Latent semantic indexing atau LSI adalah salah satu hal menarik untuk diketahui dalam SEO. Beberapa orang telah menganggap algoritma ini tidak begitu penting karena tidak lagi relevan. Sementara yang lainnya percaya bahwa LSI masih menjadi sebuah hal penting dalam lanskap SEO.
Jadi, apa itu LSI? Mengapa menciptakan pro dan kontra? Lalu apa pengaruhnya terhadap SEO? Mari kita bahas lebih dalam tentang LSI dan hubungannya dengan SEO.
Apa Itu Latent Semantic Indexing?
Latent semantic indexing adalah algoritma yang memanfaatkan natural language processing (NLP) untuk menganalisa dan mempelajari konteks kata-kata yang ada di dalam sebuah konten. NLP sendiri merupakan kecerdasan buatan yang berhubungan dengan intrpretasi bahasa.
LSI melakukan analisa kata-kata dan memahami konteks dalam tubuh teks dengan menggunakan NLP. Algoritma ini mencari pola yang menampilkan kata atau frasa tertentu terkait dengan kata atau frasa lain.
Misalnya, jika Anda menulis konten dengan keyword utama “peralatan badminton”, LSI keyword yang muncul akan mencakup:
- Sepatu Badminton
- Net Badminton
- Raket Badminton
- Shuttlecock
Apa Fungsi Dari LSI?
Mesin pencari seperti Google pada awalnya dikembangkan dengan fokus utama pada keyword. Dalam konteks tersebut, fungsi LSI adalah itu membantu mesin pencari dalam memahami konteks konten sebuah website. Namun, seiring kemajuan teknologi, mesin pencari menjadi lebih canggih dengan algoritma yang terus berkembang.
Saat ini mesin pencari tak lagi hanya mengandalkan keyword, melainkan terus memperbarui algoritma untuk meningkatkan relevansi hasil pencarian dengan apa yang dicari oleh pengguna. Salah satu tujuannya adalah untuk menyingkirkan halaman yang menggunakan teknik keyword stuffing yang menyesatkan pengguna.
Meski begitu, konsep LSI bukannya tak memberikan value dalam SEO. LSI bisa membantu Anda dalam optimasi konten untuk SEO, yaitu dengan:
1. Membantu Menulis Poin Penting
Secara alami sebenarnya LSI akan muncul dengan sendirinya dalam konten Anda. Misalnya, jika Anda menulis artikel tentang SEO, Anda pasti akan menyebutkan frasa, kata, dan semua hal terkait seperti:
- Apa itu SEO
- Cara optimasi SEO
- Tools terbaik untuk SEO
Nah, LSI bisa digunakan untuk memeriksa konten dan halaman untuk melihat apakah Anda mengabaikan poin terkait.

2. Membantu Anda Tetap Relevan
Memaksakan keyword dalam konten adalah salah satu hal yang harus dihindari. LSI membantu Anda memproduksi konten yang relevan dengan memberikan keyword terkait yang membantu pengunjung menemukan informasi yang mereka butuhkan.
Dalam pembuatan konten, A-Creative biasanya memasukkan poin penting yang harus disertakan dalam konten meskipun memiliki volume pencarian rendah, dan menghapus keyword yang tidak relevan walau memiliki volume pencarian yang tinggi.
3. Membantu Fokus pada Topik
Memberikan informasi yang tepat dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan pengguna adalah salah satu faktor penting dari SEO. Hal itu membuat mereka tinggal lebih lama di website yang artinya Anda memberikan pengalaman pengguna yang baik.
Hal itu hanya bisa dicapai jika Anda memahami topik dengan baik dan memberikan solusi atas permasalahan pengguna. LSI membantu Anda fokus pada topik dengan memahami apa saja keywod yang berkaitan.
Baca juga: Cara Menulis Artikel SEO Friendly, Mudah banget!
Nah, meskipun mesin pencari tak lagi menggunakan latent semantic indexing, Anda tetap bisa memanfaatkannya untuk memahami maksud dari pengguna dan memberikan semua informasi penting yang relevan. Temukan @acreative.id di Instagram jika Anda ingin melihat lebih banyak konten menarik lain yang berkaitan dengan SEO.