Era digitalisasi saat ini semakin mengalami perkembangan. Pada masa ini, aktivitas perbelanjaan online di Indonesia mengalami peningkatan yang begitu pesat. Kecenderungan konsumen untuk menghindari kerumunan telah mendominasi. Maka dari itu, pemahaman mengenai digital marketing untuk UMKM perlu dibentuk dan dikembangkan dengan baik.
Sebagai seorang pebisnis, meninjau peluang bisnis amat penting untuk dilakukan. Dan digital marketing, adalah salah satu peluang yang perlu dipertimbangkan. Tanpa perlu modal yang besar, digital marketing untuk UMKM dapat dimanfaatkan untuk meluaskan pasar dan meningkatkan keuntungan.
Lantas, seperti apa saja tips digital marketing yang perlu diperhatikan dalam berbisnis? Berikut ini adalah pembahasannya.
Merancang Akun Google My Business

Google My Business menjadi salah satu fitur unggulan mesin pencari Google yang dapat digunakan secara gratis. Dengan adanya fitur ini, Anda dapat menampilkan nama sekaligus lokasi bisnis yang sedang Anda rintis di mesin pencarian Google.
Dengan menerapkan tips digital untuk UMKM yang satu ini, Anda juga dapat memperoleh penilaiaan dari pelanggan maupun pengunjung toko Anda. Maka dari itulah, fitur Google My Business ini, dapat dikatakan sebagai fitur unggulan Google yang mampu membantu para pebisnis.
Melakukan Promosi Melalui Media Sosial
Saat ini, kita telah meninjau sejumlah perkembangan pesat melalui platform media sosial yang kian menjamur. Diantaranya, platform media sosial yang hingga kini banyak digunakan sebagai media promosi di era digital adalah Instagram, TikTok, dan Facebook.
Baca Juga : Berbagai Ide Konten Instagram Bisnis yang Menarik Disajikan
Maka dari itu, sebagai pebisnis Anda dapat mengoptimalisasikan berbagai akun media sosial yang Anda miliki sebagai media promosi bisnis. Tentunya, platform media sosial tersebut memiliki sejumlah fitur dalam membantu jalannya bisnis.
Melakukan Endorsement dengan KOL atau Influencer
Tips digital untuk UMKM berikutnya adalah melakukan kegiatan endorsement yang bekerjasama dengan KOL (Key Opinion Leader) ataupun Influencer layaknya Selebgram. Lantas, kapan waktunya untuk bekerja sama dengan KOL? dan kapan waktunya untuk bekerja sama dengan Influencer?
Jika Anda menjual barang yang sifatnya spesifik, maka sebaiknya Anda melakukan kerjasama dengan KOL atau Key Opinion Leader. Karena, sebagai seorang KOL di dunia nyata tentu mereka telah expert di bidangnya masing-masing dan opininya akan didengar oleh banyak orang. Contohnya, figur KOL yang sering kita jumpai adalah psikolog, chef, dan lain sebagainya.
Sebaliknya, jika Anda menjual produk yang sifatnya umum, maka yang perlu Anda lakukan adalah bekerja sama dengan influencer. Terlebih lagi, jika target market yang Anda miliki adalah anak muda. Tentunya, melakukan endorsement produk dengan influencer membuat elektabilitas brand maupun produk kian meningkat.
Itulah dia sejumlah tips digital marketing untuk UMKM. Nyatanya, sejumlah tips ini memiliki peranan yang begitu besar terhadap periklanan suatu produk bukan?
Baca Juga : Marketing Website Strategy Ampuh Untuk Pemasaran
Oleh karena itu, untuk hasil desain website terbaik konsultasikan kebutuhan Anda pada A-Creative. Atau hubungi @acreative.id untuk layanan social media marketing mencakup pengelolaan social media dan iklan di social media yang handal