Melakukan SEO tes sangat penting untuk menguji apakah SEO yang dibuat telah sesuai target atau belum. Namun sebelum melakukan ketiga tes tersebut, perlu untuk merencanakan hipotesis yang kuat sehingga meningkatkan kerja maksimal dari SEO.
Hipotesis yang pertama yakni peringkat untuk lebih banyak keyword, hal ini bertujuan untuk meningkatkan jangkauan organik. Hipotesis berikutnya adalah meningkatkan peringkat yang ada, maksudnya dari peringkat yang sebelumnya telah dibuat ditingkatkan lagi untuk menambah traffic secara organik.
Hipotesis tersebut sangat penting sebelum melakukan tes SEO. Dengan melakukan tes terhadap SEO diharapkan situs web dapat mencapai posisi teratas atau halaman utama dari search engine. Berikut ini adalah ketiga tes SEO yang harus dilakukan.
Langkah Melakukan SEO Tes
1. Tag judul
Tes yang pertama adalah tes terhadap tag judul. Tag judul akan mempengaruhi rasio klik-tayang terlepas dari peringkat dan juga mempengaruhi peringkat pada website.
2. Penargetan On Page Keyword
Tes berikutnya adalah melakukan penargetan terhadap keyword di On Page. Dengan cara mengubah penargetan keyword seperti keyword dengan volume pencarian yang lebih tinggi. Langkah ini lebih mudah dilakukan dan tidak menyebabkan perubahan besar seperti tag judul.
3. Data terstruktur untuk hasil maksimal
Dengan menempatkan data terstruktur sama halnya dengan menambahkan skema, meninjau skema untuk mendapatkan cuplikan ulasan. Untuk dapat membuat data terstruktur dibutuhkan upaya yang lebih, yakni dengan memasukkan skema itu ke dalam HTML atau memerlukan data-data yang hendak disertakan dalam data terstruktur tersebut.
Tools Pengoptimalan SEO
Setelah melakukan berbagai tes terhadap SEO, cara lain untuk dapat melakukan tes terhadap SEO yang dibuat yakni dengan memanfaatkan tools. Berikut ini ada beberapa tools yang dapat digunakan.
1.) SEMRush : Tools SEO Pemasaran
Alat pemasaran SEO seperti SEMRush cenderung menjadi favorit penggemar di komunitas SEO. Tools ini memungkinkan Anda menilai peringkat dengan mudah serta mengidentifikasi perubahan dan peluang peringkat baru. Salah satu fitur paling populer dari tools SEO ini adalah analisis Domain Vs Domain, yang memungkinkan Anda membandingkan situs web Anda dengan pesaing dengan mudah.
Jika Anda mencari laporan analitik untuk membantu lebih memahami data pencarian situs web Anda,traffic, atau bahkan pesaing, maka harus dapat membandingkan kata kunci dan domain. Tools SEO ini memungkinkan Anda memantau peringkat dengan mudah dan menemukan beberapa rekomendasi tentang cara meningkatkan kinerja situs web Anda.
2.) Moz Pro: Software SEO
Moz Pro selalu up to date meskipun ada perubahan algoritma reguler Google. Kemudian portal obrolan pada Moz Pro juga memungkinkan untuk selalu mendapatkan tanggapan yang mendalam untuk setiap pertanyaan yang diajukan. Dengan tools ini Anda tidak hanya mendapatkan wawasan tentang kinerja situs web, tetapi juga cara meningkatkannya. Tools ini juga memiliki toolbar MozBar gratis yang dapat Anda unduh untuk melihat metrik situs web Anda saat menjelajahi halaman mana pun. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang SEO, Anda juga harus dapat memeriksa MozCon, konferensi tahunan Moz Pro.
3.) Ahrefs : Tools Keyword SEO
Ahrefs merupakan salah satu tools SEO online yang paling direkomendasikan. Tools ini menyoroti bagian mana dari situs web Anda yang perlu ditingkatkan untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik di search engine. Dari perspektif analisis pesaing, Anda kemungkinan akan menggunakan Ahrefs untuk menentukan backlink pesaing Anda untuk menggunakannya sebagai titik awal untuk brand Anda sendiri.
Kemudian Anda juga dapat menggunakan tools SEO ini untuk menemukan konten yang paling banyak ditautkan ke dalam niche Anda, memeriksa dan memperbaiki tautan yang rusak di situs web Anda, dan mendapatkan ikhtisar tentang halaman berkinerja terbaik Anda (sehingga dapat melihat informasi apa yang menarik pengunjung).
baca juga : Pengertian SERP, Pentingkah Untuk SEO?
Informasi mengenai tes SEO ini cukup penting untuk diketahui. Untuk lebih banyak mengetahui wawasan lainnya, temukan lebih banyak informasi bermanfaat lainnya di a-creative.id. Dan, jika Anda membutuhkan partner terpercaya untuk mengembangkan bisnis Anda di dunia digital dengan strategi yang tepat hubungi Tim A-Creative kapan saja!