Bagi Anda yang mengandalkan social media atau sosmed sebagai media untuk berbisnis, maka Anda perlu melakukan iklan sosmed. Iklan yang Anda lakukan di social media perlu Anda lakukan untuk menjangkau target pasar dengan cepat. Beriklan di social media sebenarnya adalah cara cepat untuk menjangkau audiens yang Anda inginkan.
Melalui iklan di social media ini, Anda bisa menargetkan pelanggan baru dan juga pelanggan lama yang sudah ada. Tentu saja Anda harus membuat iklan yang menarik supaya calon pelanggan tertarik untuk mengunjungi social media Anda dan menikmati terus bisnis yang Anda jalani. Dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara membuat iklan yang menarik di social media.
Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Iklan Sosmed
Sebelum Anda menempatkan sebuah iklan di social media, ketahui social media apa yang paling banyak digunakan oleh target audiens Anda. Sebagai contoh, jika Anda memiliki target audiens remaja, maka iklan di social media TikTok akan lebih baik. Oleh karena itu Anda perlu melakukan riset social media apa yang paling banyak digunakan target audiens Anda.
Iklan di social media mengambil peranan penting dalam perkembangan bisnis Anda. Selain itu juga turut memengaruhi peningkatan pendapatan, peningkatan merek, dan juga jangkauan konsumen. Membuat iklan di social media bukan hanya iklan produk atau jasa yang Anda tawarkan dalam bisnis, namun juga personal branding diri atau perusahaan bisnis.
Baca juga: Manfaat Personal Branding di Media Social untuk Karir.
Bagaimana Cara Membuat Iklan di Social Media
Supaya Anda bisa membuat sebuah iklan yang menarik, tentu ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Di bawah ini akan dijabarkan beberapa poin yang bisa Anda pelajari untuk mengetahui bagaimana cara membuat iklan di social media yang menarik.
Pikirkan Tujuan Anda Membuat Iklan
Hal paling penting yang perlu Anda lakukan untuk membuat iklan di social media adalah memikirkan tujuan bisnis yang ingin Anda capai. Setiap platform social media memiliki target audiens yang berbeda. Oleh karena itu Anda perlu menyesuaikan kembali tujuan bisnis Anda dengan target audiens yang ingin Anda dapatkan. Fokuskan iklan Anda pada poin-poin yang bisa menarik banyak audiens.
Tentukan Format Iklan yang Diinginkan
Dalam setiap platform social media, format iklan yang disajikan berbeda-beda. Pada Instagram format iklan berupa foto atau video, story, IGTV, dan reels. Sedangkan di Facebook format iklan bisa berupa foto, video, carousel, slideshow, koleksi, dan Facebook story. Pilihlah format yang sesuai dengan kampanye iklan Anda dan aturlah desain iklan sesuai dengan target audiens Anda.
Gunakan Video untuk Konversi yang Lebih Baik
Iklan yang paling menonjol biasanya karena menggunakan video. Anda perlu menginvestasikan banyak waktu untuk membuat iklan video di social media, hasilnya tentu akan sangat pantas. Tetap prioritaskan menampilkan iklan video yang berdurasi pendek tapi memperlihatkan kualitas produk yang Anda tawarkan.
Gunakan Branding yang Konsisten
Kunci suksesnya iklan sosmed yang Anda buat adalah ketika Anda konsisten melakukan branding pada bisnis yang ditawarkan. Audiens membutuhkan kehadiran visual yang konsisten supaya mereka bisa melihat identitas merek bisnis Anda. Dalam setiap postingan harus terasa, terlihat, dan juga terdengar branding merek Anda seperti logo atau kampanye iklan.
Sertakan CTA Dalam Setiap Iklan
Iklan yang baik dan kuat menjangkau audiens adalah iklan yang menggunakan CTA atau ajakan untuk bertindak. CTA atau ajakan untuk bertindak ini dapat meningkatkan jumlah audiens dan tindakan yang harus mereka lakukan selanjutnya. Ajakan untuk bertindak ini bisa berupa ajakan untuk menghubungi nomor atau email atau ajakan untuk mengeklik sebuah tautan atau situs untuk dikunjungi.
Maksimalkan cara membuat iklan sosmed yang disajikan di atas supaya Anda bisa mengembangkan bisnis Anda. A-Creative menawarkan bantuan kepada Anda yang membutuhkan jasa pembuatan iklan di social media untuk mengembangkan bisnis Anda. Simak informasinya melalui akun Instagram A-Creative di acreative.id.