fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

Pengertian E-Business dan Contohnya Dalam Dunia Bisnis

e-business dan contohnya

E-business telah menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat dunia. Kehadirannya menggeser cara bisnis tradisional yang membutuhkan kehadiran fisik dalam interaksi antara penjual dan pembeli. Memahami pengertian e-business dan contohnya akan membantu Anda mengoptimalkan semua aspek bisnis yang Anda jalankan.

Sebab, sistem ini memanfaatkan sejumlah praktik bisnis berbasis teknologi informasi untuk meningkatkan hubungan antara bisnis dengan konsumen. Ini mencakup perubahan dalam komunikasi pemasaran, sistem distribusi, dan model bisnis secara keseluruhan.

Apa itu E-Business?

E-business adalah singkatan dari electronic business yang mengacu pada penggunaan teknologi digital dalam menjalankan suatu bisnis. Ini hampir mirip dengan e-commerce, namun mencakup proses bisnis yang jauh lebih luas, mulai dari manajemen rantai pasokan, pemrosesan pesanan, pemasaran, hingga manajemen hubungan pelanggan.

Secara sederhana, e-business bisa diartikan sebagai cara modern dalam berbisnis dengan memanfaatkan sumber daya digital untuk menangani pelanggan, memenuhi harapan mereka, dan meningkatkan keuntungan bisnis. Sistem ini dapat membantu perusahaan untuk beroperasi lebih efektif dan efisien.

e-business dan contohnya

Contoh Penerapan E-Business

Di bawah ini adalah contoh dari penerapan e-business yang lazim di temukan dalam keseharian Anda.

Pengembangan Website

Salah satu contoh dari penerapan e-business adalah pengembangan website yang menampilkan profil suatu bisnis serta produk dan jasa yang ditawarkan. Dengan adanya website, bisnis tidak perlu lagi mencetak dokumen dalam jumlah banyak karena para pelanggan dan mitra bisnis bisa melihatnya melalui internet.

Aplikasi Tracking Kiriman

Contoh lainnya adalah aplikasi tracking paket yang dimiliki oleh perusahaan ekspedisi. Aplikasi ini memungkinkan pelanggan untuk melacak status pengiriman paket mereka melalui internet secara real-time. Dengan begitu, pelanggan tak perlu lagi mendatangi kantor ekspedisi untuk menanyakan status paket mereka.

Aplikasi Pemesanan Tiket

Aplikasi   pemesanan   tiket   baik pesawat, kereta api, bus, bioskop, konser hingga   pertandingan olah raga melalui internet adalah contoh lain dari penerapan e-business. Aplikasi ini memungkinkan pelanggan untuk lebih leluasa dalam menentukan  bangku   yang   mereka inginkan. Hal itu akan sangat berpengaruh pada pengalaman dan kepuasan pelanggan.

Manfaat Yang Ditawarkan E-Business

Setelah memahami pengertian e-business dan contohnya, selanjutnya Anda perlu mengetahui manfaat yang bisa diberikan oleh sistem ini secara lebih detail.

Lebih Efisien

Essensi dari bisnis online adalah melakukan pross dengan lebih cepat, murah, dan efisien. Ini bertujuan untuk mendapatkan hasil yang lebih banyak dengan lebih sedikit biaya. E-business akan mendorong efisiensi waktu, uang, dan tenaga yang dikeluarkan oleh bisnis Anda.

Pemasaran yang Lebih Baik

E-business menawarkan digital marketing yang jauh lebih murah dan efektif ketimbang pemasaran tradisional. Dengan pemasaran jenis ini, bisnis memiliki kemampuan untuk mengendalikan bagaimana  cara mereka menjangkau audiens atau calon pelanggan.

Misalnya, A-Creative sebagai digital marketing agency membantu bisnis mengelola bagaimana brand mereka ditampilkan. Dengan fitur analitik canggih yang ditawarkan digital marketing, bisnis bisa terus mengoptimalkan kampanye yang dijalankan.

Lebih Cepat

Kecepatan informasi merupakan salah satu keunggulan penting e-business. Di zaman yang serba cepat saat ini, membuat keputusan dengan cepat menjadi penting untuk tetap kompetitif. Dalam hal ini e-business memungkinkan bisnis memberikan informasi secara real time kepada audiens dan mendorong pengambilan keputusan yang lebih tepat waktu.

Baca juga: Perbedaan E-Commerce dan E-Business Beserta Contohnya

Dengan memahami pengertian e-commerce dan contohnya, diharapkan Anda akan lebih menyadari pentingnya digitalisasi untuk perkembangan sebuah bisnis.  Temukan @acreative.id di Instagram untuk memantau perkembangan di dunia digital marketing.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

HTTP vs HTTPS

HTTP VS HTTPS, Apa Bedanya?

Setiap kali Anda mengunjungi sebuah website, tahukah jika sebenarnya Anda mengirimkan informasi ke server situs tersebut? Protokol yang digunakan dalam proses ini dapat mempengaruhi seberapa

Read More »
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising