Optimasi sosial media adalah sesuatu yang wajib dilakukan oleh semua pemilik bisnis. Istilah optimasi mungkin membuat Anda mengasosiasikan ini dengan optimisasi mesin pencari (SEO) yang kaku dan ketat. Sehingga menghilangkan kreativitas dari strategi pemasaran Anda.
Padahal kenyataannya optmasi dalam sosial media atau yang dikenal dengan SMO adalah sesuatu yang sama sekali berbeda. Dalam panduan ini, kami akan menguraikan beberapa teknik optimasi yang mudah dilakukan bahkan untuk usaha kecil sekalipun. Teknik ini adalah apa yang biasa diaplikasikan A-Creative untuk membantu klien mencapai target mereka.
Apa itu Optimasi sosial media?
Dalam bahasa yang sederhana, optimasi sosial media (SMO) adalah sebuah usaha untuk menganalisa dan melakukan penyesuaian pada konten dan akun sosial media. Tujuannya agar tetap sejalan dengan apa yang diinginkan audiens.
Anda mungkin melihat banyak bisnis melakukannya dengan mudah, namun kenyataannya adalah bahwa akun-akun bisnis dengan performa bagus tidak akan mengabaikan detail-detail optimasi.
Secara umum manfaat SMO ada tiga, yaitu:
- Meningkatkan visibilitas dan jangkauan konten serta menghasilkan keterlibatan yang lebih besar
- Mendapatkan penilaian ROI yang tepat dari social media marketing
- Mengembangkan proses yang konsisten untuk memproduksi konten dengan performa bagus
Cara Optimasi Sosial Media
Untuk dapat mengoptimasi akun sosial media, Anda harus memahami enam aspek penting yang harus dilakukan.
Pengoptimalan akun
Dalam tahap ini Anda perlu memastikan bahwa akun sosial media yang dibuat benar-benar selaras dengan tujuan bisnis Anda. Yang perlu dilakukan adalah penekanan pada branding dan pesan marketing.
Misalnya:
- Pemakaian elemen visual kreatif yang konsisten pada logo, font, hashtag, tagline, dan lainnya.
- Penggunaan ajakan bertindak yang sesuai dan mengarahkan pengunjung ke landing page tepat
- Menggunakan bahasa pemasaran yang cocok dengan audiens target
Optimasi Penelusuran
Dengan diperbaharuinya fitur pencarian sosial media seperti Instagram, Anda harus memperhatikan bagaimana penggunaan kata kunci di akun dan postingan Anda. Di titik ini menerapkan teknik optimasi media sosial yang berkaitan dengan pencarian, seperti:
- Memasukkan kata kunci yang relevan dan kata kunci berupa #hashtag pada bio sosial media
- Pastikan detail utama bisnis Anda seperti username, alamat, dan opsi sama di seluruh akun
- Isi biodata dengan lengkap
Optimasi Strategi Konten
Optimasi ini bisa dimulai dengan menetapkan frekuensi posting yang konsisten. Ini termasuk seberapa sering memposting, kapan, dan berapa banyak konten yang dibutuhkan per pekan. Tentukan pula jenis konten apa yang Anda perlukan untuk mengisi jadwal tersebut.
Jika sanggup menjalankannya secara konsisten, akan ada titik dimana Anda bisa dengan mudah menganalisa konten apa yang terbaik untuk audiens. Jadi, memiliki dasar yang dibuat berdasarkan poin-poin di atas dapat membantu Anda untuk memulai.
Pengoptimalan Postingan
Setelah menjalankan optimasi sosial media pada strategi konten, sekarang Anda perlu mengoptimasi setiap postingan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam pengoptimalan postingan.
- Tulis caption yang mencerminkan karakter bisnis
- Sertakan tagar, kata kunci, dan ajakan bertindak yang sesuai untuk setiap postingan
- Pertahankan tone dan brand voice di seluruh postingan
Semakin konsisten dalam menjalankan optimasi sosial media, Anda akan mendapatkan hasil yang semakin memuaskan. Ikuti @acreative.id di Instagram dan temukan berbagai tips dan trik menarik lainnya dalam dunia digital marketing.