Caption merupakan salah satu komponen penting yang menentukan apakah postingan instagram memiliki daya tarik atau tidak. Menulis caption memanglah terdengar sepele, tetapi caption besar dampaknya terhadap audiens. Sehingga kita harus berhati-hati dan berpikir dua kali saat ingin membuat caption IG keren.
Kenapa hal ini harus dipikirkan dengan hati-hati? Karena postingan instagram Anda akan menentukan seberapa meningkatnya ketertarikan audiens terhadap brand atau personal branding.
Baca Juga: Berbagai Ide Konten Instagram Bisnis yang Menarik Disajikan
Seringkali saat membuat caption IG keren, kita juga harus tahu teknik copywriting. Dengan teknik ini Anda akan merasa lebih mudah dalam memahami serta tahu ‘cerita’ dalam caption akan dibawa kemana.
Jika sudah tahu sedikit tentang basic copywriting, sudah tidak perlu khawatir lagi. Cukup hindari kesalahan berikut saat berusaha membuat caption IG keren!
Caption Terlalu Panjang
Untuk membuat caption IG keren, hal yang perlu dihindari pertama kali adalah tulisan yang terlalu panjang. Memang, ketika sedang menulis terkadang kita lepas kendali dan bisa menulis banyak hal. Tetapi perlu diingat bahwa kesenangan kita untuk menulis sesuatu hal dengan sangat panjang bisa memberikan pengalaman buruk bagi pembaca.
Iya, kita harus mempertimbangkan bahwa tulisan caption yang kita buat adalah agar dapat dinikmati audiens. Kita merasa menulis panjang berarti menandakan kita berdedikasi dan memberikan informasi yang sangat terperinci. Tetapi, tidak semua pembaca ingin membaca caption yang sangat panjang, lho! Terkadang, audiens hanya fokus pada postingannya saja.
Bukan berarti kita tidak boleh menggunakan caption panjang. Caption panjang mungkin dilakukan ketika postingan kita menuntun audiens untuk membaca caption.
Misalnya ketika kita menyajikan postingan yang hanya berisi poin-poin atau sengaja mengajak audiens untuk membaca caption. Strategi ini tentu saja akan membuat audiens penasaran dan beralih membaca caption untuk mencari informasi lebih lengkap.
Kalimat Berulang
Kesalahan satu ini seringkali dilakukan baik sadar maupun tidak. Biasanya ide-ide kreatif kita menjadi terbatas dan terkuras habis karena harus memikirkan content pada postingan. Pada akhirnya, tanpa sadar kita menuliskan hal-hal berulang di caption. Daripada nekat untuk memposting seperti ini, lebih baik berhenti terlebih dahulu.
Konten yang berulang akan membuat audiens merasa bosan dan bisa jadi meninggalkan pengalaman membaca yang buruk. Audiens bisa menilai brand hanya dari satu postingan. Ketika postingan tidak nyaman untuk dibaca, maka audiens tidak ragu untuk meninggalkannya. Hal ini tentu saja buruk bagi branding Anda bukan?
Tidak Emosional
Maksud emosional disini adalah caption yang dibuat terlalu kaku atau to the poin sampai kita melupakan unsur emosi di dalamnya. Kesalahan pemilihan kata dan susunan kalimat sehingga membuat audiens tidak bereaksi apapun terhadap postingan. Audiens tidak ikut merasakan, tidak bertanya-tanya, atau bahkan tidak penasaran dan tertarik dengan postingan kita. Ini tentu harus dihindari agar promosi tidak cepat turun.
Nah, itu dia beberapa kesalahan membuat caption IG keren yang harus dihindari agar branding Anda berjalan dengan lancar. Mengelola sosial media untuk membangun branding perusahaan memanglah tidak mudah. Untuk itu, Anda bisa menggunakan jasa profesional seperti A-creative. Cek layanannya sekarang juga!