Instagram merupakan saluran interaktif yang dapat digunakan bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara lebih personal. Budaya endorse selebgram di platform ini berkembang secara alami, terutama ketika bisnis mulai menyadari bahwa selebgram menyediakan sarana komunikasi langsung dengan target demografis mereka.
Apa arti Selebgram?
Selebgram adalah seorang yang memiliki banyak pengikut di Instagram, mereka bisa seorang artis, konten kreator, ahli di bidang tertentu, dan lainnya. Dengan pengaruh yang mereka miliki, maka terbukalah prospek untuk mempromosikan sebuah brand. Jika dilakukan dengan tepat, endorsement merupakan salah satu strategi social media marketing yang bagus untuk bisnis Anda.
Bisa dibilang, endorsement adalah salah satu strategi marketing yang efektif untuk meningkatkan brand awareness bisnis Anda. Hal itu membuat audiens akan lebih mengenal produk atau layanan Anda kemudian tertarik untuk melakukan tindakan tertentu. Peningkatan jumlah followers hingga naiknya penjualan adalah manfaat lain yang di tawarkan oleh strategi ini.
Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Endorse Selebgram
Meski merupakan strategi marketing yang ampuh untuk meningkatkan penjualan, ada beberapa hal penting yang harus Anda pertimbangkan sebelum endorse selebgram agar hasilnya maksimal. Ini karena sedikit kesalahan dalam melakukannya, bisa berakibat fatal bagi brand Anda.
1. Pertimbangkan Anggaran
Apabila Anda baru memulai sebuah bisnis, jangan terburu-butu menghabiskan anggaran untuk endorse. Mempertimbangkan anggaran sangat penting karena situasi keuangan bisnis Anda belum benar-benar stabil. Dengan cara ini, Anda juga bisa mengklasifikasikan influencer mana yang cocok untuk mempromosikan bisnis Anda.
2. Penetapan Target Endorsement
Memilih target pasar yang tepat sangatlah penting. Selebgram yang Anda pilih harus mewakili target pasar Anda dengan baik. Misalnya, Anda menjual skincare yang menargetkan wanita dewasa. Maka, Anda bisa memilih selebgram dengan latar belakang yang relavan untuk menjangkau audiens yang tepat.
3. Bandingkan Satu Selebgram Dengan Selebgram Lainnya
Anda tak boleh hanya mengandalkan satu selebgram, namun perlu mencari beberapa referensi lain. Sebaiknya Anda mencatat siapa yang cocok untuk mempromosikan produk Anda. Kemudian, cari tahu informasi tentang akun mereka dan bandingkan, selebgram mana yang memiliki tingkat keterlibatan lebih tinggi.
4. Menyediakan Anggara Khusus
Dalam berbisnis, pemisahan anggaran produksi, marketing, dan pendapatan adalah hal yang sangat penting. Endorse selebgram sebaiknya hanya dilakukan ketika bisnis Anda mampu meraih keuntungan yang stabil. Pada kondisi tersebut, Anda akan bisa melakukan endorsement secara teratur. Ini adalah proses branding yang hasilnya lebih maksimal ketika dilakukan secara rutin.
5. Pastikan Stok Produk Cukup
Setelah sepakat melakukan endorsement dengan selebgram pilihan Anda, yang harus Anda lakukan adalah memastikan stok produk tersedia. Memang seberapa besar potensi kenaikan penjualan baru bisa di ukur setelah Anda melakukan beberapa kali. Namun, Anda tentu tak ingin kehilangan pelanggan potensial setelah selebgram memposting produk Anda di akun mereka.
Baca juga: Cara Promosi Online Shop di Instagram Agar Laris Manis
Kesimpulannya meski endorse selebgram menjadi salah satu metode yang populer untuk meningkatkan penjualan, tidak bisa dipungkiri bahwa strategi ini membutuhkan kecermatan dalam banyak hal. Mulai dari pertimbangan anggaran hingga pada pemilihan selebgram yang benar-benar memberikan pengaruh pada bisnis Anda.
A-Creative adalah penyedia layanan social media marketing yang selalu siap membantu perkembangan bisnis Anda. Informasi lebih detail tentang layanan bisa Anda dapatkan dengan mengakses https://a-creative.id/ atau temukan @acreative.id di Instagram untuk konten menarik lainnya.