Pernahkah bertanya-tanya kenapa website yang kemarin memiliki peringkat baik, tiba-tiba menurun performanya hari ini? Mungkin kerap kali kita berpikir bahwa perubahan tersebut terjadi karena konten yang disediakan kurang berkualitas. Tetapi, penurunan atau kenaikan peringkat tersebut bisa juga disebabkan oleh google core update, lho!
Lalu apa sih, google core update itu? Google core update adalah pembaharuan algoritma oleh google yang dilakukan lebih dari satu kali dalam satu tahun. Hal ini dilakukan agar pengguna Google mendapatkan informasi yang sesuai dengan apa yang mereka cari. Sepanjang tahun 2022, Google telah melakukan perubahan algoritma sebanyak 7 kali.
Perubahan Januari hingga Juli terjadi pada Page Experience Website, Algoritma Produk, Algoritma Inti Google, dan Standar Review Produk. Sementara perubahan sepanjang Agustus hingga Oktober adalah Google Helpful Content Update, Penilaian Review Produk dan Algoritma Inti Google, dan Pembaruan Spam. Lalu apa dampak perubahan tersebut?
Dampak Google Core Update Bagi Website
Jika kita ambil contoh kasus pada perubahan algoritma inti Google Mei 2022 lalu. Hal ini berdampak pada perubahan peringkat Google yang sangat tinggi dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Akibatnya, beberapa website memiliki visibilitas yang cukup mudah sementara yang lainnya menurun.
Misalnya saja untuk TikTok dan Disney Plus memiliki tingkat visibilitas yang tinggi. Berbeda dengan VOX dan BBC yang lebih sulit untuk ditemui. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka tidak menutup kemungkinan website semakin tenggelam sehingga sulit untuk ditemui. Lalu apa saja yang harus dilakukan untuk mempertahankan SEO?
Kiat-Kiat Menghadapi Google Core Update
1. Perhatikan Konten
Agar dapat bertahan, konten tentu haruslah berkualitas. Ini dapat dilakukan dengan memastikan bahwa konten yang dibuat haruslah menarik. Mungkin banyak kompetitor mengangkat topik yang sama, sehingga kita perlu membuat konten lebih menonjol dengan isi konten yang unik tetapi tetap orisinil.
Selain itu, perhatikan juga pemilihan judul artikel. Yang dimaksud disini adalah judul yang memikat perhatian pembaca sehingga mendorong mereka untuk mengunjungi website kita. Tetapi pastikan juga untuk memilih judul yang sesuai dengan isi konten. Selanjutnya, penting untuk menyediakan konten yang informatif dan lengkap serta mendalam.
Baja Juga: Judul Artikel SEO yang Menarik Minat Pembaca
2. Penggunaan Referensi
Membuat konten yang benar-benar orisinil dan berasal dari hasil pemikiran sendiri memanglah sulit untuk dilakukan. Sehingga tidak ada salahnya jika kita menggunakan berbagai referensi dalam proses pembuatan konten kita.
Nah, disini kita harus berhati-hati. Untuk menciptakan konten yang berkualitas, kita harus memilih referensi yang kredibel dan kebenarannya dapat dipertanggungjawabkan. Hindari memakai referensi yang kurang kredibel hanya karena pernyataannya sesuai dengan apa yang kita inginkan.
3. Utamakan Kenyamanan Pembaca
Target utama saat kita membuat konten tentu saja adalah pembaca. Sehingga dalam proses pembuatannya perlu diperhatikan kenyamanan pembaca. Pastikan konten yang dibuat cukup beralur dan tidak membingungkan pembaca. Selain itu, cara penyampaian juga perlu menjadi pertimbangan lebih lanjut.
Hal ini dilakukan agar pembaca tidak cepat meninggalkan website sebelum mencapai akhir konten. Ini akan menurunkan peringkat SEO. Karena ketika pembaca tidak mendapatkan pengalaman yang baik dan cepat meninggalkan konten, maka Google akan menganggap konten tersebut tidak bermanfaat.
Tips mempertahankan SEO di tengah perubahan Google core update tersebut dapat kita lakukan sekaligus untuk mempertahankan nama website. Hal ini lebih lanjut dapat meningkatkan jumlah pembaca. Jika Anda membutuhkan bantuan profesional untuk optimasi SEO agar website bisnis Anda semakin berkualitas, silakan hubungi A-Creative!