fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

Cara Setting Whatsapp Bisnis Step by Step

cara setting Whatsapp Bisnis

Banyak platform sosial mulai menyediakan fitur menarik yang mendukung perkembangan sebuah bisnis dan brand. Salah satu yang paling membantu menghubungkan bisnis dengan pelanggan adalah Whatsapp Bisnis. Dengan cara setting Whatsapp Bisnis yang cukup mudah, Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mendorong kemajuan bisnis.

Berbeda dengan Whatsapp biasa, aplikasi ini menawarkan cara untuk berinteraksi dan terlibat dengan pelanggan secara langsung, pribadi, dan tertarget. Whatsapp Bisnis dibekali berbagai fitur bisnis yang menyederhanakan cara untuk tetap responsif terhadap pelanggan dengan nyaman.

Mengapa Menggunakan Whatsapp Bisnis?

Sebelum belajar cara setting Whatsapp Bisnis, pertama-tama Anda harus memahami alasan menggunakan aplikasi ini. Berikut adalah beberapa alasan mengapa bisnis Anda harus menambahkan WhatsApp Bisnis dalam strategi pemasaran sosial media sosial.

Mendorong Interaksi Lebih Dekat

Salah satu aspek terpenting WhatsApp Business adalah kemampuan perpesanannya. Platform ini mampu menghubungkan sebuah brand dengan audiens dan basis pelanggan secara lebih dekat. Anda bisa mengirim pesan gratis tanpa batas dalam berbagai format yang bisa diotomasi sesuai kebutuhan.

Meningkatkan Kehadiran Online

Sebagai bagian dari Facebook, WhatsApp Business bisa Anda gunakan untuk meningkatkan keberadaan online serta menjangkau audiens yang lebih luas. Salah satu opsi yang menarik adalah menautkan aplikasi ini ke Halaman Facebook atau Instagram. Hal itu dapat mempermudah Anda dalam mengarahkan traffick dari berbagai plaatform.

Memamerkan Produk Dan Layanan

WhatsApp Business juga menyediakan cara praktis dalam memamerkan dan menjual produk atau layanan Anda melalui fitur WhatsApp Business Catalog dan WhatsApp Cart. Pelanggan bisa menambahkan item ke keranjang mereka setelah melihatnya di katalog. Aplikasi ini juga berfungsi dengan baik untuk mendukung bisnis yang memiliki toko fisik.

Memiliki Analytics yang Membantu Memahami Pelanggan

API WhatsApp Business memungkinkan Anda mengakses analitik dengan berbagai metrik, misalnya untuk melihat jumlah pesan yang dikirim dan dikirim dari nomor tertentu. Metrik berada di tab Wawasan, namun data dari metrik juga dapat diekspor dan disegmentasikan berdasarkan nomor telepon, jenis pesan, dan negara.

cara setting Whatsapp Bisnis

Cara Setting Whatsapp Bisnis

Aplikasi WhatsApp Business sepenuhnya gratis. Anda bisa mengunduhnya dari Play Store maupun App Store. Cara setting Whatsapp Bisnis bisa Anda lakukan dengan mengikuti langkah-langkah mudah di bawah ini:

1. Unduh WhatsApp Bisnis

Unduh aplikasi di perangkat Anda, ada perbedaan visual antara logo WhatsApp dan WhatsApp Business yang membantu Anda membedakan keduanya. Setelah mengunduh aplikasi, Anda harus membukanya.

2. Setujui Persyaratan Layanan

WhatsApp Business menerapkan ketentuan layanan yang baru, Anda bisa membacanya jika membutuhkan. Setelah membaca dengan jelas, terima Anda harus menerimanya dan mengklik Lanjutkan.

3. Buat Akun WhatsApp Bisnis

Untuk membuat akun, ada dua cara setting WhatsApp Bisnis. Anda bisa menggunakan nomor WhatsApp lama dan mengonversinya untuk keperluan bisnis atau dengan nomor baru yang dikhususkan untuk aplikasi ini. Untuk memisahkan urusan personal dan bisnis, kami merekomendasikan untuk menggunakan nomor baru.

4. Verifikasi Nomor Telepon

Masukkan nomor telepon yang ingin Anda kaitkan dengan WhatsApp Bisnis, lalu verivikasi nomor melalui SMS atau Telepon.

5. Konversi WhatsApp ke WhatsApp Business

Jika Anda menggunakan nomor yang sebelumnya Anda gunakaan sebagai WhatsApp pribadi, Anda perlu memindahkan semua data pribadi Anda ke WhatsApp Bisnis. Data seperti gambar, video, pesan obrolan, dan nomor kontak akan dipindahkan ke akun WhatsApp Business.

6. Berikan Izin Akses File

Untuk kinerja yang optimal, Anda harus mengizinkan WhatsApp Bisnis mengakses kontak dan file media Anda. Ini akan membantu Anda terhubung dengan pelanggan dan untuk kebutuhan berbagi file.

7. Siapkan Profil Bisnis WhatsApp

Setelah Anda melewati semua cara setting Whatsapp Bisnis di atas, langkah terakhir adalah menyiapkan profil bisnis Anda. Di langkah ini, Anda akan diminta melengkapi semua atribut seperti nama bisnis, alamat, foto profil, kategori bisnis, dan lainnya.

Setelah selesai, Anda bisa menyetting opsi lanjutan seperti:

  • Profil bisnis, dimana Anda dapat memasukkan jam kerja operasi, Email, dan alamat Website Anda.
  • Katalog, sebagai tempat menampilkan daftar produk dan layanan yang Anda tawarkan.
  • Alat perpesanan, untuk mengatur respons otomatis dan opsi perpesanan lainnya.

Baca juga: Trik WhatsApp Marketing untuk Promosi Bisnis

A-Creative adalah Digital Marketing Agency dengan harga layanan terjangkau namun menyediakan beragam layanan digital marketing berkualitas. Kunjungi a-creative.id atau @acreative.id di Instagram untuk info lebih lanjut.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

HTTP vs HTTPS

HTTP VS HTTPS, Apa Bedanya?

Setiap kali Anda mengunjungi sebuah website, tahukah jika sebenarnya Anda mengirimkan informasi ke server situs tersebut? Protokol yang digunakan dalam proses ini dapat mempengaruhi seberapa

Read More »
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising