Sebagai pemilik bisnis atau pemasar digital Anda tentu memiliki strategi optimasi SEO untuk meningkatkan kunjungan organik. Mulai dari merancang konten secara teratur, membangun backlink, hingga mencari kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Kebanyakan pemula mencoba dan melakukan semua hal dalam sekali waktu, lalu menyerah ketika hasilnya datang dengan sangat lambat.
Anda harus memahami bahwa penerapan strategi SEO adalah proses yang membutuhkan konsistensi dan kesabaran. Dalam kebanyakan kasus, Anda perlu melakukan koreksi untuk mengeliminasi kesalahan yang dilakukan. Nah, poin-poin di bawah ini akan memberi Anda wawasan tentang apa saja kesalahan yang merusak strategi SEO hingga menyebabkan kunjungan pada situs Anda malah menurun.
Memposting Konten Tidak Relevan
Ketika merencanakan dan menyusun konten, ingatlah bahwa pada dasarnya konten harus mampu menjawab maksud pencarian. Konten harus ditulis sebagaimana sehingga audiens benar-benar menganggap konten Anda bermanfaat. Jadi, sangat penting memastikan bahwa konten Anda memenuhi maksud pencarian dengan menawarkan solusi yang sesuai.
Dalam optimasi SEO, konten tidak relevan sama buruknya dengan konten duplikat yang berpotensi membingungkan mesin pencari. Ketika beberapa konten duplikat diidentifikasi, mesin pencari mengalami kesulitan memutuskan mana yang akan diindeks dan diberi peringkat di SERP. Hal ini akan mengakibatkan setiap konten bersaing satu sama lain, sehingga semuanya dianggap memiliki kinerja yang buruk.
Kecepatan Loading Lambat
Anda harus memahami bahwa semakin cepat situs Anda dimuat, maka semakin baik mesin pencari memandang situs Anda. Pastikan Anda mengubah ukuran gambar sehingga kecepatan loading situs meningkat. Selain itu, perhatikan bahwa cache browser memegang peranan penting untuk mempercepat loading situs Anda.
Melakukan Keyword Stuffing
Terlalu banyak memasukkan kata kunci adalah praktik optimasi SEO yang salah dan berpotensi merusak. Strategi yang biasa disebut keyword stuffing ini adalah strategi SEO kuno yang memenuhi konten dengan kata kunci. Pada awal 2000-an cara ini dianggap berhasil, namun saat ini bisa dibilang tidak berpengaruh pada SEO, bahkan berdampak negatif. Selalu pastikan kepadatan kata kunci pada konten Anda tepat dan tidak bertentangan dengan kaidah SEO terkini.
Mengabaikan Penggunaan Analytics
Cara terbaik untuk melakukan koreksi dalam strategi SEO adalah dengan menggunakan Analytics. Penguasaan penggunaan analytics memungkinkan Anda mengetahui apa yang diinginkan oleh pengunjung atau seberapa banyak pengunjung yang benar-benar melakukan konversi. Salah satunya Google Analytics yang mudah Anda akses secara gratis.
Ini juga berfungsi untuk membandingkan strategi satu dengan yang lain untuk melihat strategi mana yang memberikan hasil terbaik. Memahami analytics akan membantu Anda mengoptimalkan situs sepenuhnya dan juga memahami upaya yang layak untuk difokuskan dan apa saja yang harus dikompromikan.
Memakai Teknik SEO Yang Kadaluarsa
SEO cukup dinamis karena pada dasarnya mesin pencari terus melakukan perbaikan untuk memanjakan audiens. Untuk alasan ini, Anda harus terus memperbarui teknik sesuai dengan dengan pembaruan yang dilakukan mesin pencari. Jika Anda melewatkan pembaruan dan terus memakai teknik optimasi SEO yang kadaluarsa, maka kemungkinan besar peringkat situs Anda juga akan dilewati para pesaing.
baca juga : 8 Strategi SEO untuk Meningkatkan Link Building
Optimasi SEO adalah pekerjaan yang membutuhkan kesabaran dan dedikasi. Anda harus meluangkan banyak waktu guna mengikuti tren serta mengantisipasi para pesaing. Untuk itu dibutuhkan konsultan pemasaran digital terpercaya dan tahu apa yang terbaik untuk situs Anda. A-Creative adalah salah satu penyedia jasa SEO terbaik dengan harga yang kompetitif yang patut Anda pertimbangkan untuk membantu perkembangan bisnis Anda.