Bukan rahasia lagi bahwa TikTok telah menjelma menjadi salah satu platform raksasa sosial media. Dengan aplikasi ini pengguna tak hanya bisa berbagi video namun juga menghasilkan pundi-pundi uang melalui Tiktok Affiliate. Simak penjelasan Tiktok Affiliate itu apa beserta cara kerjanya pada artikel ini.
Tiktok Affiliate pada intinya mengacu pada konsep affiliate marketing. Konsep afiiliate marketing sendiri cukup sederhana, Anda mempromosikan produk atau layanan, kemudian mendapatkan komisi untuk setiap penjualan yang terjadi. Komisi yang diberikan bervariasi, namun kisaran yang umum adalah sekitar 5–25 persen.
Tiktok Affiliate Itu Apa?
TikTok Affiliate adalah fitur TikTok yang memungkinkan kreator memonetisasi konten mereka, kreator bisa mempromosikan produk dari penjual kemudian mendapatkan komisi untuk setiap penjualan yang terjadi. Dengan format video pendek, pengguna dapat mendemonstrasikan produk atau menampilkannya secara visual.
Pembayaran dan perhitungan komisi dilakukan secara otomatis dengan persentase yang bergantung dari kesepakatan dengan penjual. Konten-konten yang berisi Tiktok Affiliate memiliki ciri khusus dengan keranjang berwarna kuning.
Jika dilihat dari cara kerjanya, beberapa pihak yang ada dalam TikTok Affiliate yaitu:
- Merchant atau penjual yang merupakan pihak penyedia produk.
- Affiliate Network yang merupakan penghubung antara merchant dan affiliate marketer.
- Affiliate marketer sebagai pihak yang mempromosikan produk.
- Consumer sebagai pembeli.
Strategi Tiktok Affiliate Yang Efektif
Setelah memahami Tiktok Affiliate itu apa adan mengetahui cara kerjanya, Anda bisa bergabung dengan program tersebut. Berikut adalah empat tips yang akan membantu Anda memaksimalkan pendapatan dari platform ini.
1. Pilih Produk Dengan Hati-Hati
Pilih produk yang sesuai dengan jenis konten Anda dan demografi audiens. Misalnya jika Anda biasa mengunggah konten-konten game dengan mayoritas audiens anak sekolah, maka Anda bisa memilih produk-produk yang berkaitan dengan game dengan harga yang terjangkau untuk usia anak sekolah.
2. Fokus Untuk Menyajikan Konten Menarik
Penting untuk membuat konten yang menarik dan menyajikan produk dengan menarik pula. Dalam banyak kasus, penjualan bergantung pada berapa banyak tayangan yang Anda dapatkan di video Anda. Semakin banyak orang yang melihatnya, semakin banyak peluang untuk konversi.
Menggunakan audio dan hastag trending masih menjadi trik agar konten Anda muncul di FYP. Mengingat tren di TikTok bisa berubah dengan amat cepat, Anda wajib untuk selalu mengamati perubahan tersebut.
3. Pertimbangkan untuk beriklan dengan TikTok Ads
Seperti kebanyakan platform sosial media, TikTok juga menawarkan opsi untuk mempromosikan konten. Dengan TikTok Ads Anda bisa menghasilkan jumlah tayangan maksimal. Meskipun jumlah tayangan tidak selalu berarti penjualan yang lebih banyak, namun tayangan pasti meningkatkan peluang.
4. Visualisasikan Produk Dengan Halus dan Organik
Jika Anda bermain TikTok, Anda mungkin memperhatikan bahwa banyak kreator konten menampilkan produk bermerek pada video mereka. Seringkali, mereka memposisikan item dengan cukup mencolok namun terkadang tidak menyebutkannya secara langsung.
Setelah melihatnya berkali-kali, produk tersebut mungkin membangkitkan rasa ingin tahu Anda. Strategi ini dapat membantu jika jenis konten Anda kurang relevan untuk affiliate marketing.
Baca juga: 5 Tools Social Media Gratis Terbaik Tahun 2023
Penjelasan tentang Tiktok Affiliate itu apa beserta cara kerjanya di atas bisa menjadi salah satu peluang yang bisa Anda manfaatkan untuk menambah pundi-pundi rupiah. Fokus untuk menyajikan konten menarik dan unik menjadi kuci sukses dalam program ini.
A-Creative merupakan penyedia berbagai layanan social media marketing yang cocok untuk pengembangan bisnis Anda berdasarkan strategi yang tepat. Hubungi kami melalui https://a-creative.id/ atau temukan @acreative.id di Instagram.