Ketika orang ingin mencari informasi tentang produk atau layanan, salah satu tempat pertama yang mereka tuju adalah Profil Instagram. Jadi penting bagi setiap bisnis untuk memanfaatkan peluang itu dengan baik. Mengatur feed Instagram yang keren dan informatif adalah salah satu usaha untuk mengkonversi peluang tersebut.
Instagram merupakan platform yang bersifat visual, karenanya Anda perlu memastikan feed diatur sedemikian rupa agar terlihat profesional dan menarik secara visual. Namun, penting pula untuk membuat profil bisnis profesional yang memudahkan audiens mendaapatkan lebih banyak informasi tentang bisnis Anda.
Tips Mengatur Feed Instagram yang Keren
Feed Instagram yang keren merupakan usaha untuk menarik perhatian audiens sehingga mereka terpancing untuk melihat foto, berinteraksi, mengikuti, atau berkunjung ke landing page produk Anda. Ikuti tips di bawah ini agar Anda bisa mengatur feed secara lebih menarik.
Kumpulkan Semua Konten
Merencanakan konten mingguan atau bulanan akan lebih efisien daripada mencari ide dan mempostingnya setiap hari. Jadi yang pertama, Anda perlu mengumpulkan konten menarik yang berpotensi diposting di feed Instagram. Setelah tahu konten apa saja yang akan diposting, kumpulkan dalam satu folde khusus.
Rancang Feed Instagram Anda
Feed Instagram yang keren memiliki variasi subjek yang bagus dengan jarak yang sama. Fungsinya adalah untuk menciptakan keserasian dan kedalaman bidang dengan feed Instagram Anda secara keseluruhan. Misalnya, jika satu hari Anda memposting foto yang terlihat sibuk, Anda sebaiknya menyeimbangkannya dengan foto yang lebih tenang di hari berikutnya.
Rencanakan dan Jadwalkan Postingan
Cara termudah untuk menyusun dan merencanakan feed Instagram adalah dengan melakukan pratinjau terlebih dahulu. Buat kalender konten agar semuanya sesuai dengan apa yang telah Anda rancang. Setelah itu Anda bisa menjadwalkan postingan Instagram dengan beragam tools gratis yang ada.

Mengoptimalkan Bio Instagram
Selain feed Instagram yang keren, bio Instagram juga merupakah bagian penting yang tak boleh Anda lewatkan. Ini memudahkan audiens mengenali bisnis Anda dan mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Inilah cara untuk mengoptimalkan bio Instagram:
Pilih Nama dengan Tepat
Sesuaikan nama akun dengan tujuan serta kapasitas bisnis Anda. Jika Anda baru memulai jualan online, pilih nama yang mewakili produk atau layanan yang Anda tawarkan. Jika Anda menyasar audens lokal, Anda juga bisa menambahkan nama lokasi Anda. Misalnya “Buah Segar Semarang” atau “Nailart Jember”.
To The Point
Dalam 150 karakter, tuliskan secara jelas dan ringkas tentang apa yang Anda tawarkan, kelebihannya dan untuk siapa produk atau layanan tersebut Anda tujukan. Jangan lupa juga untuk menambahkan tagline yang mewakili keunikan jualan Anda serta hastag yang relevan.
Manfaaatkan Emoji
Cara mudah untuk memaksimalkan keterbatasan karakter di bio adalah dengan memanfaatkan emoji. Menurut sebuah studi yang dilakukan Quintly, emoji disebut mampu menghasilkan lebih banyak interaksi di Instagram.
Buat Tombol Ajakan Bertindak
Anda bisa mengatur tombol CTA untuk mengarahkan audiens ke WhatsApp Bisnis, website, halaman marketplace, dan lainnya. Jika ingin menambahkan lebih dari satu link, Anda bisa memanfaatkan platform berbagi link seperti Linktree, Shorby, Linkin.bio, atau yang lainnya untuk memudahkan navigasi.
Baca juga: Feed Instagram Online Shop Selain Jualan Bahas Apa?
Merancang feed Instagram yang keren adalah langkah awal untuk mengembangkan bisnis online Anda. A-Creative adalah Digital Marketing Agency yang menawarkan layanan Social Media Marketing berkualitas dengan harga terjangkau untuk mempercepat perkembangan bisnis Anda. Kunjungi a-creative.id atau ikuti @acreative.id di Instagram untuk informasi serta konten menarik lainnya.