Apakah Anda sedang kebingungan menentukan dimana Anda akan berjualan, marketplace atau toko online? Dalam artikel ini kita akan mencoba memahami kelebihan dua platform tersebut sehingga bisa membandingkan mana yang lebih baik antara marketpace vs toko online.
Marketplace adalah sebuah platform yang menjual berbagai produk dari banyak penjual. Karena skala produk yang luas dan sumber daya yang sangat besar, mudah bagi platform untuk menarik berbagai jenis pelanggan.
Fungsinya mirip seperti pusat perbelanjaan dimana ada tiga pihak utama yaitu: administrator atau yang memiliki platform, penjual, dan pelanggan. Berbeda dengan online shop dimana platform sepenuhnya menjadi milik penjual. Di sini penjual akan berurusan langsung dengan pelanggan dalam sebuah transaksi jual beli.
Kelebihan Berjualan di Marketplace
Berikut ini merupakan keuntungan yang akan Anda dapat ketika berjualan di platform marketplace:
Mudah untuk Memulai
Marketplace membangun fitur dan mekanisme khusus yang mudah digunakan untuk membantu penjual melacak kinerja produk mereka. Anda juga tidak perlu menginvestasikan sumber daya untuk nama domain, hosting, dan lainnya.
Marketplace Punya Pelanggan Setia
Marketplace memiliki basis pelanggan setia. Sebagian besar di antaranya sering berkunjung kembali untuk melakukan pembelian berulang. Karenanya, Anda tidak akan kesulitan mendapatkan kunjungan untuk produk unggulan Anda.
Aplikasi Mobile yang Kuat
Salah satu kelebihan marketpace vs toko online adalah sumber daya yang dimiliki. Mereka mampu membangun aplikasi mobile yang kuat dan relevan dengan preferensi pelanggan dan perubahan teknoligi.
Opsi Pembayaran Lebih Luas
Marketplace menawarkan berbagai macam metode pembayaran. Metode pembayaran yang diintegrasikan ke dalam marketplace membantu dalam meningkatkan konversi dan mengurangi tingkat pengabaian keranjang.
Kelebihan Toko Online
Berikut ini merupakan keuntungan yang akan Anda dapat ketika berjualan di toko online Anda sendiri :
Bisa Membuat Basis Pelanggan
Tidak seperti marketplace yang sulit untuk mendapatkan data pengguna, toko online memungkinkan Anda meningkatkan penjualan produk dengan membuat retargeting, funneling, dan lainnya. Ini membantu Anda dalam strategi pemasaran, baik penjualan maupun peningkatan brand awarness.
Keuntungan Lebih Besar
Tak ada biaya pendaftaran atau biaya admin karena semuanya milik Anda sendiri. Anda dapat menghemat lebih banyak anggaran dan menghasilkan lebih banyak keuntungan. Satu-satunya biaya yang perlu Anda perhitungkan adalah biaya pemeliharaan.
Fleksibel
Kelebihan lain toko online dalam perbandingan marketpace vs toko online adalah fleksibilitas untuk memperkenalkan produk baru, diskon, dan strategi lain kapan saja sepanjang hari. Anda dibebaskan dari keharusan menunggu hari dan jam flash sale misalnya. Mengelola seluruh operasional toko online juga sangat mudah.
Marketpace Vs Toko Online, Pilih Yang Mana?
Baik marketplace dan toko online memiliki manfaat yang mampu menggantikan keterbatasan toko fisik. Mereka tidak terikat oleh batasan seperti batasan geografis, biaya overhead, dan kurangnya metrik untuk mengukur ROI (Return On Investment).
Pada intinya marketpace vs toko online sama-sama memiliki kelebihan yang memungkinkan Anda untuk meningkatkan jangkauan dan penjualan. Jadi, sepatutnya kedua platform tersebut sama-sama Anda optimalkan untuk saling melengkapi dan menjangkau audiens yang lebih luas. Intinya adalah tentang mengelola keduanya untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan.
Baca juga: Digital Marketing Funneling: Tahapan Dan Manfaatnya
A-Creative merupakan digital marketing agency profesional yang selalu mengedepankan marketing strategy yang tepat untuk berbagai kebutuhan Anda. Kunjungi a-creative.id untuk info lebih lanjut atau ikuti @acreative.id di Instagram untuk konten menarik lain seputar digital marketing.