Ide promo yang kreatif dan unik adalah hal wajib untuk menghadapi persaingan sengit di dunia bisnis online. Strategi promosi ini adalah kunci dalam meningkatkan penjualan dan menarik perhatian konsumen di sosial media.
Sosial media sendiri telah berkembang menjadi platform yang efektif dalam membangun hubungan lebih dekat dengan audiens target. Karenanya, mengembangkan ide-ide promosi yang inovatif penting bagi sebuah bisnis.
Mengapa Promo di Sosial Media Penting?
Pertama Anda butuh membedakan diri dari kompetitor serta meningkatkan daya tarik bisnis Anda. Alasan lainnya, saat ini konsumen menggunakan sosial media untuk mendapatkan informasi tentang produk yang akan dibeli.
Jadi, sembari memperluas jangkauan brand, Anda perlu meyakinkan calon pelanggan bahwa produk atau layanan Anda adalah sesuatu yang benar-benar mereka butuhkan. Ada sekitar 4,6 miliar orang menggunakan sosial media dan angkanya akan selalu naik tiap tahunnya. Artinya, sosial media masih menyimpan potensi yang amat besar.
Ide Promo Unik di Sosial Media
Berikut ini adalah beberapa ide promo unik di sosial media yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan penjualan Anda. Ide-ide ini dirangkum dari pengalaman A-Creative dalam mengoptimalkan sosial media berbagai klien.
1. Posting Konten Diskon
Pertama, Anda bisa mempromosikan diskon di sosial media sebagai salah satu dari keseluruhan kampanye pemasaran Anda. Ini membantu memperkuat kesadaran merek dan menarik pelanggan baru yang belum mencoba produk atau layanan Anda.
2. Konten Testimoni Pelanggan
Pelanggan adalah duta merek terbaik, jadi buat sebuah konten yang memamerkan cerita mereka dalam menggunakan produk atau layanan Anda. Mintalah mereka berbicara secarra jujur tentang bagaimana produk Anda telah membantu mereka. Kumpulkan testimoni tersebut untuk memancing pelanggan lain berbagi dengan produk Anda.

3. Membuat Sebuah Polling
Orang suka berpartisipasi dalam jajak pendapat; itu membuat mereka merasa penting bagi Anda. Mereka penting karena saat mereka berpartisipasi dalam jajak pendapat Anda, Anda belajar tentang audiens Anda sambil meningkatkan keterlibatan mereka dengan merek Anda.
4. Konten BTS
Salah satu ide promo lain adalah menampilkan kegiatan di balik layar. Ini memberi kesan bahwa bisnis Anda terbuka bagi para audiens. Keterbukaan inilah yang dibutuhkan untuk terhubung semakin dekat dengan mereka.
5. Live Streaming
Live streaming berguna untuk menciptakan lebih banyak buzz, mendorong interaksi secara langsung, dan menunjukkan produk atau layanan secara lebih real. Anda bisa mengobrol dengan pelanggan atau membuat sesi tanya jawab langsung. Ini adalah cara lain untuk membuat audiens merasa lebih terhubung dengan bisnis Anda.
6. Ikuti Tren Terkini
Anda dapat mencari apa yang sedang populer pada audiens target Anda dan berpartisi dalam tren tersebut. Dengan mengikuti tren, Anda bisa menciptakan konten yang lebih relevan dan menarik bagi audiens. Ini membantu memperkuat koneksi dengan mereka dan meningkatkan keterlibatan.
7. Manfaatkan Semua Fitur Sosial Media
Fitur menarik seperti Instagram Shopping adalah sesuatu yang berharga untuk bisnis yang menjual produk fisik. Dengan fitur ini Anda bisa menandai produk pada postingan maupun Story Instagram. Saat pelanggan mengetuk tag produk, mereka akan diarahkan pada website untuk menyelesaikan pembelian.
Baca juga: Ide Konten Video Viral Untuk Tingkatkan Engagement Brand
Dalam mencari ide promo unik di sosial media, Anda perlu tetap relevan dengan audiens sehinga menciptakan hubungan dan urgensi yang mendorong mereka untuk melakukan pembelian. Dapatkan konten menarik untuk pengembangan bisnis Anda dengan mengikuti @acreative.id di Instagram.