Dalam menjalankan social media marketing di Instagram, menyajikan konten berkualitas tinggi di depan audiens target pada waktu yang tepat adalah hal mutlak yang harus dilakukan. Ini termasuk menemukan waktu posting Instagram terbaik sebagai salah satu cara untuk meningkatkan jangkauan dan keterlibatan.
Menurut penelitian Statista, pengguna ponsel rata-rata menghabiskan 11,2 jam sebulan untuk membuka Instagram. Jadi, memposting ketika audiens target Anda sedang online akan memberi Anda lebih banyak waktu untuk terhubung dengan mereka.
Kapan Waktu Posting Instagram yang Tepat?
Berdasarkan data dari Sprout Social, tingkat keterlibatan Instagram yang lebih tinggi terjadi pada hari kerja. Puncak keterlibatan terjadi sekitar jam makan siang. Ini adalah waktu dimana audiens membuka akun Instagram mereka untuk menghabiskan waktu selama istirahat makan siang.
Ini serupa dengan pendapat dari Hootsuite, dimana waktu posting Instagram terbaik menurut mereka adalah mulai jam 8 pagi hingga jam 12 siang dan sekitar pukul 4 sampai 5 sore. Secara teoritis, itu adalah waktu dimana audiens sedang online sehingga postingan Anda berpotensi mendapatkan performa yang maksimal.
Tips Menentukan Waktu Posting Instagram
Setiap bisnis memiliki target pengguna yang berbeda dengan karakteristik unik yang berbeda pula. Ini mengakibatkan waktu posting terbaik di atas tidak selalu cocok untuk akun bisnis Anda.
Berikut ini adalah beberapa tips yang akan membantu Anda menentukan waktu posting di Instagram. Ini sesuai apa yang biasa dilakukan A-Creative untuk mengoptimalkan keterlibatan postingan Instagram bisnis klien.
Menganalisa Kebiasaan Audiens Target
Pertama-tama, perhatikan perilaku dan kebiasaan audiens target Anda di Instagram. Buka opsi Wawasan di akun Instagram Anda lalu pilih Pemirsa, disana Anda akan melihat perkiraan waktu aktif dari pengikut Anda. Analisa ini akan memberikan wawasan berharga tentang kapan pengikut Anda cenderung online.
Ketahui pula faktor demografis seperti zona waktu, preferensi postingan, dan rutinitas mereka. Misalnya, jika target Anda adalah ibu rumah tangga, memposting saat mereka memiliki waktu luang di pagi hari mungkin akan lebih efektif.
Lakukan Eksperimen
Lakukan eksperimen dengan memposting konten dalam waktu yang berbeda. Dengan begitu Anda bisa melihat kapan postingan Anda menerima respons dan interaksi yang lebih baik. Dengan membandingkan performa posting yang dilakukan dalam waktu berbeda, lambat laun Anda akan mudah mengidentifikasi waktu posting paling efektif.
Eksperimen bisa dilakukan dengan memanfaatkan tools penjadwalan konten seperti Buffer, Hootsuite, atau aplikasi lainnya. Ini akan memudahkan Anda untuk memposting konten eksperimen dengan lebih tepat waktu. Ketika Anda telah menemukan waktu posting terbaik, tools penjadwalan juga memungkinkan Anda untuk tetap konsisten.
Memantau Aktivitas Pengguna
Hal penting lain yang bisa Anda lakukan adalah memantau aktivitas pengguna setelah Anda memposting sebuah konten. Catatlah kapan postingan tersebut mendapatkan interaksi paling tinggi. Wawasan ini akan banyak membantu Anda dalam menentukan waktu posting terbaik secara lebih akurat.
Baca juga: Merapikan Feed Instagram dengan Memanfaatkan Aplikasi
Jika Anda masih kesulitan menemukan waktu yang pas untuk memposting konten, pertimbangkan untuk membuat konten evergreen. Konten jenis ini akan tetap relevan dalam jangka waktu yang lebih lama. Dengan cara ini, konten Anda akan tetap berpotensi mendapatkan interaksi bahkan setelah diposting beberapa waktu.
Setiap platform media sosial memiliki karakteristik unik dan kebiasaan pengguna yang berbeda, begitu pula dengan Instagram. Menemukan waktu posting Instagram adalah salah satu kunci dalam mengoptimalkan kehadiran online bisnis Anda di plaform ini. Temukan tips dan trik menarik lainnya dengan follow @acreative.id di Instagram.