fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

Bagaimana Cara Memulai Digital Marketing di Awal Bisnis?

bagaimana cara memulai digital marketing

Digital marketing adalah sebuah usaha mempromosikan bisnis melalui berbagai saluran digital. Jenis pemasaran ini mencakup mesin pencari, sosial media, email, aplikasi, website, dan saluran digital lainnya. Namun, bagaimana cara memulai digital marketing untuk bisnis yang benar-benar baru?

Dengan pertumbuhan media dan platform digital yang pesat menjadikan digital marketing sebagai bentuk pemasaran yang paling ampuh. Mulai dari menumbuhkan brand awareness hingga memperluas jangkauan bisnis, semuanya bisa dilakukan dengan digital marketing.

Nah, dalam artikel ini kita akan belajar bagaimana cara memulai digital marketing untuk Anda yang berada pada tahap awal sebuah bisnis. Ketika baru memulia sebuah bisnis, anggaran yang Anda miliki untuk promosi mungkin masih terbatas.

Terkadang ini membuat Anda mungkin kebingungan menentukan strategi digital marketing yang tepat. Namun, beberapa langkah low budget di bawah ini bisa Anda gunakan untuk mendapatkan visibilitas dan menarik pelanggan.

bagaimana cara memulai digital marketing

Mengelola Social Media

Sosial media merupakan langkah tepat bagaimana cara memulai digital marketing dengan budget yang terbatas. Gunakanlah platform sosial media seperti TikTok, Instagram, atau Facebook untuk menjangkau audiens Anda.

Berani dan percaya diri dalam menonjolkan keunikan nilai bisnis adalah kunci. Namun yang perlu diingat adalah Anda tidak perlu memproduksi konten yang overpromising dan overselling. Ceritakan kisah yang relevan dengan audiens sehingga Anda dapat dengan mudah membangun interaksi.

Memaksimalkan Google My Business

Google My Bisnis adalah salah satu strategi pemasaran gratis paling efektif yang tersedia. Ini memungkinkan bisnis Anda muncul di Google Maps, hasil penelusuran lokal, penelusuran bermerek, sekaligus meningkatkan kredibilitas bisnis.

Agar profil My Bisnis Anda tampil lebih menonjol di Google Maps atau hasil penelusuran lokal, Anda perlu mengoptimalkan Profil Bisnis Anda. Untuk mengoptimalkannya, Anda harus melakukan verifikasi akun lalu mendorong pelanggan Anda untuk memberikan review positif.

Mengoptimalkan SEO Website

Website yang dioptimalkan dengan SEO, jika dilakukan dengan konsisten akan memberikan hasil yang sangat efektif dan tidak memerlukan anggaran besar. Ini berfungsi untuk menunjukkan kredibilitas, keunggulan, dan keinginan bisnis Anda untuk memberi manfaat bagi audiens.

Buatlah sebuah website dengan konten yang relevan dengan produk atau layanan Anda dan membantu mengedukasi audiens melalui bahasa yang sederhana. Sebuah website juga akan membantu calon pelanggan untuk mengenal produk atau layanan yang Anda tawarkan secara lebih detail.

Baca juga: Kenali Jenis Jenis Website dan Berbagai Fungsinya

Memanfaatkan Whatsapp Bisnis

Mengingat hampir separuh populasi dunia menggunakan WhatsApp, Anda dapat memanfaatkan berbagai fitur yang mendukung bisnis Anda dengan WhatsApp Bisnis. Aplikasi perpesanan ini membantu Anda untuk merespon pelanggan dengan lebih baik.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan basis kontak pelanggan yang Anda miliki untuk memelihara hubungan dengan pelanggan sehingga mendorong terjadinya pembelian berulang. Ini adalah bagaimana cara memulai digital marketing di awal bisnis Anda dengan mudah.

Iklan Online

Setelah bisnis Anda berkembang dengan cara-cara di atas dan mulai memiliki budget promosi yang memadai, Anda bisa memperluas jangkauan bisnis dengan menggunakan iklan online. Dengan metrik dan analitik yang mudah digunakan, iklan online seperti Google Ads maupun Social Media Ads adalah cara ampun untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan baru.

Konsistensi adalah kunci bagaimana cara memulai digital marketing untuk hasil yang efektif. A-Creative adalah Digital Marketing Agency yang menyediakan berbagai layanan digital marketing berkualitas dengan yang harga terjangkau. Untuk informasi lebih detail, kunjungi a-creative.id atau temukan @acreative.id di Instagram.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

HTTP vs HTTPS

HTTP VS HTTPS, Apa Bedanya?

Setiap kali Anda mengunjungi sebuah website, tahukah jika sebenarnya Anda mengirimkan informasi ke server situs tersebut? Protokol yang digunakan dalam proses ini dapat mempengaruhi seberapa

Read More »
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising