan tindakan yang Anda inginkan, misalnya melakukan pembelian, mendaftar, berlangganan, atau berinteraksi lebih dalam dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. CTA membantu meningkatkan keterlibatan, konversi, dan efektivitas keseluruhan dari upaya marketing.

Jenis-Jenis CTA

CTA dapat dibagi menjadi berbagai jenis tergantung pada tujuan pemasaran yang ingin dicapai. Berikut adalah beberapa jenis CTA yang umum digunakan dalam strategi digital marketing:

Konversi

Jenis CTA ini dirancang untuk mendorong audiens melakukan tindakan yang mengarah pada konversi, seperti pembelian produk, berlangganan, atau pendaftaran.

Pengumpulan Prospek

Ini adalah CTA yang tujuanya adalah mengumpulkan informasi kontak dari audiens, seperti alamat email, sehingga Anda bisa menghubungi mereka dalam upaya marketing selanjutnya.

Pengembangan Prospek

CTA ini digunakan untuk mengarahkan audiens yang berada di tahap awal perjalanan pembelian untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Call To Action

Cara Membuat Call To Action Yang Efektif

Dalam membuat elemen Call to Action yang efektif, Anda perlu merancangnya secara cermat untuk meningkatkan konversi dan meningkatkan alur penjualan Anda. Berikut adalah beberapa tips yang dirangkum sesuai dengan pengalaman A-Creative dalam menangani materi digital marketing klien:

Sampaikan Secara Jelas

CTA harus jelas dan spesifik dalam menunjukkan langkah apa yang harus diambil oleh audiens. Hindari bahasa generik dan gunakan kata kerja yang kuat dan relevan dengan tujuan Anda, seperti “daftar,” “beli,” “mulai,” atau “pelajari lebih lanjut.”

Berikan Antusiasme

Elemen kreativitas dan antusiasme mampu memotivasi audiens untuk melakukan tindakan sesuai yang Anda inginkan. Gunakan tanda seru atau kata-kata yang menunjukkan manfaat yang akan diperoleh.

Ciptakan Urgensi

Menciptakan urgensi dapat meningkatkan efektivitas dari CTA. Urgensi dapat dibangun melalui keterbatasan waktu atau tawaran khusus yang hanya berlaku dalam periode tertentu. Misalnya, frasa “Daftar sebelum tanggal tertentu dan dapatkan diskon eksklusif” bisa menciptakan rasa urgensi dalam benak audiens.

Pastikan Kesesuaian Konteks

Pastikan bahwa tindakan yang diminta dalam CTA sesuai dengan topik atau tujuan konten tersebut. Misalnya, CTA pada konten tentang produk seharusnya tidak meminta pembaca untuk mendaftar untuk buletin.

Lakukan A/B Test

Ujilah beberapa CTA untuk melihat mana yang paling efektif. Lakukan eksperimen dengan elemen desain seperti warna, bentuk, ukuran tombol, dan teks. Perbandingan hasil antara berbagai versi CTA dapat membantu Anda memahami mana yang lebih efektif dalam menghasilkan tindakan yang diinginkan.

Penerapan konsep Call to Action yang tepat akan secara signifikan membantu mengarahkan audiens untuk bertindak sesuai dengan tujuan marketing Anda. Temukan tips dan trik menarik lain dalam dunia digital marketing dengan follow @acreative.id di Instagram.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

HTTP vs HTTPS

HTTP VS HTTPS, Apa Bedanya?

Setiap kali Anda mengunjungi sebuah website, tahukah jika sebenarnya Anda mengirimkan informasi ke server situs tersebut? Protokol yang digunakan dalam proses ini dapat mempengaruhi seberapa

Read More »
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising