Pesatnya teknologi dan tingginya aktivitas manusia yang dilakukan melalui teknologi digital membuat banyak lapangan pekerjaan terbuka. Khususnya dalam bidang digital. Saat ini, pekerjaan dunia digital sangat beragam dan menjanjikan sehingga banyak diminati. Misalnya saja digital marketing, banyak yang ingin tahu apa saja tugas digital marketer.
Usaha yang dilakukan secara online semakin hari semakin kompetitif semenjak kehadirannya saat pandemi lalu. Hal ini menimbulkan berbagai usaha yang dilakukan agar UMKM atau perusahaan mampu bertahan dalam pasar. Salah satunya dengan promosi melalui sosial media yang menjadi salah satu tugas digital marketer.
Apakah tugasnya hanya sebatas itu? Tentu saja tidak. Untuk mengenal seorang digital marketer dengan lebih jelas, simak informasi berikut!
Baca juga: Karir Digital Marketing Butuh 4 Hal Ini
Apa Itu Digital Marketer?
Sebelum mengetahui tugas-tugas digital marketer, tentu saja hal yang harus dipahami paling pertama adalah pekerjaan digital marketing itu sendiri. Digital marketer merupakan seseorang yang melakukan pemasaran produk dengan memanfaatkan platform digital.
Seorang digital marketer selalu memastikan bahwa promosi yang dilakukan mudah untuk dijangkau dan dilakukan secara efektif. Sehingga target pemasaran haruslah tepat sasaran untuk menggaet lebih banyak pasar yang melirik produk yang ditawarkan.
Karena tingginya intensitas penggunaan platform digital, digital marketing menjadi salah satu solusi perusahaan untuk mempromosikan barang dengan harga terjangkau. Hal ini tentu saja akan berbeda dengan pemasaran konvensional yang belum tentu tepat sasaran dan terjangkau.
Tugas Digital Marketer Dalam Dunia Kerja
Setelah mengetahui pengertian digital marketer secara umum. Lalu apa saja tugas seorang digital marketer?
Pemasaran dan Branding
Sudah menjadi tugas digital marketer untuk dapat melakukan pemasaran sekaligus branding perusahaan pada laman sosial media. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan marketing, termasuk strategi apa saja untuk mendapatkan pasar yang luas. Selain itu, seorang digital marketer juga harus memikirkan optimasi website dan pengiklanan.
Rencana Promosi
Saat ini banyak yang melakukan iklan menggunakan sosial media. Sehingga salah satu tugas digital marketer adalah untuk menemukan ide-ide iklan terbaik yang mampu menarik perhatian publik. Dengan iklan yang menarik, ini akan membuat perusahaan menonjol, terhindar dari kompetitor, dan mampu mencapai target pasar yang lebih banyak.
Meningkatkan Engagement
Hal ini dilakukan seorang digital marketer dengan melakukan konsep distribusi pemasaran. Seperti website apa saja yang digunakan, jenis iklan seperti apa, dan waktu yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan engagement.
Selain itu, untuk menjaga engagement seorang digital marketer setelah mendistribusikan sebuah konten harus aktif melakukan interaksi dengan konsumen. Hal ini dilakukan dengan sering merespon komentar konsumen atau melibatkan konsumen dalam interaksi sehingga konsumen merasa terlibat.
Optimasi SEO
SEO dilakukan untuk selalu menjaga peringkat perusahaan pada peringkat teratas laman pencarian. Sehingga sudah tugas seorang digital marketer untuk membuat website yang user-friendly tetapi tetap menjaga brand perusahaan.
Sekian informasi mengenai tugas digital marketer. Setelah mengetahui tugas tersebut, diperlukan persiapan matang untuk menjadi digital marketer. Artikel dan informasi lain terkait tips pengembangan karir dan dunia digital bisa diperoleh pada website A-creative atau instagram @acreative.id.