Dalam lanskap penelusuran organik SEO telah berkembang cukup pesat, namun satu hal yang tidak pernah berubah adalah pentingnya riset kata kunci. Pengetahuan tentang istilah pencarian atau frasa yang diketik pengguna di mesin pencari memberi dampak besar. Ini memberikan pemahaman yang benar tentang apa yang sebenarnya diinginkan pengguna dari sebuah konten.
Itulah sebabnya setiap konten harus didasari dengan riset istilah pencarian atau kata kunci yang benar. Di bawah ini adalah panduan singkat untuk Anda yang ingin melakukannya. Perhatikan tips-tips berikut agar Anda mampu mendapatkan daftar kata kunci yang ideal dengan target audiens Anda.
Tips Riset Kata Kunci
Pada intinya riset kata kunci adalah proses meneliti dan menemukan istilah atau frasa relevan yang diketikkan audiens target pada mesin pencari. Inti dari proses ini adalah menemukan kata kunci dengan potensi terbaik agar website atau blog Anda menghasilkan lalu lintas organik sebanyak mungkin.
Jika tidak dilakukan dengan benar, riset kata kunci bisa menjadi proses yang melelahkan dengan hasil yang kurang maksimal. Untuk menghindarinya, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.
Pahami Niche Anda
Penting untuk memahami niche website atau blog Anda secara luas. Fungsinya adalah untuk menghasilkan topik yang relevan dengan audiens Anda. Dalam tahap ini, Anda perlu memahami jenis pertanyaan dan masalah yang muncul atau topik yang sedang tren dalam niche tersebut.
Gunakan Kata Kunci Unggulan Untuk Menemukan Kata Kunci Kunci Terkait
Pada tahap ini, Anda benar-benar telah memulai riset kata kunci. Setelah memahami niche, pikirkan kata kunci unggulan apa saja yang relevan. Anda bisa memasukkan daftar kata kunci tersebut ke dalam tools riset kata kunci pilihan Anda untuk mendapatkan kata kunci baru yang berkaitan.
Mempertimbangkan Search Volume
Tidak semua kata kunci layak untuk Anda gunakan. Anda harus mempertimbangkan search volume dengan hati-hati sebelum memutuskan kata kunci mana yang akan Anda gunakan. Search volume memberi gambaran berapa banyak orang yang menggunakan istilah pencarian tersebut dalam jangka waktu tertentu, misalnya dalam satu bulan. Idealnya, Anda harus mencari kata kunci dengan search volume yang lebih tinggi.
Mempertimbangkan Keyword Difficulty dalam Riset Kata Kunci
Dalam riset kata kunci, ini adalah ukuran seberapa sulit mendapatkan peringkat tinggi dalam SERP untuk istilah pencarian tersebut. Semakin tinggi tingkat kesulitan biasanya akan berbanding lurus dengan semakin tingginya search volume. Pada tahap ini, Anda bisa menganalisa kompetitor untuk memutuskan kata kunci mana yang potensial.
Rekomendasi Tools Riset Keywords
Ada banyak tools yang dirancang khusus untuk melakukan riset kata kunci, seperti Semrush, Ahrefs, Moz, dan banyak lainnya. Keuntungan dari tools-tools ini adalah penyederhanaan proses pencarian yang memungkinkan Anda melakukan seluruh proses dalam satu platform. Mulai dari mencari kata kunci unggulan hingga menyortir kata kunci terkait hingga menganalisis kata kunci kompetitor.
Namun, jika Anda belum memiliki budget untuk berlangganan tools berbayar seperti yang disebutkan di atas, Anda masih bisa menggunakan cara riset kata kunci gratis. Misalnya, Anda bisa Anda dan mengetik kata kunci unggulan pada Google Instan lalu menelusuri frasa terkait yang muncul.
Baca juga: Berapa Jumlah Kata Artikel SEO yang Efektif?
Beberapa tips riset kata kunci di atas akan membantu Anda mendapatkan kunci yang potensial. A-Creative adalah Digital Marketing Agency berpengalaman yang akan membantu pengoptimalan website Anda dengan berbagai metode SEO yang telah teruji. Kunjungi https://a-creative.id/ atau temukan @acreative.id di Instagram untuk info selengkapnya.