Internet telah mengubah kebiasaan masyarakat luas, termasuk pula mengubah industri periklanan. Iklan tradisional yang sulit diukur seperti TV, papan reklame, dan lainnya kini mulai digantikan oleh jenis jenis iklan online yang murah dan dapat diukur seperti iklan media sosial dan iklan pencarian berbayar.
Pergeseran tersebut sedikit banyak telah membuka peluang bagi banyak bisnis kecil dan menengah. Dengan pengetahuan yang luas dan strategi yang tepat, Anda sebagai pemilik bisnis kecil atau menengah dapat bersaing di platform yang sama dengan perusahaan multinasional.
Mengapa Anda Harus Beriklan Secara Online?
Sekecil apa pun bisnis Anda, beragam jenis iklan online bisa mengakomodasi kebutuhan Anda. Mulai dari membangun kesadaran merek, mendapatkan pelanggan baru, hingga meningkatkan pendapatan, semua bisa dilakukan. Di bawah ini adalah alasan Anda harus beriklan secara online.
Hasil Langsung
Ketika beriklan online, Anda tidak perlu menunggu bertahun-tahun atau berbulan-bulan untuk mendapatkan konversi atas usaha Anda. Konversi dapat terjadi segera setelah iklan ditayangkan.
Lebih Tertarget
Jika segmentasi yang ditawarkan iklan offline sangat terbatas, berbeda dengan iklan online yang memungkinkan Anda meluncurkan iklan dengan penargetan secara detail. Anda bisa yakin bahwa setiap Rupiah dari anggaran Anda dibelanjakan untuk target tersebut.
Murah
Jenis iklan seperti di Facebook, Google, atau platform lainnya sangat terjangkau. Menariknya, Anda juga dapat membatasi anggaran iklan online Anda. Sebagian besar platform iklan online memberikan keleluasaan untuk menetapkan batas anggaran harian, mingguan, dan bulanan agar tidak habis sekali waktu.
Kemudahan Analisa
Iklan online menunjukkan dengan akurat seberapa baik kinerja kampanye iklan Anda. Misalnya, Anda bisa melihat berapa banyak orang yang melihat dan mengklik iklan Anda, penjualan yang dihasilkan, dan banyak lagi metrik lainnya. Ini memudahkan Anda dalam melakukan analisa ROI untuk melihat apakah iklan Anda menghasilkan keuntungan sepadan.
Jenis Jenis Iklan Online
Di bawah ini adalah jenis utama periklanan online berdasarkan medianya yang perlu Anda ketahui.
Google Ads
Ini adalah salah satu platform iklan terbesar. Google Ads menyediakan beragam jenis iklan, mulai dari pencarian berbayar, iklan dalam website, dan lainnya. Sebagian besar dari semua interaksi online dimulai dengan mesin pencari, sehingga pencarian berbayar yang ditawarkan oleh Google Ads menjadi salah satu tempat terbaik untuk menargetkan pelanggan potensial.
Social Media Ads
Jika telah melakukan riset audiens, tentunya Anda memahami bahwa audiens target Anda menghabiskan banyak waktu di sosial media. Secara luas, lebih dari separuh populasi dunia menggunakan sosial media dengan penggunaan rata-rata selama 2 jam 27 menit setiap harinya.
Hampir semua platform sosial media mapan menyediakan kemudahan beriklan untuk setiap bisnis, seperti:
- TikTok
Format iklan bisa bervariasi bergantung pada platform., begitu pula dengan biaya yang dibebankan. Anda bisa memilih salah satu atau kombinasi beberapa platform untuk menjangkau audiens yang lebih luas.
Youtube Ads
Ini adalah jenis iklan online berbasis video yang semakin populer. Potensi jangkauan iklan video sangat besar. Di YouTube misalnya, audiens di seluruh dunia menonton lebih dari satu miliar jam video setiap hari. YouTube juga menempati urutan kedua dalam jumlah pengguna bulanan untuk platform sosial media dan menjadi mesin pencari terbesar kedua di dunia.
Baca juga: Cara Promosi di Instagram Bisnis agar Makin Cuan!
Jika ingin mendapatkan hasil optimal ketika meluncurkan kampanye dalam beragam jenis iklan online, pastikan untuk mendapatkan bantuan dari profesional di bidangnya. A-Creative sebagai Digital Marketing Agency terpercaya selalu siap memberikan layanan berkualitas dengan biaya yang sangat terjangkau. Informasi lebih lanjut bisa Anda dapatkan di a-creative.id atau @acreative.id di Instagram.