User Generated Content adalah salah satu strategi yang bisa diambil untuk mendorong performa sosial media sebuah bisnis. Meski merupakan salah satu strategi yang paling hemat waktu dan biaya, jika dilakukan dengan benar strategi ini akan memberikan dampak yang signifikan.
UGC bisa membantu Anda menjangkau lebih banyak pengikut, memancing keterlibatan, mendorong keputusan pembelian, serta membangun kepercayaan pelanggan. Berikut adalah semua hal yang perlu Anda ketahui tentang UGC dan manfaatnya untuk strategi sosial media bisnis Anda.
Pengertian User Generated Content
User generated content adalah sebuah konten yang dibuat, diterbitkan, atau dikirimkan oleh pengguna. Sederhananya ini merupakan tindakan pengguna untuk dengan senang hati mempromosikan sebuah bisnis.
Meskipun dibuat oleh pengguna, bisnis bisa memanfaatkan jenis konten ini untuk menambah jangkauan dan visibilitas online. Konten UGC bisa berupa ulasan, postingan di sosial media, video, dan lainnya.
Misalnya, foto produk yang di unggah pengguna di akun sosial media mereka dapat membantu Anda menarik pelanggan baru. Mendorong lebih banyak pengguna untuk membagikan foto pengalaman mereka dengan bisnis Anda pada dasarnya memungkinkan Anda mendapatkan promosi secara gratis.

Manfaat User Generated Content
UGC adalah salah satu strategi yang juga sering diterapkan A-Creative dalam meningkatkan performa brand klien. Alasanya karena manfaat yang diberikan cukup banyak. Mari kita bahas manfaatnya satu per satu.
Lebih Autentik
Calon pelanggan akan lebih mempercayai jenis konten UGC ketimbang bentuk promosi lain yang dibuat oleh sebuah bisnis. Ini karena sifatnya yang sangat autentik sehingga lebih efektif untuk menarik pelanggan baru.
Meningkatkan Kredibilitas
Manfaat lain dari user generated content adalah menumbuhkan kepercayaan terdahap sebuah bisnis. Alasannya karena konten UGC dibuat oleh pengguna yang berbagi pengalaman kehidupan nyata mereka.
Sedikit Modal, ROI Tinggi
Mayoritas brand besar telah menyadari kekuatan UGC, ini terlihat dari apresiasi mereka ketika pelanggan memposting konten menggunakan produk mereka. Apresiasi tersebut tentu lebih hemat murah daripada iklan di TV atau baliho. Singkatnya, UGC memberikan promosi gratis dengan tingkat ROI yang tinggi.
Peluang untuk Viral
Konten UGC memiliki potensi lebih besar untuk menjadi viral daripada konten biasa. Sebab, pengguna bisa membagikan pengalaman unik yang mereka dapatkan dari produk Anda. Keunikan tersebut bisa menjadi hal yang menarik dengan potensi viral yang besar.
Tips Membangun User Generated Content
Untuk benar-benar memetik manfaat yang diberikan UGC, Anda perlu menemukan cara unik dan inovatif. Anda bisa membuat sebuah kontes dengan hastag tertentu, memberi benefit untuk pengguna yang menulis ulasan, membuat filter khusus, atau bekerja sama dengan influencer.
Intinya, pikirkan sesuatu yang menyenangkan agar pengguna berpartisipasi dalam kampanye Anda. Misalnya, ketimbang meminta pelanggan untuk mengambil foto dengan produk Anda dan mempostingnya di sosial media sosial, Anda bisa meminta pelanggan untuk membagikan pengalaman jujur mereka ketika menggunakan produk Anda.
Jangan lupa untuk terus menjaga interaksi di sosial media dan terlibat secara aktif dengan pelanggan yang mengirimkan konten. Berikan apresiasi atas kiriman mereka dan dorong mereka untuk terlibat satu sama lain.
Baca juga: Ide Konten Carousel Instagram, Wajib Dicoba!
User generated content adalah strategi efektif yang dapat membantu Anda membangun kepercayaan pelanggan, menunjukkan keautentikan bisnis Anda, mendorong keterlibatan, dan banyak lainnya. Dapatkan informasi menarik lainnya dengan follow @acreative.id di Instagram.