fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

Jenis – Jenis Keyword SEO yang Wajib Diketahui

jenis - jenis keyword SEO

Keywords adalah istilah yang digunakan pengguna untuk mencari informasi di mesin pencari. Saat membuat konten, penting untuk mempertimbangkan keyword apa yang mungkin digunakan audiens untuk bisa menemukan konten Anda. Oleh sebab itu, jenis – jenis keyword SEO adalah pengetahuan dasar yang penting untuk dipahami.

Ini adalah salah satu pertimbangan utama dalam merancang strategi konten untuk website. Nah, tanpa berlama-lama simak penjelasan singkatnya berikut ini!

Apa itu Keyword SEO?

Pada dasarnya, keyword dalam SEO adalah topik, ide, gagasan yang menjelaskan isi dari halaman Anda. Ini adalah istilah atau kata yang diketik pengguna pada mesin pencari atau frasa yang mereka ucaapkan saat melakukan pencarian suara.

Keyword SEO adalah pondasi utama dalam SEO. Tanpa keyword, tidak akan ada yang namanya SEO tanpa keyword yang tepat, semua usaha pengoptimalan SEO Anda akan sia-sia. Oleh karenanya, pemahaman jenis – jenis keyword dan riset keyword memainkan peran penting.

Sekarang, meskipun keyword hanyalah salah satu bagian dari strategi SEO yang komprehensif. Namun, keyword masih merupakan bagian penting dari SEO karena berhubungan langsung dengan kualitas konten, sehingga harus dipertimbangkan dengan cermat dalam penyusunan konten.

Ini karena mesin pencari memainkan peran kunci dalam menghasilkan kunjungan. Statistik menunjukkan bahwa 39% dari semua lalu lintas eCommerce dihasilkan dari mesin pencari.

jenis - jenis keyword SEO

Jenis – Jenis Keyword Secara Umum

Jenis – jenis keyword SEO terbagi dalam tiga jenis utama, yaitu:

  • short-tail keyword
  • mid-tail keyword
  • long-tail keyword

Short-tail keyword

Disebut short-tail karena hanya memiliki satu atau dua kata. Ini juga dikenal sebagai kata kunci kepala atau kata kunci generik karena biasanya mencakup istilah pencarian luas dengan volume lalu lintas pencarian yang tinggi. Karakteristik paling umum dari jenis keyword ini adalah daya saing dalam peringkat pencarian yang sangat tinggi.

Mid-tail keywords

Jenis keyword SEO ini biasanya terdiri dari dua hingga tiga kata, yang memberikan lebih banyak deskripsi tentang apa yang ingin dicari pengguna. Karakteristik keyword jenis mid-tail seringkali bergeser dari volume lalu lintas tinggi dan persaingan lebih ketat menjadi volume lalu lintas rendah dengan sedikit persaingan.

Long-tail keywords

Dari semua jenis – jenis keyword, ini adalah yang terpanjang karena terdiri dari empat kata atau lebih. Selain terpanjang, jenis ini adalah yang paling deskriptif serta paling spesifik dan biasanya memiliki volume lalu lintas yang dan persaingan yang lebih rendah daripada dua jenis kata kunci SEO lainnya. Keyword jenis ini memberi Anda kesempatan untuk mendapatkan peringkat dan konversi dengan mudah.

Selain membaginya menjadi tiga kategori tersebut, A-Creative biasanya juga membaginya kembali menjadi lebih spesifiik, seperti:

  • Branded keywords yaitu keyword yang memuat frasa brand tertentu
  • Non-branded keywords yaitu keyword yang tidak memuat frasa brand apapun
  • Inferred keywords yaitu keyword yang memuat frasa lokasi
  • Seasonal keywords yaitu keyword yang populer saat waktu tertentu
  • Keywords with Purchase Intent yaitu keyword dengan keinginan pembelian
  • Keywords with Informational Intent yaitu keyword dengan keinginan untuk mendapatkan jawaban dari sebuah pertanyaan

Pemahaman secara jelas terhadap jenis – jenis keyword SEO akan membantu Anda membuat strategi konten yang lebih baik. Hal inilah yang akan menjadi pembeda Anda dengan para kompetitor. Temukan @acreative.id di Instagram dan dapatkan informasi menarik lain seputar dunia digital.

 

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

HTTP vs HTTPS

HTTP VS HTTPS, Apa Bedanya?

Setiap kali Anda mengunjungi sebuah website, tahukah jika sebenarnya Anda mengirimkan informasi ke server situs tersebut? Protokol yang digunakan dalam proses ini dapat mempengaruhi seberapa

Read More »
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising