Mengoptimalkan URL menjadi sebuah URL yang SEO Friendly adalah salah satu hal yang harus Anda lakukan. Ini adalah langkah sederhana namun tak boleh diabaikan untuk memastikan bahwa situs web Anda ramah SEO.
Beberapa CMS maupun plugin memang akan memudahkan Anda dalam pengoptimalan struktur URL. Meski begitu, penting bagi Anda untuk mempelajari apa itu struktur URL yang dioptimalkan dan pengaruhnya pada SEO halaman secara keseluruhan.
Apa itu URL yang SEO Friendly?
Sebelumnya, mari kita mulai dengan memahami terminologi dasar URL. URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator. Secara sederhana, URL merupakan alamat dari suatu halaman.
URL dari satu halaman memiliki dua bagian, bagian pertama adalah domain yang tidak dapat dikonfigurasi dan bagian kedua adalah jalur untuk menemukan halaman di dalam domain yang dapat dikonfigurasi. Tak ada dua halaman dalam domain yang sama yang dapat memiliki URL yang sama.
Selanjutnya, apa itu URL yang SEO Friendly? URL SEO Friendly mampu secara akurat mendeskripsikan halaman menggunakan kata kunci yang mudah dibaca untuk mesin pencari dan pengguna. Kata kunci harus ada dalam URL untuk memberikan informasi lebih lanjut kepada pengguna dan mesin telusur tentang halaman tersebut.
Contoh URL yang SEO friendly:
“https://a-creative.id/contoh-url-seo-friendly/”
Contoh URL yang non SEO friendly:
https://a-creative.id/Folder/X1nSmak124″
Jika Anda menggunakan CMS WordPress, Anda dapat mengkonfigurasi URL melalui pengaturan Posting di Blok Editor. Di sana, Anda akan menemukan bidang yang bertuliskan Slug untuk mengkonfigurasi URL menjadi SEO friendly.

Mengapa URL SEO friendly penting?
Berikut adalah alasan mengapa URL yang SEO friendly penting dalam usaha peningkatan SERP sebuah halaman.
1. URL Yang SEO Friendly Meningkatkan Pengalaman Pengguna
Dasar dari SEO adalah tentang membuat pengalaman pengguna menjadi lebih baik dan URL yang mudah dipahami memberikan pengguna dan bot mesin telusur gambaran yang baik tentang isi halaman tersebut.
2. Salah Satu Faktor SEO
Google telah berusaha untuk terus menjadi lebih baik dan efisien dalam hal interpretasi URL. Saat ini hampir semua CMS modern dapat menghasilkan URL yang dioptimalkan untuk SEO, namun tetap merupakan faktor peringkat SEO. Meskipun merupakan faktor minor, beberapa studi menunjukkan bahwa sebagian besar halaman di posisi pertama memiliki URL yang SEO friendly.
3. Menambah Relevansi Tauatan
Beberapa pengguna mungkin akan merekomendasikan halaman dengan menautkan menggunakan URL halaman. Jika URL Anda berisi kata kunci yang relevan, ini memberi mesin pencari lebih banyak informasi tentang halaman tersebut.
Kesimpulannya Ada korelasi yang jelas antara URL dan SEO. Google menganggap URL sebagai salah faktor SERP. Singkatnya, mesin pencari menggunakan URL untuk mendapatkan informasi tentang konten Anda dan memberi peringkat yang sesuai di halaman hasil pencarian atau SERP.
Jika URL Anda tidak relevan dengan konten, Google mungkin tidak memberi peringkat tinggi pada hasil pencarian yang relevan. Selain itu, hal tersebut juga dapat menjauhkan calon pembaca. Jika mereka melihat tautan yang membingungkan, pengguna cenderung tidak akan membaca artikel tersebut.
Baca juga: Belajar SEO YouTube untuk Pemula
Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang URL yang SEO Friendly. A-Creative merupakan penyedia layanan SEO yang akan membantu Anda memperluas jangkauan bisnis. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami melalui https://a-creative.id/ atau ikuti @acreative.id di Instagram.