fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

Cara Pakai Whatsapp Bisnis dan Fiturnya untuk Jualan

cara pakai WhatsApp Bisnis

WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Untuk para pemilik bisnis, WhatsApp menyediakan aplikasi bernama Whatsapp Bisnis. Cara pakai Whatsapp Bisnis hampir sama dengan WhatsApp biasa, namun menawarkan lebih banyak fitur yang memudahkan Anda untuk menjangkau pelanggan.

Awalnya aplikasi ini memang belum dianggap sebagai sebuah alat pemasaran yang efektif. Namun seiring peningkatan yang dilakukan, WhatsApp Bisnis mampu untuk mendongkrak keterlibatan, penjualan, dan pendapatan Anda.

Yang Anda butuhkan hanyalah sedikit waktu untuk memahami cara menggunakannya secara efektif. Di bawah ini adalah panduan singkat tentang cara untuk memakai WhatsApp beserta pengenalan fitur-fitur canggih yang dimiliki aplikasi ini.

Fitur-Fitur Whatsapp Bisnis

Menangani pelanggan secara komunikatif dan cepat akan memberi mereka pengalaman berbelanja yang nyaman. WhatsApp Bisnis memberi semua fitur yang Anda butuhkan untuk melakukannya.

Profil Bisnis

Profil Bisnis akan membantu Anda menciptakan citra yang lebih profesional untuk jualan Anda. Pelanggan dapat melihat profil Anda lalu menemukan semua informasi yang mereka butuhkan seperti detail kontak, jam kerja, dan lokasi bisnis Anda.

Katalog Produk

Fitur katalog memungkinkan Anda memajang produk yang menarik secara visual. Ini juga cara yang bagus untuk mempromosikan produk unggulan atau produk baru. Calon pelanggan bisa mendapatkan informasi detail dari produk yang Anda tawarkan.

Balasan Cepat

Pelanggan cenderung menanyakan hal yang sama berulang kali. Balasan cepat adalah cara cepat untuk membalas pesan tanpa harus mengetik ulang kalimat yang sama. Fitur ini adalah salah satu yang membedakan cara pakai Whatsapp Bisnis dengan WhatsApp standar.

Pesan Otomatis

Dengan WhatsApp Bisnis Anda bisa mengatur pesan secara otomatis. Tak hanya salam pembuka, Anda juga dapat membuat respons otomatis untuk situasi lain. Aplikasi ini memungkinkan Anda mengirim pesan saat Anda tidak tersedia. Cukup atur jam kerja dan pilih opsi di luar jam kerja untuk mengatur pesan tersebut.

Label Kontak

Dengan label kontak, Anda bisa membedakan pelanggan berdasarkan perjalanan pembelian mereka. Apakah mereka sudah melakukan pembelian, berpotensi melakukan pembelian, atau baru mencari informasi produk, bisa Anda bedakan dengan cara sederhana. Ini memungkinkan Anda menerapkan strategi berbeda berdasarkan label tersebut.

Analitik

Analitik WhatsApp Bisnis memungkinkan Anda menganalisa jumlah pesan yang dikirim, dikirim, dibaca, atau diterima. Ini akan memberi Anda wawasan tentang efektifitas strategi yang Anda terapkan.

cara pakai WhatsApp Bisnis

Cara Pakai Whatsapp Bisnis Bagi Online Shop

Berikut adalah beberapa cara pakai WhatsApp Bisnis yang efektif untuk mendorong penjualan online shop Anda.

Gunakan Nomor Khusus

Sebelum Anda mulai menggunakan WhatsApp Bisnis, pastikan Anda menyiapkan nomor khusus yang hanya digunakan untuk bisnis. Ini membantu Anda memisahkan urusan bisnis dan kehidupan pribadi. Menggunakan nomor yang sama akan mengganggu fokus Anda dalam menangani pelanggan.

Integrasikan Dengan Platform Lain

Anda tidak dapat mengoptimalkan penjualan di WhatsApp jika tidak memiliki cukup kontak. Maka Anda harus mengitegrasikan WhatsApp Bisnis dengan Facebook atau Instagram Bisnis. Atau Anda bisa memajang barcode WhatsApp Bisnis pada toko offline Anda untuk memudahkan mereka menghubungi Anda.

Buat Konten Menarik

Cara pakai WhatsApp Bisnis selanjutnya adalah memastikan pesan yang Anda kirim jelas, ringkas, dan menarik. Calon pelanggan cenderung menyukai pesan yang lebih padat. Kreasikan pula ide-ide Anda dalam sticker unik yang mewakili brand Anda.

Responsif

Lambat dalam menangani pelanggan akan dengan mudah membuat mereka menghubungi toko lain. Jadi pastikan untuk membalas klien dengan cepat. Jika Anda masih menangani semua hal dalam bisnis Anda sendirian, Anda bisa memanfaatkan fitur pesan otomatis untuk mengatasi hal ini.

Personalisasi Pesan

Mengirim pesan panjang yang disalin dan dikirim ke semua kontak berpotensi membuat pelanggan Anda merasa terganggu. Jika terlalu sering, mereka bahkan mungkin akan memblokir nomor Anda. Solusinya adalah dengan mempersonalisasi pesan sehingga mereka merasa bahwa Anda peduli dengan kebutuhan mereka.

Baja juga: Cara Setting Whatsapp Bisnis Step by Step

Mengetahui cara pakai WhatsApp Bisnis dan memanfaatkan semua fiturnya dengan tepat akan mengoptimalkan penjualan Anda. Jika Anda ingin meningkatkan bisnis Anda secara lebih maksimal, Anda dapat menghubungi A-Creative untuk beragam layanan digital marketing berkualitas dengan harga terjangkau. Kunjungi a-creative.id atau @acreative.id di Instagram untuk informasi lebih lanjut.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising