fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

Tips Digital Marketing untuk UMKM agar Berkembang Pesat

Era digitalisasi saat ini semakin mengalami perkembangan. Pada masa ini, aktivitas perbelanjaan online di Indonesia mengalami peningkatan yang begitu pesat. Kecenderungan konsumen untuk menghindari kerumunan telah mendominasi. Maka dari itu, pemahaman mengenai digital marketing untuk UMKM perlu dibentuk dan dikembangkan dengan baik.

Sebagai seorang pebisnis, meninjau peluang bisnis amat penting untuk dilakukan. Dan digital marketing, adalah salah satu peluang yang perlu dipertimbangkan. Tanpa perlu modal yang besar, digital marketing untuk UMKM dapat dimanfaatkan untuk meluaskan pasar dan meningkatkan keuntungan.

Lantas, seperti apa saja tips digital marketing yang perlu diperhatikan dalam berbisnis? Berikut ini adalah pembahasannya.

Merancang Akun Google My Business

Google My Business menjadi salah satu fitur unggulan mesin pencari Google yang dapat digunakan secara gratis. Dengan adanya fitur ini, Anda dapat menampilkan nama sekaligus lokasi bisnis yang sedang Anda rintis di mesin pencarian Google.

Dengan menerapkan tips digital untuk UMKM yang satu ini, Anda juga dapat memperoleh penilaiaan dari pelanggan maupun pengunjung toko Anda. Maka dari itulah, fitur Google My Business ini, dapat dikatakan sebagai fitur unggulan Google yang mampu membantu para pebisnis.

Melakukan Promosi Melalui Media Sosial

Saat ini, kita telah meninjau sejumlah perkembangan pesat melalui platform media sosial yang kian menjamur. Diantaranya, platform media sosial yang hingga kini banyak digunakan sebagai media promosi di era digital adalah Instagram, TikTok, dan Facebook.

Baca Juga : Berbagai Ide Konten Instagram Bisnis yang Menarik Disajikan

Maka dari itu, sebagai pebisnis Anda dapat mengoptimalisasikan berbagai akun media sosial yang Anda miliki sebagai media promosi  bisnis. Tentunya, platform media sosial tersebut memiliki sejumlah fitur dalam membantu jalannya bisnis.

Melakukan Endorsement dengan KOL atau Influencer

Tips digital untuk UMKM berikutnya adalah melakukan kegiatan endorsement yang bekerjasama dengan KOL (Key Opinion Leader) ataupun Influencer layaknya Selebgram. Lantas, kapan waktunya untuk bekerja sama dengan KOL? dan kapan waktunya untuk bekerja sama dengan Influencer?

Jika Anda menjual barang yang sifatnya spesifik, maka sebaiknya Anda melakukan kerjasama dengan KOL atau Key Opinion Leader. Karena, sebagai seorang KOL di dunia nyata tentu mereka telah expert di bidangnya masing-masing dan opininya akan didengar oleh banyak orang. Contohnya, figur KOL yang sering kita jumpai adalah psikolog, chef, dan lain sebagainya.

Sebaliknya, jika Anda menjual produk yang sifatnya umum, maka yang perlu Anda lakukan adalah bekerja sama dengan influencer. Terlebih lagi, jika target market yang Anda miliki adalah anak muda. Tentunya, melakukan endorsement produk dengan influencer membuat elektabilitas brand maupun produk kian meningkat.

Itulah  dia sejumlah tips digital marketing untuk UMKM. Nyatanya, sejumlah tips ini memiliki peranan yang begitu besar terhadap periklanan suatu produk bukan?

Baca Juga : Marketing Website Strategy Ampuh Untuk Pemasaran 

Oleh karena itu, untuk hasil desain website terbaik konsultasikan kebutuhan Anda pada A-Creative. Atau hubungi @acreative.id untuk layanan social media marketing mencakup pengelolaan social media dan iklan di social media yang handal

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising