Setiap website berusaha atau setidaknya ingin mendapatkan posisi teratas dalam hasil pencarian. Jalan untuk mencapai hal tersebut adalah dengan mengoptimalkan SEO, baik teknik SEO On Page maupun off page.
Dalam kesempatan ini kita akan mencoba memahami elemen-elemen penting dalam SEO on page. Sesuatu yang harus dioptimalkan dengan baik sejak awal Anda membuat sebuah website. Agar tak ada elemen yang terlewatkan, simak artikel ini hingga akhir!
Apa itu Teknik SEO On Page?
Teknik SEO on page adalah optimalisasi elemen yang ada pada halaman sebuah website untuk meningkatkan peringkat pencarian dan mendorong lebih banyak lalu lintas organik. Berbeda dengan SEO off page yang mengoptimalkan elemen eksternal seperti membangun backlink, SEO on page fokus pada elemen-elemen internal.
Elemen-elemen SEO on page digunakan mesin pencari untuk memeriksa apakah suatu halaman cocok dengan maksud pencarian pengguna. Dengan kata lain, SEO on page adalah sebuah hal yang menjadi pertimbangan Google dalam memeringkatkan halaman.
Elemen-elemen tersebut, diantaranya:
- Kualitas Konten
- Title Tags
- Meta Description
- Heading Tags
- Kata Kunci
- Kecepatan Halaman
- Internal Dan External Link
- Mobile Friendly
- Pengalaman Pengguna
Algoritma Google selalu berubah, namun mereka terus memprioritaskan pengalaman pengguna. Jadi menyediakan konten berkualitas yang mampu menjawab kebutuhan pengguna adalah dasar dari semuanya.

Cara Optimasi SEO On Page
Penting untuk mengoptimasi elemen SEO on page di bawah ini agar Google memahami dengan baik halaman Anda. Dengan begitu, Google dapat memberi Anda peringkat untuk kueri yang relevan di hasil pencarian.
Tulis Konten Unik yang Dioptimalkan
Salah satu teknik SEO on page terpenting yang harus Anda lakukan adalah membuat konten berkualitas tinggi yang sesuai dengan maksud pencarian pembaca. Mulailah dengan melakukan riset kata kunci, lalu buat konten yang relevan dengan kata kunci tersebut.
Tempatkan Kata Kunci Secara Strategis
Setelah memiliki kata kunci target, Anda wajin menempatkannya secara strategis pada konten Anda. Google akan melakukan pemindaian konten untuk melihat isi halaman, pun begitu dengan pembaca.
Jadi, Anda harus memasukkan kata kunci pada area berikut ini:
- H1
- Paragraf pertama
- Subjudul (H2s, H3s, dll.)
Optimasi Title Tags
Title tags adalah bagian dari kode HTML yang menunjukkan judul halaman dan menampilkan judul tersebut di hasil penelusuran, postingan sosial media, dan tab browser. Sebaiknya gunakan title tag yang unik antara 50 dan 60 karakter dan sertakan kata kunci target Anda.
Baca juga: Rahasia Judul Artikel Menarik dan SEO Friendly
Tulis Deskripsi Meta yang Menarik
Meta Descriptions adalah elemen dalam teknik SEO on page yang digunakan untuk mendeskripsikan konten halaman Anda. Ini tidak secara langsung memengaruhi peringkat. Namun dapat menjadi faktor yang menentukan apakah pengguna akan mengklik halaman Anda atau tidak.
Gunakan Struktur Judul dan Subjudul yang Tepat
Tag H1 dan sub judul memudahkan pengguna untuk membaca halaman Anda. Selain itu, hal ini juga memudahkan Google untuk memahami isi halaman Anda. Tanpa struktur judul yang baik, akan sulit bagi keduanya untuk menavigasi halaman Anda.
Optimalkan URL
Gunakan kata-kata yang relevan dengan konten Anda sehingga pengguna dapat mengetahui isi halaman Anda. Hindari penggunaan angka acak, tanggal, atau kalimat lengkap. Beberapa CMS sering menggunakannya secara default, jadi penting untuk mengkonfigurasi URL Anda sebelum memublikasikannya.
A-Creative merupakan penyedia layanan SEO yang akan membantu Anda mengoptimalkan website Anda sehingga memperluas jangkauan bisnis secara keseluruhan. Untuk penawaran dan informasi lebih lanjut, hubungi kami melalui https://a-creative.id/ atau temukan @acreative.id di Instagram.