fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

Job Description SEO Specialist dan Tips Karir

Job description SEO specialist kini menjadi salah satu pencarian yang paling banyak di Google. Seorang SEO specialist memiliki tugas dan peranan penting dalam menjalani tugasnya di dunia digital marketing.  Berikut ini kami berikan ulasan mengenai SEO Specialist selengkapnya.

Definisi SEO Specialist

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization (SEO). Maka, jika dibubuhkan dengan frasa specialist artinya adalah seseorang yang bekerja secara professional, untuk mendongkrak viewers dalam sebuah web yang mencakup SERP (Search Engine Result Page).

Dalam dunia marketing offline, diperlukan sosok yang cakap dan lugas dalam memasarkan sebuah produk. Nah, hal tersebut juga berlaku di dunia digital marketing, yang mana sang SEO Spescialist-lah yang melakukan pekerjaan tersebut melalui kata kunci atau serangkaian kalimat yang berkaitan dengan perusahaan tempat ia bekerja.

Misalnya, jika Anda bekerja sebagai seorang SEO Specialist di perusahaan tas, maka Anda harus membuat sebuah artikel atau konten yang berkaitan dengan tas dan keyword yang kira-kira akan menjadi kalimat yang banyak orang cari. Misalnya, “rekomendasi tas premium”, “tas murah premium” dan masih banyak lagi.

Cara untuk memastikan keyword tersebut adalah dengan cara melakukan keyword research menggunakan berbagai perangkat lunak seperti Ahrefs, Ubersuggest, Google Keyword Planner. Perangkat lunak tersebut akan terlihat keyword apa yang sedang ramai dicari agar menjadi acuan dalam membuat SEO.

Seorang SEO spesialist juga bekerja sama dengan divisi lannya, seperti tim sales marketing agar traffic dan engagement website semakin menjanjikan.

Apa Saja Tugas SEO Specialist?

Job Description SEO Specialist

Tugas SEO Specialist  terbagi menjadi beberapa poin penting yaitu:

  • Memantau algoritma di berbagai mesin pencari alias search engine agar dapat dengan mudah memperbaharui algoritma terbaru
  • Merancang rekomendasi teknis SEO yang akurat dan disampaikan kepada developer
  • Memperbarui konten dan hyperlink, atau link yang terkait dengan website
  • Mengawasi ranking, analytics, dan search terms agar performa website terus meningkat
  • Menyebar konten ke website eksternal dengan cara menaruh backlink
  • Membuat konten SEO berupa artikel berdasarkan target audiens perusahaan
  • Rutin menyambangi tim marketing di divisi lain demi meningkatkan strategi SEO
  • Merancang ide kreatif dan unik agar performa website meroket
  • Secara berkelanjutan melakukan riset kata kunci
  • Membuat tujuan dan strategi yang berkaitan dengan SEO agar ranking website Search Engine Result Page meningkat

Tips Menjadi SEO Specialist

Ada banyak cara agar Anda menjadi SEO Specialist yang andal. Tetapi ada beberapa poin penting yang perlu dimiliki seorang SEO Specalist yaitu sebagai berikut:

Rutin Berselancar di Internet

Apakah Anda sering scroll Instagram atau twitter di waktu senggang? Jika ya, itu bisa menjadi salah satu langkah awal untuk menjadi SEO Specialist. Pergunakanlah waktu luang Anda untuk googling mengenai berita yang sedag hangat, hal viral, hingga trending topic di twitter.

Baca juga: 10+ Istilah SEO yang wajib Diketahui

Pahami Cara Kerja Mesin Pencari

Salah satu tugas SEO Specialist adalah meningkatkan traffic perusahaan dan membuat nama perusahaan sebagai keyword atau kata kunci utama dalam mesin pencari. Oleh karena itu, Anda wajib mengetahui bagaimana cara Google membuat pencarian teratas .

Mengembangkan skill yang berkaitan dengan SEO Specialist

Terdapat dua skill penting yang wajib dimiliki seorang SEO Specialist yaitu mampu membuat konten dan terampil dalam menganalisa konten. Dua kemampuan tersebut tidak serta-merta muncul, melainkan harus diasah dengan berbagai cara, misalnya dengan mengkuti training atau kelas pelatihan SEO, rajin membaca website tertentu dan menonton video tutorial SEO.

Itulah tips dan job description SEO specialist dari A-Creative dan semoga bermanfaat.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

HTTP vs HTTPS

HTTP VS HTTPS, Apa Bedanya?

Setiap kali Anda mengunjungi sebuah website, tahukah jika sebenarnya Anda mengirimkan informasi ke server situs tersebut? Protokol yang digunakan dalam proses ini dapat mempengaruhi seberapa

Read More »
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising