fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

5 Fungsi Digital Marketing untuk Bisnis, Penting!

Fungsi digital marketing

Fungsi digital marketing sangat penting untuk membantu sebuah bisnis untuk berkembang. Ini berbeda dengan bentuk pemasaran tradisional. Jenis ini melibatkan penggunaan semua saluran digital seperti platform sosial media, email, website, iklan online, mesin pencari, aplikasi seluler, dan banyak lainnya.

Digital marketing juga mencakup analisis data, penargetan pelanggan, pemantauan dan pelaporan data yang memainkan peran penting dalam prosesnya. Tak hanya bisnis besar, bisnis kecil bahkan individu seperti influencer maupun pekerja lepas dapat menggunakannya  untuk memaksimalkan visibilitas untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan dengan biaya yang terjangkau.

Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing juga dikenal sebagai metode marketing berbasis data yang dilakukan untuk menarik pelanggan online secara digital. Fungsi digital marketing yang mendasar adalah terhubung dengan audiens dalam jangkauan yang lebih luas. Kampanye marketing online menjadi lebih efisien dan bermanfaat setiap hari karena meningkatnya penggunaan internet.

Fungsi digital marketing

Fungsi Digital Marketing

Bahkan jika Anda tidak banyak menggunakan internet, Anda mungkin telah mengetahui marketing yang dilakukan secara online. Marketing produk dan layanan online tumbuh dalam skala yang jauh lebih besar karena alasan yang jelas. Jika Anda belum mengetahuinya, maka simak penjelasan di bawah ini.

Terhubung dengan Audiens

Seperti di jelaskan di awal, fungsi digital marketing yang pertama adalah memudahkan Anda untuk terhubung dengan audiens dan calon pelanggan. Saat ini audiens banyak menghabiskan sebagian besar waktunya di internet, oleh karena itu dengan menggunakan platform berbeda, Anda bisa menjangkau audiens target Anda.

Menghasilkan Prospek Bekualitas

Salah satu tujuan utama digital marketing adalah untuk menjangkau audiens target dan menghasilkan prospek berkualitas. Jenis marketing ini membantu Anda dan layanan Anda untuk terlibat dengan pelanggan dan pada akhirnya mendapatkan manfaat terbaik.

Penghematan Biaya Marketing

Jenis marketing ini tidak hanya membantu usaha kecil untuk menghasilkan prospek yang bermanfaat tetapi juga membantu menghemat biaya. Dengan digital marketing Anda dapat dengan mudah mengatur anggaran.

Jika Anda berinvestasi dalam iklan berbayar misalnya, Anda memegang kendali penuh atas anggarannya. Anda selalu bisa menetapkan anggaran yang sesuai dengan kapasitas bisnis Anda.

Meningkatkan Pendapatan

Ini juga memungkinkan Anda menghasilkan pendapatan yang lebih besar, mempertahankan pelanggan dan membuat mereka benar-benar puas sehingga kembali melakukan pembelian. Saat ini sulit menemukan seseorang yang tidak menggunakan internet di ponsel mereka. Oleh karena itu, digital marketing merupakan cara yang benar-benar efektif.

Menghemat Banyak Waktu

Banyak orang melihat pemasaran digital sebagai praktik bisnis yang muncul dengan berbagai peningkatan teknologi. Dengan berbagai peningkatan, digital marketing menghemat banyak waktu bagi sebuah bisnis karena semuanya bisa berjalan sembari Anda melakukan kegiatan bisnis lainnya.  

Menghasilkan ROI yang Lebih Baik

Fungsi digital marketing lainnya adalah membantu Anda menghasilkan lebih banyak uang dari sebuah upaya marketing yang Anda jalankan. Dibandingkan dengan pemasaran tradisional, pemasaran online sangat hemat biaya, menawarkan return of investment (ROI) yang lebih baik dan terukut. Mengalihkan anggaran Anda ke marketing online, memungkinkan Anda memperoleh banyak keuntungan.

Baca juga: Tips Digital Marketing untuk UMKM agar Berkembang Pesat

Dengan beragam fungsi digital marketing seperti dijelaskan di atas, Anda wajib memulainya sekarang juga untuk mendukung perkembangan bisnis Anda. A-Creative merupakan penyedia layanan digital marketing profesional dengan strategi yang telah teruji. Kunjungi a-creative.id untuk info lebih lanjut atau temukan @acreative.id di Instagram untuk konten menarik lainnya.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

HTTP vs HTTPS

HTTP VS HTTPS, Apa Bedanya?

Setiap kali Anda mengunjungi sebuah website, tahukah jika sebenarnya Anda mengirimkan informasi ke server situs tersebut? Protokol yang digunakan dalam proses ini dapat mempengaruhi seberapa

Read More »
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising