fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

5 Tipe Pembeli Online yang Perlu Pebisnis Tahu

tipe pembeli online

Menarik sebanyak mungkin pelanggan mungkin menjadi tantangan berat bagi bisnis kecil yang ingin berkembang. Ada keterbatasan yang membuat Anda tak mampu mencoba semua strategi, untuk melihat strategi mana yang cocok untuk bisnis Anda. Namun hal itu bisa diakali dengan lebih mengenal tipe pembeli online.

Mengenali perilaku pembeli akan membuat Anda mampu memberikan treatment berbeda sesuai tipe mereka. Jika dikombinasikan dengan pemahaman yang tepat tentang costumer journey, Anda bisa menyusun strategi yang lebih efektif untuk menjangkau dan memenuhi kebutuhan mereka.

Di bawah ini adalah daftar lima jenis pembeli online, baca hingga tuntas untuk mengetahui cara terbaik memikat setiap jenis pembeli, sehingga bisnis Anda dapat meningkatkan konversi dengan pendekatan yang lebih tertarget.

1. Tipe Pembeli Online yang Sensitif Terhadap Harga

Tipe pembeli online pertama adalah yang sensitif terhadap perubahan harga. Bagi mereka harga biasanya menjadi pertimbangan utama dalam melakukan pembelian. Karenanya, jika ada penjual lain di luar sana yang menawarkan selisih harga yang lebih rendah,  mereka dengan mudah bisa berpindah. Jadi selalu awasi harga kompetitor Anda dan berikan penawaran khusus untuk memikat pembeli tipe ini.

Baca juga: Contoh Pesan Whatsapp Bisnis dan Kapan Diperlukan

2. Tipe Pembeli Hit and Run

Tipe ini biasanya adalah yang paling menguras tenaga dan emosi Anda. Mereka akan banyak bertanya tentang semua hal namun akhirnya pergi begitu saja. Meski menjengkelkan, Anda tak boleh mengabaikan jenis pembeli ini. Anda harus tetap memastikan bisnis Anda berada dalam top of mind mereka, kapanpun mereka siap melakukan pembelian.

Untuk mengatasi tipe pembeli ini, Anda bisa membuat serangkaian Q&A pada website atau marketplace pertanyaan-pertanyaan umum tentang produk Anda. Anda bisa juga mengatur balasan cepat pada aplikasi WhatsApp Business.

3. Tipe Pemburu Promo

Semua orang menyukai diskon dan promo. Namun, tipe pembeli online ini hanya akan melakukan pembelian jika mereka mendapatkan harga khusus. Jika memungkinkan, Anda bisa membuat diskon spesial untuk mendorong mereka melakukan pembelian pertama atau bundling diskon agar mereka membeli lebih banyak produk.

tipe pembeli online
Photo by MK +2 on Unsplash

4. Pembeli Berdasarkan Kebutuhan

Jenis pembeli ini mencari satu produk spesifik yang sedang mereka butuhkan. Sehingga mereka siap melakukan pembelian setelah menemukannya. Mereka biasanya memilih penjual yang lebih responsif. Untuk menangani tipe pembeli online ini optimalkan proses checkout dan sediakan beberapa opsi pembayaran dan pengiriman.

Tipe pembeli ini cenderung akan mengingat penjual yang mampu memberikan kebutuhan mereka dengan cepat. Jangan pernah membuat mereka merasa bahwa Anda tak mampu mengirimkan pesanan tepat waktu.

5. Tipe Pembeli Loyal

Ini adalah tipe yang telah membeli produk Anda di masa lalu dan kembali lagi untuk pembelian potensial lainnya. Bisa dibilang pembeli dalam tipe ini adalah tujuan utama semua usaha marketing yang Anda lakukan. Mereka memiliki pengalaman dengan bisnis online Anda dan telah memberikan kepercayaan terhadap apa yang Anda tawarkan.

Anda bisa menjalankan program loyalitas seperti memberikan poin untuk mendapatkan hadiah tertentu maupun diskon. Membuat database khusus juga merupakan ide yang bagus, Anda bisa mengirim pesan melalui WhatsApp Business atau Email untuk memberi informasi kepada mereka tentang penawaran khusus atau produk terbaru Anda. Pada intinya, buat mereka merasa istimewa.

A-Creative adalah penyedia layanan digital marketing berpengalaman yang akan membantu bisnis Anda berkembang dengan harga yang sangat terjangkau. Dapatkan penawaran khusus dengan mengakses https://a-creative.id/ atau temukan @acreative.id di Instagram untuk beragam tips bisnis lainnya.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising