Dalam dunia social media marketing, Anda pasti telah sering mendengar tentang pentingnya menjadi autentik dan menciptakan konten yang menarik. Namun, terkadang upaya tersebut tidak selalu memberikan hasil yang memuaskan.
Misalnya, setelah beberapa bulan menjalankan akun bisnis di Instagram, Anda hanya mendapatkan beberapa belas pengikut. Padahal, Anda mungkin merasa telah melakukan semua hal dengan benar.
Dalam banyak kasus, pemilik bisnis tidak mampu menyadari bahwa upaya yang mereka lakukan salah. Dalam artikel ini, kami akan mengulas kesalahan-kesalahan umum dalam social media marketing yang perlu Anda hindari agar mencapai hasil yang memuaskan.
Kesalahan Umum Dalam Social Media Marketing
Daftar kesalahan-kesalahan di bawah ini akan membantu Anda mengevaluasi strategi yang Anda gunakan. Mari kita bahas satu per satu kesalahan tersebut:
1. Bekerja Tanpa Rencana yang Jelas
Tanpa rencana, Anda mungkin cenderung kehilangan fokus dan tidak konsisten dalam melakukan posting. Anda juga akan menghabiskan terlalu banyak waktu dan sumber daya untuk mencoba berbagai strategi tanpa mengetahui apa yang benar-benar efektif. Ini dapat mengakibatkan pemborosan waktu dan anggaran.
2. Mengabaikan Riset Audiens
Tidak melakukan riset audiens adalah salah satu kesalahan yang sering terjadi dalam pemasaran media sosial. Tanpa memahami siapa dan apa preferansi audiens, Anda akan kesulitan membuat konten yang relevan bagi mereka.
3. Membeli Pengikut
Ini adalah pelanggaran pedoman di hampir semua platform sosial media. Membeli pengikut memang menggiurkan, namun nyatanya hal ini malah akan merusak interaksi akun Anda. Sebagai contoh, Facebook dan Instagram memiliki algoritma yang tidak memandang baik tindakan ini.
4. Memilih Tone yang Salah
Memilih brand voice atau tone yang terlalu resmi bisa membuat konten Anda terasa membosankan. Sebaliknya, mencoba terlalu santai atau bahkan kasar juga bisa merugikan citra brand Anda.
5. Kurang Interaktif
Sebagian besar platform sosial media mengukur tingkat keterlibatan pengguna dengan postingan Anda. Jika Anda tidak aktif berinteraksi, seperti menanggapi komentar, menghapus komentar negatif, dan lainnya, algoritma mungkin akan mengurangi visibilitas postingan pada feed pengikut Anda.

Tips Menghindari Kesalahan Dalam Social Media Marketing
Untuk menghindari kesalahan-kesalahan di atas, A-Creative biasanya melakukan langkah-langkah berikut dalam setiap strategi social media marketing yang dirancang untuk klien:
1. Membuat Rencana yang Jelas
Tetapkan tujuan yang spesifik untuk kampanye Anda dan tentukan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapainya. Buat jadwal posting yang teratur dan selalu alokasikan sumber daya dengan bijak.
2. Melakukan Riset Audiens
Pelajari audiens target Anda dengan baik, gunakan data penting seperti demografis, perilaku online, dan preferensi Audiens. Buat persona pembeli untuk memahami secara mendalam siapa mereka dan apa yang mereka cari.
3. Hindari Membeli Pengikut
Fokus pada pertumbuhan organik, membeli pengikut dapat merusak reputasi dan berdampak negatif pada interaksi Anda. Prioritaskan kualitas pengikut yang benar-benar tertarik dengan konten Anda.
4. Pilih Tone yang Sesuai
Kenali brand Anda dengan baik dan tentukan tone yang sesuai dengan kepribadian dan nilai merek. Sesuaikan dengan demografi audiens dan cobalah untuk menjadi lebih bersahabat.
5. Tetap Interaktif
Tanggapi komentar dengan cepat dan dengan sikap yang positif untuk meningkatkan keterlibatan. Jangan menghapus komentar negatif tanpa alasan yang jelas. Alihkan komentar negatif tersebut menjadi kesempatan untuk memperbaiki atau memberikan penjelasan yang baik.
6. Analisis Data
Terus pantau data dan analisis kinerja social media marketing Anda. Ini akan membantu Anda mengukur apakah strategi Anda berhasil dan memberikan wawasan tentang apa yang perlu ditingkatkan.
Selain semua tips di atas, konsistensi adalah kunci untuk membangun kehadiran yang kuat di sosial media. Temukan beragam tips berharga lainnya dengan mengunjungi profil @acreative.id di Instagram.