Beberapa pakar berkata bahwa SEO adalah gabungan antara seni dan sains. Dibutuhkan pemahaman tentang kriteria artikel SEO yang baik untuk dapat mempublikasikan konten berkualitas tinggi, yang tak hanya bermanfaat dan menarik bagi pengguna namun juga menarik bagi algoritma Google.
Saat merancang strategi untuk mengarahkan lalu lintas organik ke website Anda, ingatlah bahwa penulisan artikel dan strategi SEO lain harus berjalan beriringan. Pondasi dasar SEO adalah tentang menyajikan konten yang lebih baik daripada kompetitor.
Jadi, tanpa basa-basi lagi, berikut adalah kriteria artikel SEO yang baik yang dapat Anda gunakan untuk mengungguli kompetitor Anda dalam hasil pencarian mesin pencari.
Mengandung Keyword yang Relevan
Artikel SEO wajib memilki kata kunci yang relevan. Kata kunci tersebut diperoleh melalui sebuah riset. Riset kata kunci membantu Anda untuk:
- Menentukan topik apa yang relevan dengan audiens target.
- Mengidentifikasi volume pencarian dalam topik tersebut.
- Memahami tingkat kesulitan topik tersebut.
Sebelum Anda mulai menulis, lakukan brainstorming terhadap topik-topik yang Anda anggap relevan dengan target audiens. Kemudian, lakukan riset untuk mengidentifikasi kata kunci yang memiliki peluang peringkat terbaik.
Memahami Maksud Pencarian Pengguna
Setelah selesai melakukan riset, Anda harus bertanya pada diri sendiri, Mengapa orang mencari kata kunci ini? Maksud pencarian pengguna perlu Anda pahami untuk mengembangkan artikel yang mampu menjawab pertanyaan mereka.
Memahami maksud pencarian pengguna juga membantu Anda untuk membuat judul yang baik. Selain harus memuat kata kunci, judul yang baik harus relevan dengan isi artikel dan maksud pencarian pengguna.
Memiliki Struktur Yang Baik
Ada beberapa elemen kunci yang perlu di perhatikan dalam kriteria artikel SEO yang baik. Fungsinya adalah agar artikel Anda mudah terdeteksi oleh mesin pencari. Secara umum, artikel SEO memiliki tiga bagian:
- Pembuka
- Isi
- Penutup
Selain itu, Anda harus menyusun kerangka isi dengan benar menggunakan tag subjudul HTML. Gunakan subjudul H2 untuk memecah gagasan utama pada artikel Anda. Lalu gunakan tag H3 untuk menambahkan sub-poin dari H2, dan seterusnya.
Memiliki Meta Deskripsi yang Menarik
Meta deskripsi penting karena membantu calon pelanggan memahami tentang halaman Anda. Panjang meta deskripsi yang baik antara 120 hingga 158 karakter. Dalam keterbatasan tersebut, Anda harus mampu menggambarkan halaman secara akurat serta mendorong pengguna agar mengklik halaman Anda.
Mengandung Tautan yang Relevan
Kriteria artikel SEO yang baik lainnya adalah memiliki tautan baik internal maupun eksternal yang relevan. Artikel SEO berkualitas tinggi harus memiliki tautan internal yang meningkatkan pengalaman pengguna, yang merupakan salah satu faktor penting dalam SEO.
Baik tautan internal maupun eksternal juga akan membantu meningkatkan relevansi halaman. Namun pastikan untuk hanya menautkan halaman Anda ke website lain yang berkualitas tinggi dan relevan dengan topik yang Anda bahas.
Memuat Gambar yang SEO friendly
Gambar yang SEO friendly berfungsi dalam meningkatkan relevansi konten dengan kata kunci target. Tak hanya itu, gambar juga membantu halman mendapatkan lalu lintas tambahan dari Pencarian Gambar Google. Itu karena gambar yang telah dioptimalkan untuk SEO memiliki potensi mendapatkan peringkat di mesin pencari Gambar.
Cara mengoptimalkan gambar agar SEO friendly:
- Gunakan kata kunci pada nama file gambar.
- Masukkan kata kunci dalam ALT tag.
- Jika memungkinkan, tambahkan kata kunci ke metadata gambar.
Baca juga: Fitur People Also Ask Google Untuk Optimasi SEO
Nah, agar halaman Anda mendapatkan peringkat lebih tinggi pada SERP, kriteria artikel SEO yang baik di atas harus ada dalam setiap artikel yang Anda buat. A-Creative memiliki layanan SEO yang mencakup pembuatan artikel SEO berkualitas dan strategi SEO dalam mengelola website. Hubungi A-Creative melalui website a-creative.id dan Instagram @acreative.id.