fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

Manfaat Personal Branding di Media Social untuk Karir

personal branding di media social

Social media adalah platform yang ampuh untuk membangun identitas, citra, dan menonjol di bidang tertentu. Tak terbatas pada produk atau layanan, media social juga bisa digunakan untuk membangun personal brand. Ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dari personal branding di media social, terutama untuk pengembangan karir Anda.

Manfaat Personal Branding di Media Social Bagi Karir Anda

Simak berbagai manfaat membangun personal branding melalui media social di bawah ini!

Membangun Kredibilitas

Media social merupakan tempat yang mudah digunakan untuk menunjukkan keahlian. Jika melakukannya secara konsisten, orang-orang akan menganggap Anda sebagai seorang yang kredibel di bidang yang Anda kuasai.

Anda dapat membagikan konten yang relevan, memberikan informasi sederhana, dan mengupdate berita terkini yang sesuai dengan bidang Anda. Semakin banyak Anda berbagi, semakin banyak orang yang akan menjadikan Anda rujukan dalam bidang yang Anda geluti. Tentu ini akan membuka lebar pintu karir Anda.

Meningkatkan Peluang Kerja

Personal branding di media social juga meningkatkan peluang kerja Anda. Ini karena banyak perusahaan secara proaktif menggunakan media social dalam menyaring kandidat terbaik untuk posisi yang mereka butuhkan. Jadi penting bagi Anda untuk terus memperbaiki profil media social Anda.

Jika Anda hanya sekedar memiliki akun media social, sekarang mulailah untuk membangun branding yang profesional, cerdas, cerdas, menyenangkan, dan menawarkan gambaran nyata tentang apa yang Anda tawarkan kepada calon pemberi kerja.

Memperluas Networking

Penting bagi Anda untuk memilih platform media social yang tepat untuk bisa hadir dan terhubung dengan audiens yang relevan. Dengan begitu Anda dapat mulai menjalin hubungan yang berharga dengan orang lain di bidang yang sama.

Menjalin hubungan dengan orang-orang baru dan berbagi nilai satu sama lain akan membuka wawasan yang bermanfaat bagi perkembangan karir Anda. Apalagi jika Anda mampu menampilkan personal branding di media social yang kuat, mereka akan dengan mudah mengingat Anda ketika membutuhkan sesuatu, termasuk pekerjaan yang Anda impikan.

personal branding di media social
Photo by Adem AY on Unsplash

Cara Membangun Personal Branding di Media Social

Tak cukup hanya karena memposting sebuah konten, Anda harus merencanakan strategi konten media social dengan baik. Berikut adalah beberapa tips untuk membangun personal branding di media social dengan baik.

Lengkapi Profil Anda

Anda wajib melengkapi profil di setiap platform yang Anda pilih. Isilah semua informasi penting, seperti bagian bio dan informasi kontak. Ini membantu  meningkatkan kredibilitas Anda.

Konsisten

Anda dapat membuat konten yang selaras dalam sebuah topik yang sama. Namun jangan memposting konten yang sama untuk beberapa platform sekaligus. Setiap platform memiliki karakteristik audiens dan algoritma yang berbeda. Jadi pastikan Anda menyesuaikan konten dengan demografi spesifik tersebut.

Merencanakan Konten

Perencanaan dan pengaturan konten sangat penting dalam personal branding di media social.  Pilih topik yang relevan dengan personal branding Anda, lalu pertimbangkan minat audiens dan format yang disediakan oleh platform yang Anda pilih.

Jaga Agar Personal Branding Di Media Social Selalu Relevan

Untuk tetap relevan Anda bisa memantau topik yang sedang tren dan menyesuaikannya dengan bidang yang Anda geluti. Anda bisa memakai Google Trends atau Trending Topic Twitter sebagai alat untuk melakukannya.

Baca juga: Strategi Personal Branding Untuk Karir Digital Marketing

Membangun personal branding di media social secara konsisten adalah sesuatu yang harus Anda lakukan untuk pengembangan karir Anda. Kunjungi a-creative.id untuk berbagai informasi menarik lain untuk pengembangan karir Anda atau ikuti @acreative.id di Instagram untuk konten lain seputar dunia digital marketing.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

HTTP vs HTTPS

HTTP VS HTTPS, Apa Bedanya?

Setiap kali Anda mengunjungi sebuah website, tahukah jika sebenarnya Anda mengirimkan informasi ke server situs tersebut? Protokol yang digunakan dalam proses ini dapat mempengaruhi seberapa

Read More »
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising