fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

Apa itu Black Hat SEO dan Cara Menghindarinya

black hat SEO

Dalam usaha mendapatkan lalu lintas organik Search Engine Optimization (SEO) adalah kunci utamanya. Namun, untuk mendapatkan hasil yang signifikan dibutuhkan konsistensi  dan kesabaran. Ketidaksabaran membuat banyak orang tergoda menjalankan strategi black hat SEO, sebuah cara licik dan curang untuk meningkatkan peringkat secara instan.

Ya, peringkat akan naik secara cepat, tapi percayalah bahwa hal itu tak akan bertahan lama. Mesin pencari seperti Google akan dengan mudah mendeteksi kecurangan tersebut. Artinya hukuman berat telah menanti untuk website- website yang melakukannya.

Nah, dalam artikel ini kita akan membahas praktik apa saja yang masuk dalam kategori black hat SEO dan harus dihindari. Simak hingga tuntas!

Apa Itu Black Hat SEO?

Black hat SEO adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan praktik-praktik curang yang digunakan untuk meningkatkan peringkat dalam hasil pencarian. Google serta mesin pencari lainnya memiliki Panduan Webmaster. Jadi bentuk kecurangan yang dilakukan biasanya melanggar atau berusaha mengelabui panduan tersebut.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, mesin pencari seperti Google selalu melakukan pembaruan algoritma agar mampu menyajikan hasil yang benar-benar relevan dengan apa yang dicari pengguna. Hal itu berarti kemampuan mereka dalam mendeteksi segala bentuk kecurangan juga semakin baik.

black hat SEO

Teknik Black Hat SEO yang Harus Dihindari

Dalam pengoptimalan sebuah website, A-Creative selalu menghindari penggunaan teknik black hat SEO. Ini karena akibatnya bisa sangat buruk, bahkan jika Anda memakainya secara tidak sengaja. Di bawah ini adalah beberapa teknik black hat yang paling umum dan cara untuk menghindarinya.

Keyword Stuffing

Meskipun membantu mesin pencari memahami isi dari sebuah halaman, namun penggunaan kata kunci secara berlebihan malah bisa menjadi masalah. Menempatkan kata kunci secara berlebihan membuat konten Anda terlihat tidak wajar dan sulit dibaca. Ini tentu bertentangan dengan konsep mesin pencari yang ingin terus memperbaiki pengalaman pengguna.

Akibatnya, mesin pencari akan dengan mudah menandai halaman Anda sebagai spam. Untuk menghindarinya, Anda harus memasukkan kata kunci secara alami. Plugin SEO seperti Yoast SEO atau Rank Math bisa membantu Anda memantau penggunaan kata kunci dengan tepat, serta menghindari kemungkinan penggunaan black hat SEO tanpa disengaja.

Spinning Artikel

Sama dengan plagiarisme, ini adalah praktik penyalinan konten yang telah diterbitkan di website lainnya. Spinning berarti memakai ide yang sama, beberapa bahkan mungkin memanfaatkan tools berbasis AI untuk menghasilkan konten untuk website mereka.

Namun, penting untuk dipahami bahwa Google menghukum duplikasi konten. Selain itu, secara hukum dan etika perbuatan ini tak bisa dibenarkan. Memang, hampir tak mungkin untuk menulis sesuatu yang belum pernah dibahas oleh orang lain. Namun, Anda perlu memastikan untuk selalu menulis konten dengan gaya dan suara sendiri.

Membeli Backlink atau PBN

PBN atau Private Blog Networks adalah kumpulan website yang terhubung dan dirancang untuk membangun domain authority sebuah website. Sementara domain authority sendiri telah lama dianggap sebagai salah satu faktor penentu peringkat website dalam hasil pencarian Google.

Dulu, cara ini mungkin terlihat natural dalam membangun sebuah backlink. Namun, sekarang Google telah melarang penggunaan PBN pada Pedoman Webmaster Google. Beberapa tahun yang lalu, Google bahkan akan langsung mengambil tindakan pada website yang memakai metode ini.

Baca juga: Berapa Jumlah Kata Artikel SEO yang Efektif?

Kesimpulannya pengoptimalkan konten secara berlebihan dengan praktik black hat SEO akan berakibat fatal untuk website Anda. Jadi, pastikan untuk selalu konsisten menggunakan strategi yang direkomendasikan. Temukan @acreative.id di Instagram dan dapatkan wawasan menarik lain dalam bidang digital markting.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising