Istilah SEO (Search Engine Optimization) menjadi kuncian penting jika ingin berbisnis secara online. Karena dengan mengetahui istilah-istilah tersebut, Anda dapat dengan mudah menyasar target market yang ingin anda capai serta meraih traffic yang tinggi. Terlebih dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat siapa saja dapat dengan mudah mempelajari SEO.
SEO sangat cocok untuk berbisnis secara daring. Salah satunya adalah dengan cara menerapkan SEO di dalam website. Bagi Anda yang hendak memulai bisnis, menggunakan SEO dan mempelajari istilah SEO adalah trik jitu untuk mendongkrak bisnis agar berkembang di dunia maya.
Namun sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya Anda perlu mempelajari beragam istilah SEO. Berikut ini kami berikan penjabarannya untuk Anda:
Sitemap
Istilah SEO ini merujuk pada system berkas XML atau HTML yang didalamnya terdapat seluruh halaman web yang berada di web tertentu. Selain halaman web, Sitemap juga berisi berbagai hal lain yang berkaitan dengan website yang berfungsi mengoptimalisasi kinerja mesin pencari agar lebih mudah mencari sebuah web.
Canonical
Canonical adalah perangkat penting yang menjadi bagian dari HTML. Canonical berfungsi untuk mengimbau indikasi duplikasi sebuah web. Jika ingin menggunakan fitur ini, Anda harus mengaktifkan setting pada browser agar terhindar dari duplikasi konten.
Query
Sebutan query adalah saat Anda mengetik sebuah kata untuk menemukan hal-hal yang berkaitan dengan kata tersebut. Ketika Anda memasukkan query akan langsung mengarah pada web yang paling relevan.
SERP
Search Engine Results Page adalah hasil dari query. SERP adalah istilah SEO yang berasal dari web mesin pencari, misalnya Google, atau Bing.
Featured Snippet
Sesuai namanya, featured snipped adalah tampilan cuplikan yang paling relevan dengan query yang Anda cari, foto, video, grafik, dan lain-lain.
Schema Markup
Schema markup merupakan rangkaian kode pada web yang berfungsi sebagai elemen penting untuk informasi rinci tentang sebuah konten yang dicari dalam search engine.
Meta Tag
Tag HTML alias meta tag berfungsi untuk menjelaskan secara rinci mengenai semua hal yang berkaitan dengan sebuah web. Meta tag biasanya berbentuk tulisan warna-warni berukuran kecil seperti manuskrip.
Meta Title
Meta title merupakan tag HTML yang berfungsi memberi judul pada sebuah web. Posisi meta title berada di atas halaman browser. Perlu dicatat bahwa penamaan meta harus relevan, menarik perhatian dan jelas karena tiga hal tersebut jadi penentu banyak atau tidaknya yang mengunjungi web Anda.
ALT Text
Saat Anda meng-klik sebuah gambar lalu muncul deskripsi maka itulah yang disebut ALT text, yang berfungsi memudahkan mesin pencari untuk mencari item yang paling akurat.
Cloaking
Cloaking adalah hal yang mesti Anda hindari karena berpotensi menimbulkan hoaks. Cloaking dilarang keras oleh pihak google karena melangar aturan dengan membuat konten yang berbeda untuk search engine dan user web.
Baca juga: Apa Itu SEO Youtube & Cara Melakukannya
Keyword Stuffing
Istilah ini merujuk pada aksi yang dengan sengaja melakukan pencarian keyword berkali-kali pada situs yang sama. Tujuannya agar alamat web tertentu menjadi unggul dibanding yang lain, tanpa mempedulikan apakah konten pada web tersebut mengandung unsur negatif.
Meta Description
Posisi meta description adalah deskripsi singkat yang akan muncul saat Anda mencari sebuah kata kunci. Meta description harus relevan dengan isi sebuah content pada website dan sebaiknya mengandung kata kunci.
Call To Action
Panggilan Aksi atau CTA ini lazim digunakan untuk teknik penulisan SEO marketing. Web berisi CTA biasanya bertuliskan “klik di sini”, “yuk, beli.”, “unduh gratis,” dan lain-lain.
No Follow Link
Sesuai namanya, no follow link merujuk pada panduan meng-klik link tetapi link tersebut di luar SEO. Misalnya link iklan, dan komentar blog.
Do Follow Link
Kebalikan dari no follow link, do follow link berisi panduan agar sebuah link berisi elemen SEO di klik oleh pencari kata kunci. Misalnya, saat Anda sedang membaca artikel rekomendasi sepeda terbaru di website sepeda, lalu didalamnya terdapat kalimat yang bisa di-klik, yang mengarahkan Anda untuk membeli sepeda.
Backlink
Istilah ini mengacu kepada panduan agar seseorang dapat meng-klik link yang berisi situs web anda, Karena baclink menjadi faktor penentu seberapa banyak orang yang mengunjungi web Anda.
LSI
LSI adalah kepanjang dari Latent Semantic Indexing. Ini adalah teknik analis secara semantik yang membantu mesin pencari mengarahkan pengguna untuk menemukan artikel atau web yang berkaitan dengan kata kunci. LSI tersebar dalam sebuah artikel yang diunggah di web.
SEO Off-page
Sesuai namanya, SEO off-page adalah menarik perhatian banyak orang untuk menghasilkan jumlah pencarian secara organik dengan cara mengaitkan konten atau web dengan media sosial, backlink, e-mail marketing, promosi lewat tokoh terkenal dan KOL (Key Opinion Leader).
SEO On-Page

Berbeda dengan SEO off-page, jenis SEO ini sepenuhnya mengandalkan peningkatan viewers dari dari alt text, paragraf, tag header, dan URL.
Keyword
Keyword alias kata kunci berguna untuk mengoptimaliasi SEO dengan cara diketik perkata atau perkalimat sesuai dengan headline atau topik yang dibahas.
Anchor Text
Anchor text berfungsi untuk menaruh link pada serangkaian kalimat. Link tersebut berisi web atau artikel yang relevan. Kalimat yang berisi link akan memiliki warna berbeda dengan kalimat sebelum dan sesudahnya.
Itulah istilah-istilah SEO yang perlu Anda ketahui. Jika Anda ingin memaksimalkan SEO, A-Creative dapat membantu Anda mewujudkannya. A-Creative adalah digital marketing agency yang telah bekerja sama dengan berbagai jenis perusahaan baik di dalam atau pun luar negeri. Informasi selengkapnya silahkan klik di sini.