Untuk mempermudah para penjual dalam mengelola TikTok Shop melalui smartphone, aplikasi TikTok Seller dirilis. Terdapat berbagai fitur mulai dari pendaftaran, manajemen produk, manajemen pesanan, manajemen pengembalian, hingga sebagai cara menambah produk di tiktok shop yang paling mudah.
Aplikasi tersebut mendukung perkembangan TikTok Shop yang memberikan pengalaman sosial commerce yang telah lama ditunggu-tunggu. Pengguna bisa belanja dalam aplikasi yang sama tanpa perlu meninggalkan atau beralih aplikasi.
Apa itu TikTok Shop?
TikTok Shop adalah fitur belanja yang dapat diakses langsung pada aplikasi TikTok. Ini memungkinkan penjual, brand, dan kreator menampilkan dan menjual produk langsung di TikTok. Penjual dan kreator dapat menjajakan produk melalui video in-feed, LIVE, dan tab etalase produk.
Anda dapat mengakses TikTok Shop jika termasuk dalam salah satu dari empat kategori berikut ini:
- Penjual
- Kreator
- Mitra
- Afiliasi
Cara Menambah Produk ke TikTok Shop
Seperti dijelaskan di atas, cara menambah produk di TikTok Shop yang paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi TikTok Seller, langkah-langkahnya yaitu:
- Buka aplikasi TikTok Seller
- Masuk/Daftar dengan akun TikTok.
- Pada halaman awal, pilih menu Produk
- Kemudian klik ‘Tambahkan Produk’.
- Lengkapi deskripsi produk mulai dari nama produk, foto, deskripsi produk, kategori, dan lainnya.
- Kemudian klik ‘Aktifkan’.
- Tunggu review dari tim TikTok.
- Anda akan mendapatkan notifikasi dari tim TikTok bahwa produk telah siap untuk dijual.
Tips Meningkatkan Penjualan Di Tiktok Shop
Setelah memahami cara menambah produk di tiktok shop, sekarang Anda harus menyusun rencana penjualan dengan sebaik-baiknya dan mengingat beberapa tips berikut.
Optimalkan Katalog Produk
Etalase TikTok adalah tab belanja di akun Anda, maka optimalkan untuk menarik pelanggan. Tidak ada pelanggan yang suka toko yang berantakan, hal yang sama berlaku untuk katalog produk Anda.
Saat menambahkan gambar produk, fokus pada kualitas dan gaya. Anda harus membuatnya terlihat menarik bagi konsumen. Jadikan foto produk mudah dikenali sebagai merek Anda dengan konsistensi pada estetika.
Promosikan Produk Anda
Setelah etalase Anda siap, buat orang-orang tahu tentang produk Anda dengan mulai mempromosikannya. Sebutkan mereka di posting Anda, tampilkan di streaming langsung, dan lainnya.
Jika ingin orang memperhatikan produk Anda, jangan batasi diri dalam berkreasi saat promosi. Anda juga selalu memiliki opsi untuk menggunakan promosi berbayar atau bermitra dengan influencer, KOL, dan affiliator.
Buat Konten yang Menarik
Memang jumlah tayangan tak selalu berbanding lurus dengan jumlah penjualan. Namun penayangan lebih banyak adalah satu-satunya cara untuk mendorong lebih banyak pengikut dan meningkatkan kesadaran merek. Jadi konten tetap menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan penjualan TikTok Shop.
Bermitra Dengan Influencer
Ketika Anda menemukan influencer atau KOL yang sempurna untuk merek Anda, itu bisa menjadi pendongkrak bisnis yang signifikan. Bermitralah dengan kreator TikTok yang benar-benar merasakan apa yang Anda jual. Beri mereka kebebasan berkreasi untuk mengekspresikan produk dengan cara mereka sendiri.
Baca juga: Perkembangan Tiktok Di Indonesia Hingga Jadi Media Promosi
TikTok Shop merupakan platform yang terus berkembang, cara menambah produk di TikTok Shop di atas bisa membantu Anda dalam pengelolaan toko. A-Creative adalah penyedia layanan social media marketing yang cocok untuk pengembangan bisnis. Kami selalu menggunakan metode yang tepat sehingga hasil lebih efektif dan efisien. Hubungi kami dengan mengakses https://a-creative.id/ atau ikuti @acreative.id di Instagram.