fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

5 Cara Menjadi Content Writer Pemula Tanpa Pengalaman

Cara menjadi content writer pemula

Cara menjadi content writer pemula terbilang cukup sederhana karena siapa saja bisa melakukannya meskipun belum memiliki pengalaman. Namun jika ingin membangun reputasi positif dan benar-benar memperoleh pendapatan dari profesi ini, Anda harus menginvestasikan waktu secara konsisten untuk belajar dan terus mencoba.

Berikut ini adalah panduan singkat tentang cara melakukannya, didasarkan pada pengalaman content writer  profesional a-creative. Baca hingga akhir agar Anda memiliki gambaran yang jelas bagaimana memulai karir dalam bidang ini dengan benar.

Apa itu Content Writer?

Content writer  adalah sebuah profesi yang tugasnya menghasilkan konten melalui proses kreatif berupa perencanaan dan riset yang cermat, penulisan serta pengeditan yang kemudian dipublikasikan di suatu platform dengan tujuan untuk menarik dan melibatkan pembaca.

Apa pun bentuknya, semua konten harus didasari target tertentu, baik itu memberikan informasi, memberikan hiburan, maupun mendidik pembaca. Di sinilah peran utama seorang content writer  yaitu untuk membuat konten yang tidak hanya menarik namun juga relevan dan tertarget untuk audiens yang tepat.

Cara menjadi content writer pemula
Pixabay

Cara Menjadi Content Writer Pemula

Berikut cara menjadi content writer pemula yang bisa dilakukan jika Anda tertarik untuk berkarir dalam bidang ini:

1. Banyak Membaca

Penting untuk dipahami bahwa dasar dari menulis adalah membaca. Semakin banyak Anda membaca akan semakin banyak pula referensi ide, diksi, gaya bahasa, tata bahasa dan hal penting lain dalam penulisan yang tersimpan di kepala Anda. Tanpa disadari, hal itu akan membantu Anda dalam melakukan riset dan menyusun tulisan yang berkualitas.

2. Meningkatkan Keterampilan Menulis

Sama seperti profesi lainnya cara menjadi content writer pemula adalah dengan meningkatkan ketrampilan Anda dengan terus berlatih. Mulailah untuk membuat jadwal menulis secara rutin, membacanya kembali dan kemudian memperbaikinya. Semakin banyak berlatih, maka ketrampilan Anda akan semakin meningkat dari waktu ke waktu.

3. Menentukan Niche Tulisan

Ada beragam niche dari content writer, Anda dapat menjadi content writer bisnis, ekonomi, olahraga, penulisan teknis, jurnalisme, SEO dan lainnya. Pilih satu atau dua topik yang menarik minat Anda dan cobalah untuk fokus menulis pada topik tersebut terlebih dahulu. Setelah merasa nyaman dalam niche tersebut, Anda dapat mengasah ketrampilan dalam niche yang lain.

4. Menyusun Portofolio Tulisan

Portofolio tulisan yang disajikan dengan baik dan selalu diperbaharui adalah hal penting untuk meniti karir di bidang ini. Anda bisa membuat blog atau website untuk mengunggah dan mempresentasikan sampel pekerjaan Anda. Tak perlu menyewa hosting atau membeli domain yang mahal, mulailah dengan platform gratis yang banyak tersedia di internet.

5. Mulai Mencari Pekerjaan Freelance

Tahap akhir dalam cara menjadi content writer pemula mulai mencari pengalaman sebagai seorang content writer. Anda bisa menunjukkan keahlian di platform freelance seperti Upwork, Fiverr, maupun Freelancer. Anda juga dapat menggunakan media sosial untuk membantu Anda tetap mengikuti perkembangan industri dan peluang kerja.

Jika beruntung Anda bisa terhubung dengan klien yang memberikan kesempatan menjadi penulis jangka panjang. Namun, jika itu tidak terjadi pada Anda, jangan mudah untuk menyerah. Teruslah berlatih dan memperbarui portofolio Anda.

Baca juga: Mengenal UI/UX Writer Profesi Penulis Populer

Itulah beberapa cara menjadi content writer pemula tanpa pengalaman. Pada intinya, Anda harus mulai dengan meningkatkan keterampilan menulis,  menyusun portofolio, kemudian mencari pengalaman untuk menjadi content writer. Temukan beragam konten menarik lainnya dengan mengikuti @acreative.id di Instagram.

 

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

HTTP vs HTTPS

HTTP VS HTTPS, Apa Bedanya?

Setiap kali Anda mengunjungi sebuah website, tahukah jika sebenarnya Anda mengirimkan informasi ke server situs tersebut? Protokol yang digunakan dalam proses ini dapat mempengaruhi seberapa

Read More »
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising