Ada banyak metode digital marketing yang dapat digunakan bisnis untuk mengembangkan brand mereka. Endorstment merupakan salah satu upaya yang memungkinkan Anda mencapai tujuan promosi tertentu. Memahami hingga akhirnya mampu menjalankan dengan tepat strategi endorsement artinya Anda selangkah lebih dekat dengan kesuksesan.
Saat ini telah banyak bisnis, terutama yang memanfaatkan sosial media sebagai salah satu media promosi utama, menggunakan cara ini untuk mempromosikan produk dan mendongkrak penjualan. Tak hanya bisnis besar, onlineshop rumahan yang baru memulai bisnisnya juga bisa menggunakan strategi ini untuk mengembangkan bisnisnya.
Pada artikel ini, kami akan mencoba menjelaskan dengan ringkas apa itu endorsement dan manfaatnya untuk pertumbuhan bisnis Anda.
Apa Itu Endorsement?
Dalam dunia marketing endorsement artinya bentuk dukungan terbuka untuk seseorang, produk, atau layanan oleh seseorang atau entitas. Dalam social media marketing, endorsement biasanya dilakukan oleh seorang yang sering disebut sebagai “influencer” atau Key Opinion Leader (KOL). Mereka adalah seseorang yang menggunakan sosial media untuk mempromosikan subjek yang mereka dukung.
Jika dilakukan dengan tepat, endorsement bisa menjadi strategi pemasaran yang menawarkan hasil signifikan. Anda bisa dengan mudah menjangkau audiens target melalui seseorang atau bisnis yang mereka percayai. Hal itu membuat kredibilitas brand Anda akan terbangun.
Manfaat Endorsement untuk Perkembangan Bisnis
Selain membangun kredibilitas, endorsement menawarkan beberapa manfaat lain untuk bisnis. Beberapa manfaat tersebut, diantaranya:
Mendapatkan Audiens Mapan
Selebritis, influencer, maupun Key Opinion Leader (KOL) memiliki pengikut setia yang menonton apa yang mereka lakukan, mendengarkan apa yang mereka katakan, dan yang menginginkan apa yang mereka miliki. Menggaet mereka untuk endorsement artinya Anda memiliki potensi besar untuk mendapatkan perhatian khusus dari pengikut mereka yang telah mapan.
Meningkatkan Penjualan
Dalam skala besar, Nike adalah contoh sempurna yang membuktikan hal ini. Pada 1984 Nike bekerja sama dengan Michael Jordan, salah satu endorsement paling sukses dalam sejarah. 25 tahun kemudian atau tepatnya pada tahun 2009, Nike Jordan mendominasi sekitar 75% penjualan sepatu basket dan 10,8% penjualan sepatu secara keseluruhan di Amerika.
Meningkatkan Interaksi Sosial Media
Sejalan dengan manfaat sebelumnya yakni meningkatkan penjualan, mendapatkan dukungan dari influencer pilihan Anda akan meningkatkan interaksi di sosial media Anda. Ketika mengunggah postingan tentang produk Anda, seorang influencer secara tidak langsung memperkenalkannya kepada pengikutnya.
Ini terjadi karena setelah melihat produk Anda pada akun seorang influencer, pengikut mereka akan mengklik akun Anda untuk lebih mengenal produk Anda. Akibatnya, interaksi pada akun Anda berpotensi mengalami peningkatan, yang akhirnya mengarah pada peningkatan penjualan Anda.
Tampil Menonjol Dalam Persaingan
Menggunakan tokoh yang populer untuk mewakili brand Anda membantu bisnis menonjol dalam persaingan. Penelitian telah menemukan bahwa orang lebih cenderung mengingat iklan yang menampilkan menampilkan selebritas atau tokoh televisi favorit mereka.
Baca juga: Perbedaan Influencer dan KOL, Awas Tertukar!
Memanfaatkan endorsement artinya membuka peluang lebih besar bagi bisnis Anda untuk berkembang. Namun yang patut diperhatikan adalah Anda perlu mendapatkan influencer yang relavan untuk produk atau layanan yang Anda tawarkan. Untuk hasil maksimal, Anda juga harus mampu mengkombinasikan secara tepat strategi endorsement dengan strategi social media marketing lainnya.
A-Creative merupakan penyedia layanan social media marketing dengan strategi handal yang telah teruji. Informasi lebih detail bisa Anda dapatkan dengan mengakses https://a-creative.id/ atau ikuti @acreative.id di Instagram.