fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

Apa Itu Backlink? Pengertian dan Cara Mendapatkannya

apa itu backlink

Memahami apa itu backlink adalah salah satu dasar penting dalam SEO. Ini adalah salah satu faktor yang memisahkan peringkat website satu dengan yang lainnya. teratas Berbagai penelitian menunjukkan bahwa halaman yang ada di peringkat pertama rata-rata memiliki jumlah backlink hingga empat kali lebih banyak dibandingkan halaman dengan peringkat di bawahnya.

Karenanya, backlink dianggap sebagai salah satu dasar dalam optimasi SEO off-page. Bagi sebuah bisnis, membangun backlink yang solid bisa meningkatkan lalu lintas organik sebuah website yang pada akhirnya menghasilkan peningkatan penjualan.

Apa Itu Backlink ?

Sesuatu yang juga dikenal sebagai inbound link atau tautan dari suatu halaman ke halaman lain dalam website yang berbeda adalah penjelasan sederhana dari apa itu backlink. Biasanya backlink digunakan sebagai rujukan untuk mengarahkan pengguna ke halaman website untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang suatu topik.

Dalam sebuah konten, backlink biasanya tampil berupa hyperlink sehingga membuatnya mudah diidentifikasi oleh pembaca. Setiap kali website lain memberikan tautan ke halaman Anda, ini berarti mereka memberikan kepercayaan bagi Anda untuk membantu pengguna.

Pada dasarnya jumlah dan kualitas backlink adalah salah satu ukuran kredibilitas konten Anda. Jadi, memproduksi konten berkualitas adalah kunci untuk mendapatkan backlink dari website lain, yang juga merupakan inti dari strategi SEO yang biasa diterapkan A-Creative.

Cara Mendapatkan Backlink

Dari penjelasan apa itu backlink di atas, dapat ditarik kesimpulan sederhana bahwa backlink adalah salah satu ukuran kredibilitas sebuah konten. Sebaliknya, memproduksi konten berkualitas adalah kunci untuk mendapatkan backlink dari website lain, yang juga merupakan inti dari strategi SEO yang biasa diterapkan A-Creative.

Selain konten berkualitas, beberapa langkah di bawah ini bisa membantu Anda mendapatkan backlink secara natural.

Melakukan Analisa Backlink

Sebelum mulai membangun backlink, Anda harus tahu berapa banyak yang website Anda miliki saat ini. Anda bisa mengunduh beragam tools gratis yang memberi Anda informasi dasar seperti jumlah backlink. Beberapa tools bahkan memberi informasi lebih detail tentang website mana saja yang memberikan backlink, hingga memberikan informasi backlink yang di dapat oleh kompetitor.

apa itu backlink

Memanfaatkan Guest Post

Guest post atau guest blogging adalah membuat konten yang dipublikasikan di website lain. Beberapa website memberikan keleluasaan bagi Anda untuk memasukkan backlink yang mengarah ke website Anda. Ini adalah salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan domain authority (DA) yang lebih tinggi sambil mengarahkan lalu lintas ke website Anda.

Bangun Brand Signals dengan Social Profile

Salah satu strategi membangun backlink yang sering terlupakan adalah brand signal. Padahal, backlink dari  profil media sosial bisa menjadi fondasi yang bagus untuk sebuah website. Dan bagian terbaiknya adalah ini mudah dilakukan. Anda tak perlu meyakinkan siapa pun untuk mendapatkan backlink ini. Mulailah untuk memanfaatkan akun sosial media Anda untuk membangun brand signal.

Perbarui Konten Lama

Cara lain untuk mendapatkan backlink adalah dengan memperbarui konten yang telah lama. Melalui analisa di poin pertama, Anda akan mendapati jika konten lama Anda mungkin telah mendapatkan sejumlah backlink. Nah, jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak backlink, lihat apakah konten tersebut masih relevan dengan keadaan saat ini. Jika tidak maka Anda harus memperbaruinya dengan informasi yang relevan.

Baca juga: Pengertian Do Follow Backlinks dan Bedanya dengan No Follow

Dengan mengetahui apa itu backlink dan cara mendapatkannya secara natural, sekarang Anda telah selangkah lebih dekat dengan kesuksesan SEO website Anda. Ikuti @acreative.id di Instagram untuk melihat lebih banyak tips dan trik bermanfaat lainnya.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

HTTP vs HTTPS

HTTP VS HTTPS, Apa Bedanya?

Setiap kali Anda mengunjungi sebuah website, tahukah jika sebenarnya Anda mengirimkan informasi ke server situs tersebut? Protokol yang digunakan dalam proses ini dapat mempengaruhi seberapa

Read More »
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising