Salah satu strategi bisnis yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan adalah dengan melakukan digital marketing. Hal ini dilakukan agar bisnis tetap bertahan pada tingginya persaingan serta perubahan kecenderungan belanja dari luring menjadi daring. Digital marketing untuk promosi tidak bisa lepas dari copywriting dan tips copywriting itu sendiri.
Copywriting mengambil peranan yang sangat krusial dalam promosi bisnis. Pasalnya, salah satu tujuan copywriting bisnis adalah untuk mempengaruhi audiens dan menuntunnya untuk mengambil tindakan. Agar mencapai hal tersebut, tentu saja terdapat beberapa tips copywriting yang perlu dilakukan.
Baca juga: Contoh Call To Action dan Tips Copywritingnya!
Paling utama, seorang copywriter harus memahami target audiens. Ini menjadi penting karena kita harus menghadirkan sebuah tulisan yang relevan serta mudah dipahami oleh tingkatkan target audiens tertentu.
Sebelum mengiklankan atau melakukan suatu promosi, tentu saja kita harus paham betul apa produk yang akan kita tawarkan. Sehingga saat merangkai sebuah kalimat iklan, kita dapat mendeskripsikannya dengan jelas dan tepat sasaran.
Seringkali hal yang terlalu difokuskan adalah bagaimana membuat tulisan apik dan indah saat dibaca. Tetapi sering dilupakan bahwa kita harus mendahulukan informasi yang penting terlebih dahulu sebelum mempercantiknya.
Ternyata, banyak hal yang harus dilakukan seorang copywriter untuk dapat melakukan promosi dengan baik ya? Tetapi hal-hal yang telah disebutkan dapat dipersingkat dengan memahami 3 pola tips copywriting ini untuk mempermudah promosi!
Tips Copywriting: Awareness Pattern
Seperti namanya, pola copywriting satu ini bisa dijadikan salah satu pendekatan yang dilakukan dengan tujuan menghadirkan kesadaran pada audiens. Berkaitan dengan hal ini, maka seorang copywriter harus up to date.
Mengapa? Untuk membangun awareness, kita harus mampu menghubungkan situasi atau permasalahan terkini agar lebih mudah dimengerti. Tips copywriting ini tidak sulit untuk dilakukan, Anda bisa menggunakan beberapa kata kunci seperti:
- Menyadari
- Memahami
- Mengerti
- Menemukan
Commentary Adverb
Adverb atau kata keterangan menjadi salah satu hal yang sering digunakan dalam copywriting terutama untuk promosi. Mengapa tips copywriting ini penting? Ibaratnya, jika kita melihat suatu lukisan hitam putih, hal ini akan membuat kita cepat lelah dan bosan. Tetapi, pengalaman ini menjadi berbeda ketika kita melihat lukisan berwarna, bukan?
Sama halnya seperti cat berwarna, kata keterangan akan membuat kalimat iklan Anda menjadi lebih berwarna dan tidak membosankan. Tetapi kata keterangan yang dipilih tentu saja harus memperkuat kalimat setelahnya. Beberapa kata keterangan yang biasa digunakan diantaranya:
- Menariknya
- Beruntungnya
- Pada akhirnya
Urgency & Scarcity
Tips copywriting satu ini ditujukan untuk ‘mendesak’ audiens. Lho, bagaimana caranya? Dari pola ini, kita banyak menggunakan kalimat yang menonjolkan produk yang diiklankan. Yang paling penting, kita memberikan batas waktu promosi.
Apa dampaknya? Audiens akan merasa butuh dan ingin segera melakukan aksi sebelum kehabisan. Anda bisa memilih beberapa kata kunci seperti; segera, terbatas, hanya, dan lain sebagainya.
Nah, itu dia beberapa tips copywriting untuk promosi yang harus Anda ketahui. Selain pola tersebut, masih banyak aspek lainnya yang mempengaruhi keberhasilan promosi dari sisi copywriting. Untuk itu, perbanyak pengetahuan Anda dengan melihat tips lainnya atau menggunakan jasa profesional dari A-creative.