Website adalah salah satu aset penting yang menunjang keberhasilan marketing bisnis Anda. Jadi, melakukan cek pengunjung website secara berkala perlu dilakukan untuk mengukur keberhasilan sebuah strategi, dan meningkatkannya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Saat ini ada banyak tools yang dapat membantu Anda mengecek pengunjung secara real time. Tak hanya memeriksa pengunjung website Anda sendiri, beberapa tools bahkan menawarkan fitur yang memungkinkan Anda mengintip pengunjung kompetitor.

Cara Untuk Mengecek Pengunjung Website
Di bawah ini adalah daftar tools yang bisa Anda manfaatkan untuk cek pengunjung website. Daftar ini disusun berdasarkan pengalaman A-Creative dalam mengoptimasi website klien.
Cek Pengunjung Website dengan Google Analytics
Sebagai pemilik website, Google Analytics adalah tools dasar yang harus Anda kuasai. Ini merupakan tools analisa website gratis yang paling populer dimana hampir setiap situs menggunakannya.
Tak hanya cek pengunjung website, tools milik Google ini dilengkapi beragam wawasan penting yang akan membantu Anda melakukan analisa. Untuk menikmati layanan gratisnya, Anda hanya butuh masuk menggunakan akun Google dan melakukan verifikasi dengan beberapa langkah sederhana.
Memakai Semrush
Tools ini juga banyak digunakan karena akurasinya yang sangat bagus. Masuk ke website Semrush, masukkan URL website apapun dalam kotak pencarian lalu lihat pengunjung website tersebut. Tools ini juga akan memberi Anda wawasan tentang keyword beserta peringkatnya pada SERP.
Anda bisa menggunakan informasi ini untuk meningkatkan jumlah pengunjung secara efektif. Versi gratis Semrrush akan mendapatkan fitur-fitur dasar, sementara versi berbayar menawarkan analisa yang lebih lengkap, mulai dari cek pengunjung website sendiri hingga dengan beragam wawasan berharga.
Cek Pengunjung Website Menggunakan SE Ranking
Meski SE Ranking adalah platform yang tergolong baru, namun bukan berarti tidak menawarkan sesuatu yang menarik. Ini adalah tools all-in-one yang ramah pemula. Anda bisa mendapat banyak wawasan penting terkait dengan strategi website marketing yang mudah dipahami.
Salah satu fitur terbaik yang ditawarkan adalah kemampuanya untuk menyajikan data hingga tingkatan kota. Dengan fitur ini, Anda bisa mengaktifkan opsi untuk menyertakan peringkat halaman pada Google Local.
Cek Menggunakan Ahrefs
Seperti Semrush, Ahrefs adalah platform all-in-one populer untuk cek pengunjung website, optimasi SEO serta konten marketing. Tools ini populer berkat antarmukanya yang lebih modern dan ramah pengguna serta menawarkan banyak insight yang mudah dipahami.
Ini adalah salah satu tools cek pengunjung terbaik untuk mendapatkan data di mesin pencari selain Google, seperti Bing atau Yahoo.
Istilah Yang Perlu Dipahami Sebelum Cek Pengunjung Website
Sebelum melakukan pengecekan dengan tools pilihan di atas, Anda harus memahami istilah penting yang mungkin akan Anda temukan. Beberapa istilah penting dalam pengecekan pengunjung dan analisa website, antara lain:
- Visit – jumlah total kunjungan pada periode tertentu, yang bisa mencakup beberapa kunjungan dari satu pengguna yang sama.
- Unique visitors – jumlah pengguna yang mengunjungi website Anda untuk jangka waktu tertentu.
- Page views – jumlah tampilan halaman tertentu dalam website Anda.
- Traffic sources – wawasan tentang asal pengunjung, langsung mengetikan URL website Anda pada browser, dari mesin pencari, atau dari sumber lainnya.
- Bounce rate – wawasan tentang persentase pengunjung yang meninggalkan website tanpa melakukan tindakan apapun.
Baca juga: Cara Membuat Website Gratis di Google untuk Pemula
Itulah beragam cara cek pengunjung website yang memanfaatkan beberapa tools canggih, Anda bisa memilih salah satu atau mengkombinasikan tools tersebut untuk meningkatkan performa websita Anda. Dapatkan konten menarik lainnya dengan mengikuti @acreative.id di Instagram.