Ketika Anda ingin mencari tempat makan, salon kecantikan atau bengkel mobil terdekat, apa yang Anda lakukan? Ya, Anda akan mencarinya secara online. Menurut Brightlocal, pada 2022, setidaknya ada 78% konsumen mencari info bisnis lokal secara online setidaknya seminggu sekali. Jadi, jika bisnis Anda memiliki toko fisik, pastikan Anda mengoptimalkan Local SEO.

Apa itu Local SEO?
Meski tak ada definisi resmi tentang Local SEO, namun hal ini dapat diijelaskan melalui konsep sederhana. Ini adalah sebuah proses pengoptimalan situs untuk mencapai peringkat yang lebih baik dalam pencarian yang berfokus pada lokasi tertentu.
Saat pengguna memasukkan nama daerah dalam pencarian, atau mesin pencari menyimpulkan lokasi dari perangkat pengguna, mereka bisa mendapatkan hasil berdasarkan area tersebut. Contoh frasa pencarian lokal adalah “dealer mobil di Surabaya”.
Untuk mengoptimalkan pencarian lokal ini, Anda harus menggunakan berbagai teknik dan taktik. Melakukannya dengan benar akan meningkatkan posisi bisnis Anda di peringkat pencarian lokal.
Cara Optimasi Local SEO
Untuk mengoptimasi Local SEO untuk bisnis Anda, mulailah dengan langkah-langkah berikut ini.
Buat Konten Lokal
Salah satu taktik pengoptimalan pencarian lokal adalah membuat konten yang menunjukkan lokasi Anda. Ada beberapa cara untuk melakukannya :
- Pastikan nama, nomor telepon, dan alamat Anda tercantum dan mudah ditemukan dalam situs Anda. Sebagian besar bisnis menyertakan informasi ini di header dan atau footer situs, serta di halaman Kontak.
- Buatlah konten yang berfokus pada kata kunci lokal. Misalnya, jika Anda memiliki bisnis bengkel mobil dan ingin mengoptimalkan peringkat untuk kata kunci “Bengkel Mobil Surabaya,” Anda dapat menggunakan frasa tersebut pada konten Anda.
- Tambahkan lokasi ke dalam optimasi kata kunci.
Selalu ingat bahwa memasukan terlalu banyak kata kunci ke halaman, posting, dan lainnya adalah sebuah kesalahan. Mesin pencari akan melihat hal itu sebagai spam dan cenderung menurunkan peringkat situs Anda. Maka, gunakan kata kunci secara alami. Ingatlah pula untuk menambahkannya ke judul, heading, meta deskripsi, dan alt tag gambar.
Klaim Profil Google Bisnis
Google memegang mayoritas pangsa pasar mesin pencari, menjadikannya mesin pencari paling populer yang digunakan di seluruh dunia. Dengan alasan tersebut, maka penting bagi Anda untuk mengklaim dan mengoptimalkan Profil Google Bisnis.
Profil tersebut adalah apa yang akan muncul ketika pengguna mencari nama usaha Anda, lokasi, informasi, atau kata kunci lokal lain yang relevan. Profil tersebut juga akan muncul di Google Maps. Jadi, untuk memanfaatkannya Anda wajib menyertakan sebanyak mungkin detail tentang bisnis Anda.
Minimal, pengguna perlu mengetahui nama, alamat, dan nomor telepon Anda. Selain informasi kontak Anda, perhatikan pula detail lain seperti situs, jam buka, ulasan, dan fitur penting lain yang berkaitan.
Manfaatkan Ulasan Pelanggan
Ulasan online menjadi faktor selanjutnya dalam pengoptimalan mesin pencari lokal. Anda tentu tak ingin berada di peringkat teratas pencarian, namun memiliki kesan pertama yang buruk karena banyak ulasan negatif.
Anda dapat memulai dengan meminta pelanggan untuk menambahkan ulasan baik di Google maupun situs lain. Lakukan riset dan cari tahu situs ulasan mana yang paling cocok untuk bisnis Anda. Selain berpengaruh pada eksposur, situs ulasan ini memberikan backlink yang membantu mengarahkan lalu lintas ke situs Anda.
Dengan mempraktekan optimalisasi local SEO sesuai panduan di atas, diharapkan akan membantu perkembangan bisnis Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan dalam bidang digital marketing, pastikan untuk menghubungi A-Creative yang profesional dan berpengalaman.