
Sebagai seorang pebisnis, mengoptimalkan situs web dan konten agar mendapatkan posisi maksimal pada hasil pencarian sangatlah penting. Hal itu berguna untuk mengarahkan kunjungan audiens ke bisnis Anda. Namun sayangnya, beberapa dari Anda mungkin melewatkan pedoman dasar dari teknik SEO yang krusial dalam meningkatkan visibilitas situs web Anda.
Pada dasarnya SEO berfungsi sebagai salah satu alat utama untuk memastikan bisnis Anda tetap kompetitif dan mampu menjaring audiens yang tepat. Jika dilakukan dengan benar, cara ini bisa menjadi kunci dalam membantu bisnis Anda berkembang.
Di bawah ini adalah tiga kesalahan teknik SEO yang lazim dilakukan oleh pebisnis, utamanya bisnis kecil hingga menengah.
Mengharap Hasil Instan
Hal pertama yang harus dipahami oleh pemilik bisnis adalah bahwa SEO membutuhkan kesabaran. Terkadang, pemilik bisnis kecil enggan menerapkan strategi SEO yang solid karena lamanya waktu yang dibutuhkan untuk melihat hasilnya.
Namun, ada hal yang perlu Anda pahami ketika sebuah halaman web baru diterbitkan. Yaitu, algoritma Google membutuhkan waktu untuk memvalidasi relevansi konten baru. Google menggunakan lebih dari 200 faktor untuk mengukur kualitas konten Anda.
Konten yang Anda buat harus mampu membangun reputasi untuk menarik calon pelanggan secara organik. Ini bisa memakan waktu hingga beberapa bulan. Bahkan, menurut sebuah studi oleh Ahrefs, usia rata-rata dari sepuluh halaman peringkat teratas adalah lebih dari dua tahun.
Anda juga harus meluangkan waktu untuk selalu memantau kampanye SEO yang Anda targetkan. Tools gratis seperti Google Analytics menawarkan cara mudah untuk menganalisa kinerja halaman web Anda, juga membantu Anda memahami darimana kunjungan berasal. Hal ini akan membantu Anda menentukan jenis konten apa yang menghasilkan manfaat optimal.
Enggan Menyesuaikan Keyword
Dalam teknik SEO, keyword atau kata kunci memegang peran vital. Ketika sedang mencari kata kunci, penting bagi Anda untuk meneliti dan bertanya pada diri sendiri tentang maksud di balik kata kunci yang akan Anda gunakan dan apakah akan memenuhi kebutuhan audiens Anda?
Pahami bahwa calon pelanggan akan menemukan bisnis Anda dengan pencarian Google. Misalnya, jika calon pelanggan ingin membeli laptop layar sentuh terbaik, kemungkinan besar mereka akan mengetikkan “laptop layar sentuh terbaik” ke dalam bilah pencarian Google. Coba tempatkan diri Anda pada posisi mereka lalu gunakan kata kunci tersebut sebagai dasar untuk mendefinisikan ide dan topik Anda.
Tidak Menambahkan External Backlink
Menurut laporan MonsterInsights, backlink adalah faktor kedua penentu peringkat Google setelah tentu saja konten berkualitas. Backlink adalah elemen yang tidak dapat dipisahkan ketika Anda membuat sebuah konten.
Menambahkan sumber daya eksternal adalah bagian dari formula untuk meningkatkan peringkat dan popularitas situs web Anda secara organik di mata mesin pencari. Sebagian besar pemilik usaha kecil akan mengabaikan langkah dasar ini.
Saat memasukkan sumber dari luar situs, pastikan sumber tersebut kredibel. Pedoman kualitas Google bakal menghukum backlink yang tidak wajar dan melarang tautan yang tidak menyediakan konten yang tak bermanfaat bagi pengguna. Beberapa sumber backlink terbaik adalah halaman lama yang diperbarui secara berkala serta relevan dengan bisnis Anda.
Memahami kesalahan-kesalahan diatas lalu memperbakinya akan menyempurnakan teknik SEO yang Anda miliki. Memang pekerjaan tersebut sangat memakan waktu hingga dibutuhkan kesabaran dan ketelitian ekstra. Jika Anda menemukan kesulitan dalam optimasi SEO bisnis Anda, segera hubungi A-Creative untuk mendapatkan solusi jitu dalam mengembangkan bisnis Anda.