Dengan jutaan aplikasi yang tersedia di App Store, persaingan untuk mendapatkan perhatian pengguna semakin ketat. App store optimization (ASO) hadir sebagai strategi untuk meningkatkan visibilitas aplikasi.
ASO hampir sama dengan optimisasi mesin pencari atau SEO. Bedanya, jika SEO fokus pada pencarian pada mesin pencari, ASO berfokus pada pencarian di app store.
Pengertian App Store Optimization
App Store Optimization (ASO) adalah proses untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat aplikasi pada App Store. Tujuannya adalah untuk menarik lebih banyak pengguna potensial yang menemukan dan mengunduh aplikasi Anda.
Selain mencapai peringkat tinggi, ASO juga memiliki misi untuk meningkatkan persentase klik (CTR). Ini adalah kunci dalam meyakinkan pengguna untuk mengunduh sebuah aplikasi diantara kompetisi yang ketat.
ASO melibatkan pengoptimalan elemen-elemen kunci yang berpengaruh pada peringkat aplikasi, misalnya judul, deskripsi, kata kunci, ikon, tangkapan layar, serta ulasan. Dengan strategi yang tepat, Anda dapat meningkatkan visibilitas aplikasi dan mengoptimalkan jumlah pengunduhan.
Strategi ASO Untuk Meningkatkan Visibilitas
Saat ini, ada lebih dari empat juta aplikasi di Apple App Store dan Google Play Store. Ini berarti Anda harus memiliki strategi yang tepat jika ingin bersaing untuk menarik perhatian pengguna. Di bawah ini adalah beberapa strategi mendasar dari app store optimization yang bisa Anda terapkan.
Melakukan Riset
Dalam setiap strategi digital marketing, riset selalu menjadi langkah awal yang dilakukan A-Creative, tak terkecuali pada app store optimization. Ini adalah langkah awal yang vital dalam strategi ASO. Anda perlu memahami kata kunci yang relevan dan populer yang digunakan oleh audiens saat mencari aplikasi di App Store.
Manfaatkan tools riset kata kunci seperti Google Keyword Planner atau App Store Connect untuk menemukan kata kunci yang relevan dengan aplikasi Anda. Setelahnya, masukkan kata kunci yang Anda pilih dalam judul, deskripsi, dan metadata aplikasi.
Optimalkan Judul Aplikasi
Judul aplikasi adalah elemen penting lain dalam ASO. Judul harus memberi gambaran kepada pengguna fungsi dan manfaat aplikasi Anda secara jelas. Sertakan kata kunci yang relevan dalam judul untuk membantu meningkatkan visibilitas.
Tulis Deskripsi Dengan Menarik
Deskripsi aplikasi adalah kesempatan Anda untuk menjelaskan secara rinci fitur dan manfaat aplikasi Anda. Gunakan paragraf pertama untuk menggambarkan fitur terbaik Anda secara menarik dan singkat. Selanjutnya, jelaskan fungsi utama dan manfaat aplikasi secara detail. Sertakan kata kunci yang relevan secara alami dalam deskripsi Anda, tetapi pastikan tetap terbaca dengan lancar dan informatif bagi pengguna.
Tambahkan Tangkapan Layar Berkualitas
Selain judul dan deskripsi, Anda juga harus menginformasikan fungsi dan manfat aplikasi dengan tangkapan layar. Ini juga merupakan jalan memperlihatkan antarmuka pengguna dan fitur-fitur penting dalam aplikasi Anda. Pastikan untuk menambahkan tangkapan layar berkualitas tinggi yang memperlihatkan penggunaan aplikasi dengan jelas.
Undang Pengguna Untuk Memberi Ulasan dan Rating Positif
Ulasan dan rating adalah salah satu faktor yang menentukan keputusan pengguna sebelum mengunduh sebuah aplikasi. Rating dan ulasan positif tentu akan meningkatkan ketertarikan pengguna terhadap aplikasi Anda. Undanglah pengguna yang puas untuk memberikan ulasan positif dan rating di App Store. Tanggapilah ulasan secara cepat dan solutif.
Baca juga: Aplikasi Instagram Analytic Tool Terbaik Untuk Bisnis Anda
Pengoptimalan elemen-elemen kunci di atas bisa membantu Anda meningkatkan peringkat aplikasi dan menarik lebih banyak unduhan. Jika dilakukan dengan tepat, strategi app store optimization akan memaksimalkan potensi kesuksesan aplikasi Anda di App Store. Follow @acreative.id di Instagram untuk mendapatkan beragam informasi menarik dalam dunia pemasaran digital.