Strategi SEO yang tepat memungkinkan bisnis Anda menjangkau lebih banyak orang secara organik. Google Keyword Planner adalah salah satu tools gratis yang bisa Anda manfaatkan untuk mendukung strategi SEO Anda. Mengetahui cara menggunakan Google Keyword Planner akan memudahkan Anda dalam optimasi SEO.
Ini karena kata kunci dan frasa pencarian yang relevan adalah salah satu faktor terpenting dalam peningkatan kehadiran online. Dan satu Google Keyword Planner menyediakan cara termudah untuk menemukannya. Platform ini memungkinkan Anda menemukan istilah spesifik yang digunakan audiens untuk menemukan apa yang bisnis Anda sediakan.
Apa Itu Google Keyword Planner?
Google Keyword Planner adalah tools gratis besutan Google yang membantu digital marketer melakukan melakukan berbagai kebutuhan riset. Tools ini sering dipakai untuk melakukan riset kata kunci ata frasa dalam kampanye pencarian, baik berbayar maupun organik.
Dengan mudah Anda akan mendapatkan wawasan tentang berbagai jenis kata kunci atau frasa dan istilah pencarian yang relevan dengan bisnis Anda. Google Keyword Planner mampu memperkirakan volume pencarian bulanan untuk kata kunci tertentu dan perkiraan biaya jika Anda ingin menargetkannya dengan iklan berbayar.
Meskipun sebenarnya tools ini diperuntukan untuk riset kata kunci iklan penelusuran berbayar, namun Google Keyword Planner telah banyak digunakan selama bertahun-tahun sebagai sumber daya gratis untuk penelitian kata kunci yang mendukung SEO.
Google Keyword Planner memungkinkan Anda untuk:
- Memperoleh wawasan tentang cara audiens menelusuri produk atau layanan Anda.
- Memproduksi konten seputar tema atau topik populer.
- Identifikasi kata kunci penting yang dapat ditargetkan dalam strategi SEO.
Banyak tools memerlukan biaya langganan berbayar yang tak murah, dan Google Keyword Planner merupakan alternatif gratis yang memungkinkan pemula melakukan penelitian kata kunci secara mudah.
Cara Menggunakan Google Keyword Planner Untuk Pemula
Berikut ini adalah cara menggunakan Google Keyword Planner yang akan membawa Anda selangkah lebih untuk mendapatkan ide kata kunci yang tepat.
Masuk Ke Akun Google Ads
Setelah masuk ke akun Google Ads, masuk pada opsi Alat dan Setelan lalu klik Perencanaan dan pilih Perencana Kata Kunci. Setelah masuk di halaman ini, Anda akan dihadapkan pada dua pilihan:
- Temukan kata kunci baru
- Dapatkan volume pencarian dan prakiraan
Temukan Kata Kunci Baru
Untuk memulai, pilih temukan kata kunci baru dan masukkan produk atau layanan yang relevan dengan bisnis Anda. Misalnya, jika Anda menjual fashion pria, kata yang dapat Anda masukkan dalam kolom pencarian adalah kemeja, kaos, polo, sepatu, dan lainnya. Anda bisa memasukkan hingga 10 kategori, pisahkan setiap kategori dengan koma.
Anda juga memiliki opsi untuk menetapkan lokasi dan bahasa pencarian. Misalnya, jika Anda ingin menemukan kata kunci populer yang sedang dicari secara khusus di Jakarta, Anda bisa mengubah pengaturan lokasi sekitar area tersebut.
Dapatkan Ide Kata Kunci yang Muncul
Setelah menekan pencarian, daftar kata kunci akan muncul berdasarkan relevansi. Google Keyword Planner akan menampilkan kata kunci yang relevan dan juga wawasan dari kata kunci tersebut. Ide kata kunci menunjukkan topik yang dicari pengguna dari kategori yang Anda masukkan sebelumnya.
Cara Menggunakan Google Keyword Planner Untuk Kata Kunci Spesifik
Ini adalah contoh cara menggunakan Google Keyword Planner untuk mendapatkan kata kunci spesifik. Misalnya jika Anda bergerak dalam bisnis kaos polos dan ingin membuat konten website yang secara efektif akan mengarahkan lalu lintas ke website, maka Anda bisa mempelajari lebih lanjut tentang topik apa yang diminati audiens saat mencari “kaos polos di Jakarta ”.
Anda bisa memulai dengan memasukan kata kunci, “kaos polos di Jakarta” ke dalam mesin pencari. Setelah itu Google Keyword Planner akan menampilkan berapa kata kunci spesifik yang dicari audiens di Google. Tools ini juga akan menampilkan daftar kata kunci yang disarankan yang juga dicari audiens ketika mengetikan “kaos polos di Jakarta” di Google.
Kata kunci yang mungkiin disarankan seperti, “vendor kaos polos di Jakarta”, “kaos polos di Jakarta termurah”, “harga kaos polos di Jakarta”, “jual kaos polos di Jakarta” dan banyak lagi.
Baca juga: 5 Kesalahan Dalam Riset Keyword SEO yang Harus Dihindari
Cara menggunakan Google Keyword Planner di atas cocok untuk pemula dalam merencanakan strategi optimasi SEO yang tepat. Untuk optimasi SEO tingkat lanjut, dapatkan bantuan profesional berpengalaman dengan mengunjungi a-creative.id atau @acreative.id di Instagram. A-Creative merupakan penyedia layanan digital marketing termasuk optimasi SEO dengan harga layanan terjangkau.