fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

Tips Membuat Email Marketing yang Menarik

membuat email marketing

Email marketing adalah salah satu alat yang paling efektif untuk berkomunikasi dengan pelanggan, mengingatkan mereka tentang merek Anda, dan meningkatkan penjualan. Sayangnya, banyak bisnis gagal membuat email marketing yang efektif sehingga tingkat konversinya sangat rendah.

Untuk memastikan upaya email marketing Anda berhasil, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa strategi yang dapat Anda terapkan sendiri untuk merancang email marketing secara lebih menarik.

1. Tarik Perhatian Lewat Subject Line Menarik

Penting untuk selalu mengingat bahwa subjek email adalah elemen kunci dalam email marketing. Subjek email harus menarik perhatian penerima dan meyakinkan mereka untuk membukanya.

Anda dapat mencoba memainkan harapan penerima dengan menggunakan subjek yang menarik, contohnya, “Cara mendapatkan lebih banyak pekerjaan dengan tidur siang.” Melalui pendekatan ini, Anda dapat meningkatkan peluang keterbacaan email.

2. Tawarkan Nilai Nyata

Tidak cukup hanya mengatakan, “Lihat apa yang kita punya di sini!” Setiap email yang diterima pelanggan harus memberi mereka nilai yang menarik. Nilai bisa berupa eksklusivitas, seperti penawaran diskon atau konten gratis seperti ebook.

Selain itu, nilai juga dapat berwujud informasi berharga, seperti artikel yang membantu pembaca menyelesaikan masalah atau memberikan panduan. Bahkan, nilai bisa bersifat emosional, seperti video yang menginspirasi dan memotivasi pelanggan.

a) Nilai Eksklusif

Tawarkan sesuatu yang unik dan eksklusif kepada pelanggan, seperti penawaran diskon yang hanya mereka yang menerima email ini yang dapat nikmati.

b) Informasi Berharga

Bagikan informasi yang berguna dan relevan, seperti artikel, panduan, atau tips yang dapat membantu pelanggan dalam kehidupan mereka atau dalam menggunakan produk atau layanan Anda.

c) Nilai Emosional

Buat konten yang membangkitkan emosi positif, seperti video inspiratif yang dapat menginspirasi pelanggan dan membuat mereka ingin berbagi dengan orang lain.

3. Singkat dan To the Point

Dalam membuat email marketing, penting untuk menjaga pesan Anda tetap singkat dan padat. Ingatlah bahwa tujuan utamanya adalah mendorong pelanggan melakukan tindakan tertentu, seperti mengklik tautan atau melakukan pembelian.

Berikan informasi yang penting dan menarik perhatian mereka. Jangan membanjiri mereka dengan terlalu banyak detail atau informasi yang tidak relevan. Cukup berikan gambaran untuk membuat mereka ingin tahu lebih banyak dan mengambil tindakan.

membuat email marketing
Unsplash

4. Jangan Berlebihan

Meskipun beberapa bisnis mungkin menerapkan pendekatan email harian, namun ini adalah hal yang tidak disarankan. Terlalu sering mengirim email dapat menyebabkan pelanggan merasa terganggu.

Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa mengirim email secara rutin menunjukkan keterlibatan Anda dengan pelanggan, kenyataannya adalah bahwa pelanggan mungkin tidak ingin mendapatkan email dari Anda setiap hari.

Ketika menangani pembuatan email marketing untuk klien, A-Creative selalu membuat jadwal terstruktur yang sangat memperhitungkan target penerima. Hal ini penting untuk memastikan email diterima audiens yang tepat pada waktu yang tepat.

5. Kombinasikan Jenis Email yang Anda Kirim

Variasi dalam jenis email Anda dapat membuat pengalaman pelanggan lebih menarik. Cobalah untuk mengirim email yang bersifat interaktif atau berbeda dari email biasa. Ini bisa berupa pertanyaan kepada pelanggan atau bahkan survei untuk mendapatkan feedback.

Jangan takut untuk mencoba berbagai jenis email dan lihat bagaimana pelanggan Anda merespons. Yang terpenting adalah tetap kreatif dan terbuka terhadap berbagai cara untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda.

Kuncinya adalah selalu beradaptasi dengan perubahan dana terus mencari cara untuk membuat email marketing yang mengutamakan pengalaman pelanggan. Follow @acreative.id di Instagram dan dapatkan beragam tips menarik lainnya.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

HTTP vs HTTPS

HTTP VS HTTPS, Apa Bedanya?

Setiap kali Anda mengunjungi sebuah website, tahukah jika sebenarnya Anda mengirimkan informasi ke server situs tersebut? Protokol yang digunakan dalam proses ini dapat mempengaruhi seberapa

Read More »
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising