fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

Cara Riset Keyword Youtube Agar Viewers Bertambah

Cara riset keyword youtube

Dalam satu bulan terakhir ini sebanyak 94% orang Indonesia telah mengakses Youtube. Hal tersebut membuat Youtube menjadi sebuah channel marketing yang ampun untuk melakukan promosi. Jika video Anda bisa muncul di kolom pencarian teratas, orang akan mengeklik dan menonton video Anda. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui cara riset keyword Youtube.

Keyword Youtube merupakan kata kunci yang perlu Anda cantumkan pada judul video Youtube yang Anda unggah supaya video Anda muncul di bagian teratas pencarian. Lakukanlah riset keyword atau kata kunci untuk Youtube supaya Anda bisa menemukan kata kunci yang tepat.

Ketahui Tentang Riset Keyword Youtube

Riset keyword Youtube merupakan sebuah cara untuk menemukan sebuah keyword atau kata kunci yang sering digunakan dalam pencarian sebuah video di Youtube. Sebuah video yang menggunakan kata kunci yang tepat akan bisa muncul di peringkat teratas kolom pencarian. Dengan begitu Anda juga meningkatkan kesempatan untuk meningkatkan penonton.

Riset kata kunci juga bisa Anda lakukan untuk menemukan sebuah ide atau topik konten video yang menarik. Anda bisa menemukan kata kunci utama dan kata kunci turunan melalui riset ini. Sehingga Anda bisa membuat sebuah konten yang lebih spesifik dan paling banyak dicari berdasarkan hasil riset tersebut.

Mengapa Harus Melakukan Riset Keyword Youtube

Cara riset keyword youtube

Anda sangat perlu melakukan riset keyword atau kata kunci, berikut ini adalah alasannya:

Bisa Mendapatkan Lebih Banyak Viewers

Youtube memiliki sistem yang mirip dengan pencarian pada Google, yaitu terdapat sistem ranking pada hasil pencarian. Algoritma pada Youtube biasanya turut menentukan indikator video yang bisa menduduki ranking teratas. Salah satu hal terpenting adalah menggunakan kata kunci yang tepat. Kata kunci tersebut perlu Anda cantumkan pada judul, deskripsi, tag, dan bagian lainnya.

Dapat Mengetahui Video yang Paling Banyak Dicari

Sebagai seorang konten creator, tentunya Anda memiliki target audiens, atau target penonton. Salah satu keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan riset kata kunci adalah mengetahui ide topik apa yang paling dicari oleh target penonton Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengoptimalkan performa channel Youtube Anda.

Target Audiens Lebih Mudah Menemukan Video Anda

Dengan Anda melakukan riset keyword, Anda bisa meningkatkan kemungkinan video Anda lebih mudah ditemukan. Pakailah target keyword tertentu yang memang paling banyak digunakan dalam topik tersebut. Maka video Anda bisa lebih mudah dijangkau, dan peluang video Anda diklik pun menjadi lebih besar.

Baca juga: Serba-Serbi Thumbnail Youtube yang Harus Diketahui.

Bagaimana Cara Riset Keyword Youtube?

Berikut ini adalah beberapa cara riset keyword Youtube yang dirasa paling efektif yang bisa Anda lakukan.

Menggunakan Youtube Autocomplete

Cara yang paling sederhana adalah dengan menggunakan Youtube Autocomplete atau Seggestion. Sebenarnya cara ini tanpa Anda sadari telah sering Anda lakukan ketika melakukan pencaritan video di Youtube. Pada saat Anda mengetikkan beberapa kata di kolom pencarian, Youtube akan memberikan saran kata kunci populer yang paling sering dicari.

Melihat Video Terbaik dari Kompetitor

Jika Anda merasa kebingungan saat melakukan riset keyword dan riset topik, Anda bisa langsung mengintip video dari kompetitor Anda. Anda bisa mengamati video tersebut, kemudian memodifikasi video dengan versi terbaik Anda. Jangan lupa mencantumkan kata kunci seperti yang digunakan oleh kompetitor Anda.

Memanfaatkan Aplikasi Keyword Youtube

Cara lain untuk melakukan riset keyword Youtube adalah dengan memanfaatkan aplikasi atau tools SEO yang tersedia. Banyak sekali SEO tools Youtube yang bisa Anda gunakan seperti KeywordTool.io, WordTracker, VidIQ, dan juga Google Trends.

Gunakan cara riset keyword Youtube di atas untuk mendapatkan kata kunci yang tepat untuk konten yang Anda buat. Anda juga bisa memercayakan pembuatan konten Youtube Anda kepada A-Creative. Simak juga informasi berkualitas lain yang disajikan oleh A-Creative melalui akun Instagram acreative.id.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

New Offer

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising