Memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, Instagram menjadi platform sosial media yang bagus untuk promosi. Ketersediaan fitur-fitur menarik juga membuat cara promosi online shop di Instagram menjadi lebih variatif.
Anda dapat meningkatkan jangkauan sembari memikat calon pelanggan dengan berbagai jenis konten yang menarik. Instagram juga merupakan cara terbaik untuk membangun interaksi langsung dengan pelanggan yang mendorong kepuasan dan loyalitas yang kuat.
Cara Promosi Di Instagram Yang Efektif
Di masa lalu, mungkin Anda pernah mencoba platform ini sebagai sarana promosi, namun ternyata hasilnya kurang memuaskan. Nah, agar pengalaman tersebut tak terulang, simak cara promosi online shop di Instagram yang efektif berikut ini!
Beralih Ke Profil Bisnis
Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah beralih ke profil Bisnis. Dengan profil jenis ini, Anda akan memiliki akses ke Insights Instagram, yang menampilkan statistik views, data demografis, postingan dengan kinerja terbaik, keterlibatan, dan banyak lainnya.
Rancang Strategi Konten
Setelah beralih ke profil bisnis, Anda perlu membuat strategi konten. Anda harus memutuskan bagaimana Anda akan memposting foto atau video produk yang sudah Anda miliki. Instagram dirancang untuk konten visual, jadi meskipun teks juga penting, postingan dengan desain estetis akan lebih menarik perhatian audiens.
Pilih Waktu yang Tepat Untuk Posting
Memposting konten secara konsisten adalah cara promosi online shop di Instagram lainnya, namun akan lebih baik jika Anda memposting pada waktu yang tepat dan teratur. Setiap online shop yang sukses di Instagram biasanya memposting konten pada waktu tertentu yang disesuaikan dengan perilaku audiens target mereka.
Gunakan Hashtag Relevan
Hastag atau tagar sangat penting untuk mendongkrak performa postingan. Meskipun Anda diizinkan untuk menggunakan hingga 30 tagar dalam satu postingan, namun sebaiknya hanya gunakan hastag yang relevan. Dua atau tiga hashtag yang mewakili lokasi bisnis, kategori bisnis dan sesuatu yang sedang populer dalam topik yang relevan adalah hal yang banyak disarankan.
Fitur Instagram Yang Bisa Dimanfaatkan Untuk Promosi
Instagram Stories
Karena fungsinya yang beragam fitur ini menawarkan banyak keuntungan. Anda dapat meningkatkan hubungan yang kuat dengan pelanggan, meningkatkan kesadaran merek, mendorong lalu lintas dengan menyematkan link, dan berbagai kebutuhan lainnya.
Instagram Live
Instagram Live adalah fitur yang memungkinkan Anda berinteraksi dengan audiens melalui siaran langsung secara real-time. Fitur ini berguna jika Anda suka memamerkan barang dagangan Anda secara lebih mendetail. Menariknya, saat Live profil Anda akan berada di urutan pertama umpan profil pengikut Anda.
Reels Instagram
Semua video Instagram akan diposting sebagai Reels dan dapat dilihat dalam mode layar penuh. Reels merupakan cara promosi online shop di Instagram yang menarik karena konten yang Anda buat memiliki peluang untuk tampil pada tab Reels pengguna lain yang bukan pengikut Anda. Untuk meningkatkan jangkauan, usahakan untuk selalu mencari konten apa yang relevan dan disukai oleh audiens target Anda.
Carousel
Anda dapat mengunggah hingga 10 gambar dan video sekaligus dengan fitur Carousel. Ini akan memudahkan Anda membuat sebuah postingan yang lebih interaktif. Berbeda dengan Stories, yang otomatis maju ke slide berikutnya, pengguna harus menggeser secara manual untuk melihat postingan berikutnya.
Baca juga : Jualan Di TikTok, Bagaimana Cara Memulainya?
Jika dilakukan secara konsisten, cara promosi online shop di Instagram di atas dapat membantu meningkatkan penualan online shop Anda. A-Creative mempunyai layanan pengelolaan social media, mulai dari penyusunan strategi, pembutan konten, posting, hingga kebutuhan Instagram Ads. Ikuti @acreative.id di Instagram untuk panduan menarik lainnya.